Lahirnya startup baru beberapa tahun belakangan ini membuat saya juga sering memikirkan untuk membuat sebuah layanan yang berguna dan bermanfaat. Sering muncul ide bagus dan ingin dieksekusi. Tapi sayangnya ide menguap begitu saja.

Penyebabnnya jelas karena faktor SDM dan finansial. Sebenarnya kedua bukanlah alasan karena saat ini, sudah banyak perusahaan yang sering membuka kompetisi menyalurkan ide. Salah satunya adalah kompetisi IWIC  atau Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest.

 

Nah tahun ini, Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest hadir kembali yakni IWIC 11 (dilakasanakan yang ke-11 kalinya.

Pada gelaran ini, semua orang diajak untuk menyalurkan ide dalam mengembangkan sebuah aplikasi.

Saya pun jelas tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Daripada ide saya menguap lebih baik saya tuangkan langsung ke IWIC 2017.

Apa itu ide saya?

AGENDAKAN

 

Itulah ide saya.

 

Apa itu AGENDAKAN?

 

Dilatarbelakangi banyaknya startup jenis SaaS (Software-as-a-Services), seperti layanan pengelolaan keuangan perusahaan, layanan pengelolaan SDM, dan lain sebagainya, terbesit juga ide sederhana dalam sebuah pengelolaan penjadwalan bekerja.

 

Ide ini muncul seiring dengan pengalaman saya yang sempat bekerja tetapi sering tidak fokus karena tidak pencatatan atau arahan dan tupoksi yang jelas. Ide ini juga muncul dilatarbelakangi curhatan teman yang sering minta naik gaji tetapi bingung cara meyampaikannya.

Kemudian ada juga teman yang ingin melakukakn piknik bareng tetapi tak jua terlaksana lantaran sering tidak menemukan tanggal yang tepat. Dan bos saya seringkali mengadakan rapat mendadak atau kadang rapat sekumpulnya orang.

 

Hal-hal itulah yang kemudian membuat saya menghadirkan layanan AGENDAKAN.

AGENDAKAN ini meurpakan sebuah layanan yang diinstal di setiap pegawai. Nantinya tiap pegawai dari posisi paling atas sampai bawah saling terhubung dalam melakukan berbagai kegiatan.

Contohnya, bos menjadwalkan rapat unntuk satu bulan ada 3 kali dan sudah ditentukan tanggalnya, maka nanti pegawai lain akan melihat jadwal rapat dan juga jamnya.

Sementara itu, pegawai bias melakukan pengajuan cuti, izin, bahkan kenaikan gaji. Pegawai juga bisa mengirimkan laporan ke bos yang kemudian bisa dievaluasi langsung oleh bos. Semuanya dilakuka via aplikasi yang terpasang di ponsel.

Ilustrasi AGENDAKAN kurang lebih seperti ini.

Target Pasar

Melihat konsep aplikasi tersebut, jelas target pasar AGENDAKAN adalah perusahaan dari mulai startup sampai korporat besar. Manfaatnya apa? Tentu untuk meringankan pekerjaan seperti memudahkan laporan, kemudahan pengajuan cuti dan absen, serta kegiatan kerja yang lebih terjadwal.

Untuk proses monetasi bisa dilakukan dengan cara berlangganan dengan harga yang bisa disesuaikan denngan fitur-fitur tambahan. Misalnya, jika perusahaan ingin memiliki fasilitas SMS Broadcast atau fitur kapasitas cloud yang lebih besar tentu biaya berlanggangn perbulannya akan lebih besar.

Ide dari saya ini tentu bisa menarik dan malah bisa dikembangkan lebih lanjut.  Dan menurut saya ini adalah ide yang menarik. Nah, jika pembaca punya ide yang menarik, segera submit ide kalian di IWIC 11

Segera submit di link berikut ini.

bit.ly/iwic11

BATAS AKHIR 20 November 2017

Ide kalian yang mahal itu akan diharga kok, karena ide yang menarik akan mendapatkan hadiah yang besar. Silakan cek informasi lengkapnya di http://iwic.indosatooredoo.com

 

 

Advertisements