Berapa banyak situs jual beli online di Indonesia? Ada banyak, tetapi berapa yang paling banyak penggunanya atau paling banyak dikenal dan transaksi tergolong tinggi? Tampaknya tidak sampai ratusan. Bahkan, mungkin banyak situs yang disebut sebagai e-commerce itu beberapa sudah bertumbangan. Penyebannya, tentu karena kalah persaingan. Bisa karena kurangnya strategi marketing, masalah biaya, tetapi tentu lebih banyak situs e-commerce yang jatuh karena konsepnya yang tidak menarik.

Tentang Situs Jual Beli Online

Mengapa konsepnya harus menarik? Pertama, karena pengguna internet di Indonesia sudah mengenal beberapa situs e-commerce ternama. Kalau ada situs lain yang serupa tapi tidak menawarkan hal baru, tentu tidaklah menarik. Beda dengan sebuah situs yang konsepnya tetap jual beli tetapi memiliki pembeda sehingga banyak pengguna yang memakainya.

Salah satu situs e-commerce yang memiliki pembeda ini adalah Shopious.com. Situs ini adalah situs jual beli tetapi konsepnya tidak sama dengan situs jual beli pada umumnya.. Untuk diketahui, setidaknya ada empat jenis situs jual beli online. Pertama, adalah situs dengan konsep iklan baris, yakni situs yang menyediakan sarana untuk penjual dan pembeli berinteraksi. Kedua, situs jual beli yang membawa konsep mall online, yakni penjual bisa membuka toko online di situs penyelenggara. Tipe ketiga adalah situs konsep online retail, atau penyelenggara yang langsung menjadi penjual. Tipe ketiga ini adalah tipe situs yang paling banyak. Dan tipe keempat adalah situs yang dalam transaksinya menggunakan kupon sebagai alat pembayaran. Situs tipe ini biasa disebut Daily Deals.

Shopious, Situs Jual Beli Online  Web Direktori Media Sosial
Shopious, Situs Jual Beli Online Web Direktori Media Sosial

Tentang Shopious

Lalu, dimana posisi Shopious? Shopious sebenarnya ada di posisi sebagai situs jual beli online yang hanya sebagai penyelenggara. Konsepnya mirip dengan situs e-commerce tipe pertama dan tipe kedua. Hanya saja konsepnya sedikit berbeda. Shopious datang membawa konsep jual online melalui media sosial, lebih khususnya Instagram. Atau dalam hal ini, Shopious merupakan website aggregator yang menjual barang-barang berjenis fashion dan kecantikan dari Instagram. Sederhananya, situs ini jadi penghubung antara pengguna Instagram yang menjual barang dengan calon pembeli yang tidak memiliki akun Instagram. Lebih jelasnya, bisa simak video tentang Shopious berikut ini!

Konsep Shopious ini tampaknya berangkat dari fakta bahwa masih banyak orang yang belum atau tidak menggunakan Instagram. Ada banyak alasannya, salah satu alasannya karena Instagram lebih optimal digunakan di perangkat mobile. Sementara pengguna PC Desktop umumnya belum optimal menggunakan Instagram. Alasan lain juga mungkin karena malasnya orang menggunakan Instagram karena terkadang banyak komentar yang mengganggu.

 Tidak percaya? Saya contohnya. Saya memiliki akun Instagram tetapi saat ini saya belum memaskimalkan akun Instagram saya. Alasannya karena selain kamera gadget saya yang kurang bagus, saya kurang menyukai konsep Instagram yang penuh dengan pesan spam di akun ternama. Beberapa akun seleb yang saya follow ketika update foto, saya sering emlihat komentar. Sayangnya, komentarnya tidak nyambung dengan foto. Misal, ketika pemilik akun update ke suatu tempat wisata, selalu ada yang komentar, seperti ini

“kunjungi IG kita yuk, banyak koleksi baju menarik” “Sis, mau tinggiin badan? Ada lo obat peninggnya, cek IG kita” “Banyak koleksi kerudung bagus di IG kita, Cek Yu!

Barangkali ada juga pengguna lain yang tidak menggunakan alasan lain yang tidak sama dengan saya. Mungkin mereka tidak mau ribet atau lebih nyaman menggunakan perangkat PC Desktop. Nah, lalu bagaimana jika mereka yang tidak menggunakan Instagram ini ingin mencari barang fashion berkualitas? Dan bagaimana pemilik akun Instagram yang ingin menjangkau lebih banyak pengguna? Nah, disinilah letak Shopious. Shopious menghubungkan antara dua pihak ini sehingga terjadi transaksi jual beli. Konsep inilah yang tidak dimiliki oleh situs jual beli online dan menjadi kelebihan tersendiri. Saya pun bisa menggunakan Shopious untuk sekadar mencari barang yang saya inginkan menjadi lebih cepat tanpa terganggu dengan komentar atau konten lain di akun Instagram saya. Menarik kan?

Cara Daftar Shopious

Lalu, gimana nih buat daftar di Shopious? Caranya gampang. Cukup kunjungi situs Shopious, mau dari perangkat mobile maupun dari perangkat PC Desktop. Perlu diingat bahwa situs Shopious ini situs yang mobile friendly sehingga tampilan di mobile berbeda dengan tampilan di PC. Tampilan Shopious di mobile memiliki tampilan antarmuka yang bagus dan cukup mudah dalam hal navigasinya.

Tampilan Situs Shopious di Perangkat PC
Tampilan Situs Shopious di Perangkat PC
Tampilan Situs Shopious yang Mobile Friendly di Perangkat Mobile
Tampilan Situs Shopious yang Mobile Friendly di Perangkat Mobile

Nah, pembuatan akun di Shopious ini sangat mudah. Cukup pilih  “Buat Akun” yang ada disudut kanan untuk pengguna PC Desktop.Untuk pengguna mobile, pilihan “Buat Akun” langsung tersedia di halaman muka. Setelah itu, akan muncul tampilan untuk pengisian data pembuatan akun. Bila malas mendaftarkan diri dengan mengisi data, Shopious mengizinkan penggunanya untuk mendaftar menggunakan akun Facebook. Pilihla daftar menggunakan Facebook agar lebih cepat. Setelah itu, pengguna bisa menggunakan akun tersebut untuk mencari barang yang mereka mau dan melihat kontak pemiliknya.

Banyak Barang Fashion yang Bisa Dicari
Banyak Barang Fashion yang Bisa Dicari

Jika pengguna ingin menjual barang, maka pengguna harus punya akun Instagram yang kemudian bisa dihubungkan dengan Shopious. Dengan terhubung ke Shopious, pengguna cukup melakukan update foto di Instagram. Nantinya foto yang di-update akan langsung masuk ke situs Shopious.com. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot dan Shopious bisa memasarkan produk pengguna dengan lebih mudah. Karena kemudahan ini, Shopious menawarkan harga yang relatif murah untuk mereka yang berjualan. Harga yang ditawarkan pada jumlah foto yang ditip di Shopious.com adalah sebagai berikut.

Harga Titip Foto di Shopious
Harga Titip Foto di Shopious (Stu Bulan 60ribu/10 foto adalah harga murah

Barang-barang di Shopious

Perlu diketahui, barang-barang di Shopious.com itu hanya terbatas pada produk pakaian, kecantikan, aksesoris, dan dekorasi rumah. Pembatasan kategori ini tampaknya bertujuan agar Shopious bisa diingat sebagai situs jual beli online media sosial yang fokus pada produk fashion. Jadi, di Shopious tidak akan ditemukan produk elektronik, obat, ataupun lainnya.

Nah, kebetulan sekali, saya ingin mencari barang tertentu. Barang ini adalah keinginan seseorang yang sangat spesial. Pada hari ulang tahunnya, dia ingin sebuah boneka Panda. Saya tidak pernah tahu penjual boneka di kota saya. Kemudian saya teringat situs Shopious dan mencari produk yang saya inginkan. Saya cukup mengetik kata kunci dari barang yang saya inginkan di kotak pencarian yang posisinya sejajar dengan navigasi menu utama di situs ini. Setelah itu, situs ini menampilkan beberapa barang yang mengandung kata kunci yang saya tulis. Dan saya pun menemukan salah satu barang yang saya inginkan. Ini dia barangnya.

Boneka Panda ini adalah barang Shopious yang saya cari dan saya inginkan
Boneka Panda ini adalah barang Shopious yang saya cari dan saya inginkan

Boneka panda untuk seseorang. Dia sangat menginginkannya. Selama hidupunya dia jarang mendapatkan hadiah saat ulang tahun. Bahkan, mungkin belum pernah. Saya jarang membahasnya sih. Tapi, yang saya tahu, adiknya bilang kalau dia pernah ingin boneka panda. Tentunya jika saya memiliki produk ini dan memberikannya padanya, itu akan menjadi hari terindah buat dia di ulang tahunnya. Barang ini juga akan jadi kejutan baginya. Tentunya, Shopious sangat berperan dalam membantu saya menemukan barang yang sangat ia inginkan meski dia tidak pernah mengungkapkannya secara terus terang. Boneka panda ini juga akan jadi bukti bahwa saya tidaklah main-main dengannya. Saya maju menuju hatinya dan mencoba memenuhi keinginannya. Terpikir oleh saya untuk membeli barang mahal, tapi saya pikir lebih bermanfaat hadiah yang sederhana tetapi bermakna dibandingkan mahal tetapi hanya jadi pajangan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Shopious.com merupakan situs e-commerce yang unik dan memiliki kelebihan dibandigkan situs e-commerce lainnya. Keunikan terletak karena situs ini jadi penghubung antara pengguna Instagram dengan bukan pengguna Instagram. Situs ini juga membuat pengguna mencari barang yang berhubungan dengan fashion lebih mudah. Saya mengalaminya sendiri. Saya juga bisa menemukan informasi bermanfaat dari blog yang ada di situs ini. Mungkin sedikit catatan saja bagi Shopious, yakni soal informasi harga. Sebaiknya informasi harga tampil dengan font atau warna tulisan yang berbeda dengan keterangan barang. Selain itu, kolom testimoni tampaknya juga perlu dipertimbangkan. Hal ini bertujuan agar suatu toko bisa memiliki reputasi yang baik.

Demikian penjelasan dan pendapat saya tentang Shopious. Semoga dengan tulisan ini, Shopious bisa menjadi situs ecommerce yang lebih ternama dan lebih baik. Semoga juga tulisan ini juga memberikan gambaran bagi pembaca yang baru mengenal Shopious. Oh yah, sebagai penutup, saya membuat video tentang pendapat saya mengenai Shopious. Berikut videonya.

Advertisements