INFORMASI

Hal-hal yang Hanya Bisa Dirasakan oleh Mereka yang Sekolah di SMKN 10 BANDUNG

Sekolah, tempat semua kenangan masa kecil dan masa muda yang tidak akan terlupa sepanjang masa. Kesannya lebih terasa dibanding kuliah. Mau SD, SMP, SMA/SMK, yang jadi menyenangkan tak masalah.

Tapi sampai sini mari kita sepakati, kalau perihal kenangan dan momen hidup menyenangkan sekolah lebih dari kuliah. Sekolah, sekolah, sekolah lebih dari kuliah, BOOOM!. (halah)

Tak perlu pengantar banyak, sudah jelas dari judulnya kalau saya akan bercerita tentang sekolah saya dulu saat memakai putih abu-abu.

SMKN 10 Bandung namanya, sekolah kejuruan yang fokus pada bidang seni pertunjukan. Baru denger? Tidak heran karena hanya hitungan jari jumlah sekolah kejuruan bidang seni pertunjukan di Indonesia.

Jangankan umum, saya yang kurang mengetahui keberadaan sekolah ini. Tapi jusru inilah uniknya. Sekolah di SMKN 10 Bandung memberi banyak kesan, termasuk penulis.

Dan kesan-kesan berikut inilah yang hanya bisa dirasakan oleh mereka yang sekolah di SMKN 10 Bandung

1. Tempat Sekolah yang Megah Bikin Serasa Anak Kuliah

SMKN 10 Bandung posisinya agak ke dalam dari Jalan Raya CiwastraDari jalan raya, sekolah ini tidak teralu terlihat. Hanya ada papan info di jalan raya kalau lokasi sekolah harus masuk ke dalam.

Paling jelas, sekolah ini akan tampak dari jalan tol Bandung yang arah ke Cileunyi. Tampak megah, dan orang akan menyangka kalau sekolah ini seperti kampus dan bukan sekolah.

Dan ini dirasakan juga oleh saya dan teman-teman yang pernah merasakan sekolah disini. Gedung megah dengan banyak ruangan membuat sekolah ini memang terlihat seperti kampus, malah tampak lebih megah dibanding sekolah tinggi yang gedungnya di sisi jalan utama.

2. Merasa Minoritas Sekaligus Unik Saat Ditanya Jurusan

A: Sekolah dimana?
B: Di SMKN 10 Bandung
A: Jurusan?
B: Teater
A: Hah, ada yah?

SMKN 10 Bandung adalah sekolah dengan fokus seni pertujunkan. Yap, tidak seperti sekolah kejuruan umumnya yang memiliki jurusan ngehits semacam otomotif, teknik informatika, multimedia, atau akuntansi. Tidak, jurusan-jurusan itu dan saudaranya tidak akan ditemukan di sekolah ini.

Jurusan di SMKN 10 Bandung adalah Karawitan (musik tradisional Sunda), Seni Musik Modern, Tari, Teater, dan yang paling muda adalah jurusan Broadcast. Karena jurusan yang jarang dan tidak umum, kadang siswa-siswi di SMKN 10 Bandung agak minder saat bertemu dengan siswa-siswi putih abu lainnyaTapi kadang juga membuat kami merasa unik dan bangga karena kami memiliki jurusan berbeda.

3. Kami Masuk SMKN 10 Bandung Karena Kami Tak Mau Belajar Matematika, Nyatanya…

Banyak siswa-siswa yang bersekolah di SMKN 10 Bandung beranggapan bahwa mereka masuk sekolah seni tidak akan bertemu dengan pelajaran macam Matematika, Sejarah, bahkan Bahasa Inggris. Sekaligus mengasah bakat seni dan juga meninggalkan pelajaran yang bikin puyeng saat masa putih biru.
Tapi harapan tinggal harapan. Meskipun kamu banyak belajar tentang seni dan banyak praktek, tapi kamu tidak akan terhindar dari Matematika, Sejarah, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran normatif lainnya.

Tidak jarang, anak yang berbakat di seni sering mendapat nilai kecil di Matematika atau PPKn (Sekarang namanya apa sih?)

4. Sering Dianggap Bakal Miskin

Tidak sedikit dari kalangan teman, saudara, atau bahkan orang tua yang sebenarnya tidak setuju anaknya masuk SMKN 10 Bandung. Penyebabnya karena mereka sering menganggap tidak ada pekerjaan di dunia seni. Otomatis dong ini membuat profesi seni seolah profesi miskin. Duh sedih yah.

Nah itulah beberapa hal yang membuat saya punya kesan sekolah di SMKN 10 Bandung.

Bagi yang penasaran, ini video profile SMKN 10 Bandung.

Advertisements

20 thoughts on “Hal-hal yang Hanya Bisa Dirasakan oleh Mereka yang Sekolah di SMKN 10 BANDUNG

  1. Sejujurnya aku baru mengetahui bahwa smkn 10 itu jurusannya kesenian gitu semacam teater dan sebagainya. Kadang aku juga mengira kalo jurusan kesenian gitu gak belajar pelajaran yang biasa sekolah reguler pelajari. Tapi ternyata belajar ya wkwkw. Berat juga ya.. Tapi aku penasaran, alumninya masih menekuni kesenian atau malah pindah ke jurusan lain ya?

  2. Aku dulu ikut teater karena ada ekskulnya di sekolah.
    ((sebenarnya karena kaka kelas yang aku taksir salah satu bagian dari anak teater, jadilah aku daftar menjadi anggota. Sudah bisa ketebak…gak bertahan lama. Begitu tau si kaka kelas punya gebetan, aku langsung out. Bye!))

    Dan aku setuju banget kalau masa putih abu-abu ini adalah masa yang paling indah untuk dikenang.

  3. subhanallah keren baaaaaaaaaaaaaangeeeeeeeeeeeeet 😀

    aku kira nggak ada sekolah SMK yang khusus kesenian begini, ternyata ada ya, dan aku baru tau
    excited gitu pas tau ada sekolah yang ngerti banget maunya anak2 berjiwa seni
    kan beda banget sama sekolah lain, yang karawitan teater dll jadi ekskul, eh di sini jadi mata pelajaran wajib
    wihiiiiiiiiii menyenangkan banget

    videonya juga beuh kece banget
    musiknya itu loh.. perpaduan instrumental karawitan dengan apa sih itu namanya, aku nggak tau 😀 pokoknya keren deh

    kutebak-tebak juga kang Sule lulusan sini, eh ternyata bener ya
    aiiiiiiih keceh badaaaaaaaaaaaaaaaai

  4. Pertama kali aku ikut teater itu waktu ekskul di SMP. Namun, ya, itu juga tidak bertahan lama karena aku harus fokus untuk belajar Olimpiade Fisika ketika itu. Entah kenapa baru ketika kuliah aku mulai mencoba apresiasi segala jenis seni ataupun sastra. Sehingga, mulai kembali kagum dan salut terhadap seni peran ini.

  5. Beda banget jurusan sekolahnya. Keren. Makin matang nanti pas memilih jurusan saat melanjutkan ke universitas. Dulu pas SMA pernah ikutan teater, tapi kurang berbakat. Akhirnya berhenti di tengah jalan. Hahaha

  6. wuih ini sekolah keren banget
    btw ini sama ya dengan sekolah menengah kerawitan ?
    masih ada ya ?
    klu di kota saya udah ga ada
    terakhir waktu saya SMP ada yg magang
    kali dilatih tari, nyanyi dan teater

  7. Aku mah suka banget klo ada SMK yang memang khusus kesenian begini, apalagi kalau musiknya tradisional begini. menjaga budaya banget pastinya. Ini sekolahannya kang SUle dulu ya?
    Semoga makin banyak peminatnya dan kelestarian musik tradisional semakin terjaga

  8. Ada ya jurusan seni, karawitan
    Kalau di sini masuknya ekskul

    Tahun2 lalu smua jurusan memang ada Matematika, Bahasa Indonesia, sama Bahasa Inggris. Tp tingkatannya lbh mudah, jauh dr jurusan IPA atau IPS

  9. Dan ternyata matematika ada dimana-mana ya mas, takdir itu mah hehehee

    Sepertinya sekolah jenis ini memang jarang ya, karena di Bengkulu setahuku beluma ada SMK sejenis SMK 10 Bandung ini. Berarti kalau lulus dari sini sangat cocok lanjut ke IKJ gitu ya.

  10. Saya tahu SMKN 10 itu di ciwastra. Tapi saya ndak tahu jurusan jurusannya.

    Waktu itu saya nngambil kimia karena gak mau main di mesin, atau listrik atau otomotif.

    Dan IT blm begitu wah saat itu. Kalau tahu, kayanya saya bakal milih smk 10 deh.

  11. Wah, unik ya sekolahnya. Kayak universitas atau institut aja, jurusannya khusus kesenian. Bikin bahagia anak-anak yang tertarik pada seni, ya
    Eh tapi masih belajar ilmu-ilmu umum juga ta tenyata. Hihihi. Gak bisa lari dari kenyataan deh #eh 😀

  12. Sebagai orang yang tinggal di Bandung cukup lama, baru tau jurusan di SMKN 10 itu, berasa ingin tutup muka terus..hihihi…
    Ternyata ada jurusan theater juga ya. Kalau dulu, saya belajar ilmu theater dari estrakulikuler di SMA.

  13. Duh jadi inget anak yg kedua, pengen banget sekolah di smkn 10, tapi pas tahu biaya masuknya cukup menguras kantong.. Dengan sangat terpaksa akhirnya sekolah ke desain grafis.. Anaknya padahal seniman banget. Tahun depan kayaknya saya kudu ngabulin keinginannya, kuliah di STSI aja.. Sama sama seni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s