Tidak sedikit orang Indonesia (termasuk saya) berharap kecepatan internet di Indonesia meningkat pesat. Banyak yang berangan-angan agar kecepatan internet di Indonesia bias mencapai 1Gbps. Angan dan impian ini sudah ada sejak sekitar 3 atau 4 tahun lalu. Dan waktu itu semua hanya sebatas angan dan mimpi.

Mimpi akan kecepatan internet sampai 1Gbps akhirnya bisa terwujud di 2017 ini. Yap, bukan mimpi bukan angan lagi. Kecepatan internet 1Gbps itu bisa terlaksana berkat CBN, sebuah perusahaan berpengalaman di industry telekomunikasi sejak 1995.

Internet Cepat dan Wifi Gratis

Dengan pengalaman yang sudah lebih dari 20 tahun itu, CBN sebagai perusahaan pionir ISP (Internet  Service Provider) menghadirkan layanan yang dinamakan CBN Fiber. CBN Fiber ini adalah layanan digital dan internet berkecepatan tinggi sampai 1Gbps. Sebuah layanan internet yang benar-benar cepat yang bahkan belum bisa dicapai oleh ISP lain.

Mau bukti nih kecepatan internetnya apakah benar sampai 1Gbps? Ini buktinya, foto saat pengetesan kecepatan internet sampai 1Gbps.

Kecepatan Unduh dan Unggah CBN Fiber setara lho

Lihat, bukan cuman gimmick bukan? Kecepatan internet yang dihadirkan CBN memang benar-benar tinggi. Sedikit wajar kalau tidak menyentuh 1Gbps, toh nilainya juga mendekati kan. Oh yah kecepatan internet sampai 1Gbps ini bukan hanya untuk unduh (download) tetapi juga untuk unggah (upload).

Layanan super cepat ini dikemas bersama dengan IPTV bernama Dens TV. Dens TV ini adalah layanan hiburan digital dengan konsep IPTV  yangmemiliki kualitas HDTV. Konten-konten yang tersaji dalam Dens TV meliputi video on demand, e-education, bahkan sampai layanan e-commerce hadir di Dens TV. Menariknya Dens TV tidak hanya bisa dinikmati lewat televisi di rumah saja. Dens TV juga bisa dinikmati oleh pengguna dimananpun dan kapapun.

Lho, kok bisa?

Yah karena Dens TV sudah memiliki aplikasi yang bisa diunduh di toko aplikasi seperti di Google PlayStore dan AppStore.

Penampakan Dens TV

Selain kedua layanan tersebut, CBN juga menghadirkan layanan  diCBN apps. Layanan ini adalah aplikasi di iOS dan Android yang mengusung konsep pusat layanan virtual. Dengan layanan ini, pengguna bisa mendapatkan informasi terkait jangkaun area CBN Fiber, CBN Wifi, pendaftaran untuk berlanggaanan dan berbagai promosi lainnya.

Oh yah, CBN Wifi ketinggalan dibahas. Sedikit saja, CBN Wifi ini memungkinkan orang-orang untuk mengakses internet secara gratis lho. Hebat kan? Tentu saja, CBN Wifi nantinya akan hadir di tempat-tempat umum. Oh yah, CBN Wifi ini hasil kolaborasi antara CBN dengan Google.

Jadi, berterimakasihlah pada CBN dan Google jika pembaca sekalian menemukan area WIFI gratis.

Yakin gratis itu WIFI? Jelas gratislah. Hal ini juga sudah saya konfirmasikan ke pihak CBN. Kebetulan pada hari yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017, CBN menghadirkan acara yang disebut CBN Digital Nation di 23 Paskal, Bandung.  Dan saya hadir mengikuti rangkaian kegiatan CBN Digital Nation ini.

Salah satu petinggi CBN menyebutkan jika kehadiran WIFI gratis dari CBN ini ditujukan untuk kebutuhan masyarakan akan internet yang mudah dan cepat.  WIFI gratis yang dihadirkan CBN ini pun merupakan bagian dari program CSR mereka.

 

Menjadi Perusahaan Digital

Dani Sumarsono, President Director CBN dalam rilis yang saya terima menyatakan bahwa dengan kehadiran berbagai layanan dari CBN, maka CBN tidak lagi menjadi ISP tetapi menjadi DSP (Digital Service Provider). Itu artinya CBN tidak hanya sebagai perusahaan teknologi informasi tetapi juga menjelma menjadi perusahaan digital.

Hal itu juga kemudian beliau tugaskan saat memaparkan tentang “wajah baru CBN” di panggung CBN Digital Nation.

Mengapa harus menjadi Digital Service Provider?

Karena CBN memiliki misi besar dalam peta digital ekonomi di Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Marcelus Ardiwinata COO CBN di panggung yang sama setelah pemaparan dari Pak Dani Sumarsono.

 

Contoh misi besar itu bisa dilihat dari pemparannya tentang peta teknologi informasi CBN dengan konsep smart city dan integrated system.

Contoh jelasnya adalah mendukung Smart village dengan program desa 2020. Program desa 2020 ini menyentuh administrasi birokrasi kelurahan, pendidikan, kesehatan, dan juga pertanian yang semuanya didukung oleh teknologi informasi.

Menilik dari program yang dipaparkan tersebut, saya pun cukup setuju tentang penyebutan Digital Service Provider pada CBN.

Kemeriahan Acara CBN Digital Nation

Pemilihan  28 Oktober 2017 hemat saya adalah pemilihan hari yang tepat bagi CBN untuk memperkenalkan konsep identitasnya yang baru. Terlebih mereka melakukannya di kota Bandung, yang mereka anggap sebagai kota yang pas karena Bandung sangat identik dengan konsep Smart City.

Pembukaan CBN Digital Nation

Saya tak melupakan juga konsep pembukaan CBN Digital Nation yang terbilang meriah. Tidak meriah gimana coba. CBN Digital Nation tak hanya seremonial memperkenalkan CBN sebagai DSP tetapi menghadirkan konsep acara kekinian.

CBN bekerjasama dengan beberapa perusahaan teknologi di gelaran ini. Konsep acara yang dihadirkan juga tergolong bagus,. Pada kegiatan ini, banyak sekali acara seperti

  • NVIDIA Games Event; DOTA2 & CSGO Final Competition,
  • Meet and Greet eSport & Cosplayer Idol NIX1A dan NXA Ladies, EVOS, NXL, Clarissa Punipun,
  • Hiburan Musik KataKita Band,
  • Digital Competition,
  • Doorprize.

Selain itu banyak sponsor yang juga membuka both di gelarna ini. Beberapa diantaranya adalah JD.ID, Lenovo, Galax, MSI, LG, dan sebagainya.

Keseruan kegiatan “CBN Digital Nation” bisa kamu lihat pada foto-foto berikut ini.

 

Terakhir dari saya, saya mengucapkan selamat kepada CBN yang menyandang status baru sebagai Digital Servie Provider dan selamat juga karena acaranya tergolong meriah dan banyak orang yang dating ke kegiatan CBN Digital Nation, bahkan ada yang dating dari luar kota Bandung. Terimakasih juga karena telah menghadirkan kecepatan internet 1Gbps yang beberapa tahun lalu hanya mimpi dan sekarang jadi kenyataan.

 

P.S.

Dalam rangka kegiatan CBN Digital Nation ini, CBN menyelenggarkan lomba blog.

Persyaratannya adalah:
• Menulis dengan tema “The Breakthrough for Indonesian Digital Future”
• Panjang artikel minimal 1500 kata.
• Isi tulisan tidak boleh menyinggung pihak lain, membandingkan dengan kompetitor, atau bernada negatif sehingga memicu pertikaian.
• Tulisan harus orisinal karya pemilik blog. Tidak diperkenankan melakukan tindakan plagiat atau mencuri hak kekayaan intelektual pihak lain.
• Tulisan belum pernah dilombakan di kompetisi blog manapun.
• Menyebutkan kata-kata ini di dalam artikel : CBN, CBN Digital Nation, Dens.TV, internet service provider, internet cepat.
• Menyertakan link unduh aplikasi Dens TV yang tersedia di playstore atau klik link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp.
• Menyertakan image CBN Digital Nation/ CBN / Dens.TV.

Kriteria pemenang dinilai berdasarkan:
• Orisinalitas artikel.
• Sudut pandang yang unik.
• Cara penulisan atau penyampaian yang menarik.
• Penambahan image, infografis, atau video akan mendapatkan point tambahan.
• Jumlah komentar organik akan diberikan point tambahan.

Hadiah TOTAL PRIZE 7.000.000 IDR
• Pemenang Utama: Notebook Lenovo
• 2 Pemenang Favorit: JD.ID Voucher @1.000.000 IDR

So, blogger bisa datang ikuti keseruan CBN Digital Nation di Bandung 28 Oktober 2017 untuk lebih kenal dengan CBN dan Dens TV, dapatkan informasi langsung dari sumbernya untuk jadi bahan tulisan lomba blog #CBNDigitalNation.

 

Advertisements