Internet menjadi “surga” untuk menemukan sesuatu dengan mudah tetapi menjadi “neraka” bagi mereka pemilik hak cipta. Salah satunya musik yang hak ciptanya dilindungi undang-undang. Maklum saja, saat ini sebuah lagu atau musik bisa dengan mudah didapatkan ibarat gorengan yang dibeli di warung sebelah. Tengok saja ke mesin pencari sekelas Google, dan masukan kata kunci berupa judul lagu yang ingin Anda cari. Lihat hasilnya!

Berkat kecanggihan mesin pencari tersebut, tidak ada lagi penjualan kaset yang pada dua dasawarsa kebelakang masih cukup bagus penjualannya. Sekarang? Kaset tinggal sejarah dan orang lebih suka mendengarkan musik secara digital. Sayangnya, orang-orang tidak mendengarkan musik dari sumber yang legal. Rerata mereka mendapatkan musik hasil unduhan dari situs-situs penyedia lagu bajakan atau sejenisnya.

Karena hal ini, situs pembajakan lagu menjamur dan orang bisa dengan mudah mendapatkan musik yang mereka suka tanpa peduli bahwa musik yang mereka unduh dan dengarkan memiliki hak cipta tersendiri.

Pemerintah sebenarnya tidak diam akan hal ini. Sudah banyak situs-situs penyedia lagu atau film bajakan  yang diblokir pemerintah. Tapi ibarat pepatah, mati satu tumbuh seribu. Diblokir 100 situs, muncul 1000 situs penyedia lagu bajakan. Cerita yang tidak akan berakhir.

Tentu saja keadaan ini cukup menyedihkan karena seharusnya sebuah karya cipta perlu dihargai dan tidak didapatkan begitu saja. Apa mau dikata, kebanyakan orang kadang tidak peduli dengan sumber lagu yang mereka dapatkan. Jujur saja, termasuk saya (mungkin Anda juga).

Melawan Musik Ilegal

Maraknya pembajakan saat ini yang membuat industri musik ini sebenarnya bisa dilawan dan dihindari. Tentu bukan sekadar penutupan situs penyedia lagu bajakan saja. Langkah yang paling bagus untuk melawan musik bajakan adalah dengan cara menyediakan layanan musik yang legal dan mudah digunakan.

Sederhananya melawan musik ilegal dengan musik lega.

Apakah bisa? Bisa, karena saat ini ada penyedia musik legal yang memberikan lebih kepada penggunanya. Layanan tersebut adalah Langit Musik. Langit Musik merupakan sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk mendengarkan musik secara legal dan mudah. Tidak ada kata bersalah dalam mendengarkan musik di layanan ini.

Yang paling menarik dari layanan Langit Musik adalah layanan yang disebut Freemium. Istilah Freemium Langit Musikbukan sekadar gimmick marketing. Layanan Freemium merupakan layanan yang benar-benar “premium” (yang umumnya berbayar) yang bisa didapatkan secara gratis. Gratis berlangganan untuk mendengarkan musik dan gratis kuota untuk mengaksesnya. Sebuah layanan yang tidak bisa didapatkan di layanan lain yang serupa.

Oh yah, Langit Musikbisa diakses melalui website Langit Musik ataupun melalui aplikasi di ponsel pintar. Saya sendiri lebih senang menggunakan layanan Langit Musik di ponsel pintar. Lebih mudah dan lebih membuat saya merasa dekat dengan musik.

Aplikasi yang Memiliki Banyak Fitur

Karena saya sering mendengarkan Langit Musik melalui aplikasi, saya akan bahas layanan ini dari sisi aplikasinya berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi LangitMusik. Oh yah ada 4 fitur yang jadi perhatian saya di aplikasi Langit Musik. Keempat fitur tersebut bisa jadi perhatian bagi pengembang Langit Musik.

1. Tampilan Desain

Jujur saja, dibandingkan mengakses via website, menggunakan Langit Musik via aplikasi lebih menyenangkan. Tampilan desain antarmuka website tidak terlalu menarik meski terlihat sederhana. Tapi jika di aplikasi, kesan musiknya kenan banget. Pemilihan warna ungu, biru dan putih yang cukup dominan di desainnya membuat aplikasi ini cukup eye catching. Latar warnanya tidak terlalu cerah sehingga membuat saya merasa nyaman saat menggunakan aplikasi ini.

Tampilan desain aplikasi dengan dominasi warna ungu

Meskipun tergolong nyaman digunakan, aplikasi Langit Musik sebenarnya kurang bersahabat ketika pertamakali digunakan. Saya saja sempat kebinungan dengan hal-hal yang ditampilkan dalam aplikasi ini. Mungkin karena banyaknya fitur yang terdapat dalam aplikasi ini. Tapi, tidak perlu waktu lama kok bagi saya untuk mengerti semua fitur yang ada di aplikasi ini.

2. Pencarian

Fitur pencarian pada aplikasi Langit Musik tergolong bagus. Algoritma pencarian musiiknya benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Semisal, jika kita mencari sebuah lagu dan hanya ingat judul lagunya, maka kita cukup masukan judul lagunya. Nanti Langit Musik akan memberikan rekomendasi (suggest) orang yang menyanyikan lagu tersebut. Mengingat seringkali ada lagu yang dinyanyikan oleh dua artis atau lebih, maka fitur ini tergolong sangat berguna.

Fitur pencarian lagu atau musisi yang tergolong baik

Fitur pencarian juga mampu memberikan hasil tak hanya judul lagu, tetapi juga nama penyanyi atau albumnya. Jika kita ingin mencari penyanyi dan judul lagunya, tentu saja hal ini lebih mudah mendapatkan apa yang kita inginkan.

Sayangnya fitur pencarian masih belum memberikan hasil pencarian berdasarkan lirik lagu. Ini penting lho karena tidak sedikit orang yang tidak tahu atau tidak ingat judulnya tetapi ingat potongan lirik lagunya.

Menerapkan fitur ini seharusnya tidak sulit, mengingat Langit Musik memiliki fitur menampilkan lirik lagu saat sebuah lagu diputar. Sebuah fitur yang menarik bagi mereka yang suka berkaraoke.

3. Kanal

Menu utama aplikasi Langiat Musik terdapat lima kanal yang terdiri dari Jelajah, #TagStation, Trending, LaguKu, dan Pemberitahuan (versi Bahasa Indonesia. Saya akan bahas sedikit tentang fitur-fitur ini.

Kanal Utama 

Fitur Jelajah memungkinkan kita sebagai pengguna untuk mencari sebuah lagu dan ha-hal yang terbaru yang ada di aplikasi. Fitur ini juga menampilkan lagu-lagu atau album yang sering disesuaikan dengan hasil pencarian. Misalnya, jika kita sering mendengarkan lagu dari musisi A, maka di bagian jelajah akan ditampilkan musisi B yang jenis musiknya hampir serupa. Atau akan tampil album lain dari musisi A yang belum kita dengarkan.

Bagi saya fitur jelajah tidak terlalu penting bahkan saya tidak pernah menggunakannnya. Jikapun saya ingin mencari sesuatu, saya lebih baik memakai fitur pencarian. Berbeda dengan kanal #TagStation dan Trending, yang benar-benar bermanfaat. #TagStation menampilkan lagu-lagu yang dikategorikan berdasarkan tanda # tertentu. Ini bagus, sayang belum optimal karena konsep media sosial yang coba diterapkan oleh Langit Musik di aplikasi masih belum maksimal.

TagStation

Kasus serupa terjadi juga di bagian Trending, yang memunculkan lagu-lagu trend di beberapa kota di Indonesia. Misalnya, kita bisa melihat lagu yang sedang trending di kota Makassar. Tiap kota punya haslil trending yang berbeda. Fitur ini akan maksimal jika aplikasi Langit Musik punya fitur untuk membandingkan lagu yang sedang ngetrend antara satu kota dengan kota lain.

kepo trending di kota lain

Kanal LaguKu tentu sangat berguna karena akan menampilkan lagu-lagu yang kita pilih untuk disimpan atau antri untuk diputar. Jadi kita tidak perlu mencari lagu lagi. Tidak ada masalah dengan fitur ini.

Sementara kanal Pemberitahuan sebenarnya kanal yang bisa dibilang kurang berguna. Entah kenapa kanal ini seperti penghias saja. Kanal ini mungkin akan lebih baik jika posisinya ada di profil kita (yang letaknya dibawah kanal utama). Jika kedepannya, Langit Musik ingin agar aplikasi ini lebih seperti media sosial, maka saran ini perlu diperhatikan.

4. Memutar Lagu

Saya tidak bisa bahas panjang lebar untuk yang satu ini. Kenapa? Karena menurut saya Langit Musik sudah cukup sukses menampilkan lagu yang diputar, lengkap dengan pilihan liriknya yang sangat membantu untuk mereka yang suka berkaraoke. Pilihan tampilan seperti disc yang memutar juga patut diacungi jempol.

Oh yah mungkin akan lebih baik jika saat memutar lagu, ada informasi lain terkait lagu tersebut. Misalnya informasi yang menciptakan lagu tersebut (baik penulis lirik dan penggubah lagu) dan tahun lagu tersebut keluar. Informasi ini tentu akan bermanfaat karena selain menghibur juga bisa menambah pengetahuan bagi pengguna yang baru menemukan lagu yang disukainya di aplikasi ini.

tampilan putar lagu sudah bagus tetapi jika ditambah informasi lagu akan tambah menarik

Secara keseluruhan, aplikasi Langit Musik secara layanan sudah tergolong sempurna. Layanan gratis dengan segala fitur menarik tentu menjadi nilai tersendiri (Layanan Freemium). Oh yah, selain layanan Freemium, Langit Musik juga menyediakan layanan berbayar yang bisa dibayarkan dengan cara memotong pulsa. Layanan berbayar ini akan membuka dua fitur penting, yang pertama adalah bisa mengunduh lagu (versi gratis hanya mendengarkan saja) dan kebebasan melakukan skip lagu (versi gratis hanya sampai 10 lagu).

Untuk menggunakan layanan berbayar atau layanan premium, ada dua pilihan, berlangganan selama 7 hari atau selama 30 hari. Saya sendiri lebih sering berlangganan untuk 7 hari saja

Berlangganan 7 Hari

Untuk melakukan semua hal itu, dibutuhkan nomor Telkomsel. Nomor dari operator lain tidak akan bisa didaftarkan di aplikasi ini. Tapi untuk jaringan data atau wifi, tidak perlu menggunakan operator Telkomsel pun bisa.

Akhir kata, aplikasi Langit Musik merupakan sebuah aplikasi keren. Sebuah aplikasi yang bisa kita gunakan tanpa merasa bersalah. Dan tentu saja memakai aplikasi ini akan membuat kita leibh menghargai para musisi.

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger

Advertisements