Nama produknya bukan seperti sebuah produk layanan dari Internet Service Provider. Otak ini berputar ketika pertamakali mendengar nama ini sebelum berlangganan. Sempat terpikir “Apakah Telkom sedang melakukan ekspansi pada bisnis Properti? Oh, mungkin Telkom sedang bermain-main dengan layanan yang berhubungan dengan rumah. Ternyata salah.  Ditelisik lebih lanjut tentang Telkom Indihome, saya menemukan sebuah fakta menarik sekaligus membuat kaget. Menarik, karena Telkom Indihome bukanlah layanan seperti yang saya bayangkan. Kaget, karena layanan ini ternyata merupakan layanan multifungsi untuk memenuhi kebutuhan hiburan para penggunanya. Apa itu Telkom Indihome sebenarnya? Saya akan menjabarkannya tapi mungkin tidak secara teknis. Saya akan menjabarkan apa yang saya tahu dan pengalaman menggunakan layanan dari Telkom ini.

Layanan Indihome

Berawal dari telepon dari pihak Telkom, saya ditawarkan paket Indihome. Langsung diterima saja karena tidak perlu mengocek dana lagi. Telkom menawarkan peningkatan paket dengan menghadirkan TV Kabel, layanan internet, dan juga telepon rumah dengan nama Indihome. Peningkatan ini tidak hanya mengganti layanan saja tetapi juga mengganti modem yang digunakan dan menambahkan perangkat TV Kabel yang terhubung dengan modem utama. Kedua benda ini berwarna putih. Yang satu tampak logo Telkom dengan tulisan Wifi.id. Satu lagi, adalah modem TV Kabel dengan nama USeeTV.   Untuk lebih jelasnya tentang hal ini, saya rincikan sebagai berikut.

Indihome

TriplePlay dan QuadraplePlay

Indihome ini menghadirkan tiga paket layanan utama yang disebut dengan Triple Play. Layanan Triple Play ini terdiri dari

  1. Telepon Rumah

Sudah jelas, Telkom pasti menghadirkan layanan telepon rumah untuk pelanggannya. Meskipun sudah jarang digunakan, tetapi bagi sebagian orang, terutama perkantoran, telepon rumah ini masih sangat dibutuhkan. Dan untuk melayani, Telkom menghadirkan layanan telepon rumah dengan biaya yang lebih murah. Tidak tanggung-tanggung, layanan telepon yang dihadirkan Telkom adalah layanan telepon berkualitas suara jernih dengan bebas bicara selama 1000 menit untuk sambungan lokal maupun interlokal.

Biaya Menelepon dengan  Telepon Rumah KIni Lebih Murah
Biaya Menelepon dengan Telepon Rumah KIni Lebih Murah
  1. Internet Super Cepat

Layanan utama dari Telkom Indihome sekaligus jadi nilai jual dari layanan ini. Lupakan Speedy, karena kini Telkom memetafomorfosikani layanan internetnya ke arah yang lebih modern, Internet super cepat sampai 100Mbps. Ini bukan sekadar kalimat promo, karena Telkom menghadirkan teknologi kabel fiber optik yang bisa menghantarkan data seperti kecepatan cahaya. Tidak tanggung-tanggung, Telkom menghadirkan Paket mulai dari 10 Mbps, 20 Mbps, 50 Mbps, sampai 100 Mbps. (Baca Juga : Pengalaman Menggunakan Internet IndiHome)

Keunggulan Internet Menggunakan Fiber Optik Indihome
Keunggulan Internet Menggunakan Fiber Optik Indihome
  1. TV Kabel Berformat Internet Protocol Television/IPTV

Layanan lainnya adalah TV kabel dengan 99 chanel favorit dari UseeTV. TV Kabel ini  adalah TV Kabel berformat Internet Protocol Television atau IPTV.  TV Kabel ini juga memiliki fitur rekaman. Artinya, jika ada acara yang terlewat, pengguna bisa melihatnya lagi dengan menekan tombol TV On Demand. Rekaman akan tersimpan sampai tujuh hari kebelakang. Artinya, acara yang terlewat minggu lalu masih bisa disaksikan sekarang. Tentu saja untuk memudahkan penggunanya menikmati tayangan yang diinginkan, ada tombol untuk mempercepat dan memperlambat acara. Fitur lainnya dari TV Kabel ini adalah Video on Demand dan Video Recorder. Menikmati layanan ini akan memberikan pengalaman baru. Saya pun merasa puas dengan adanya TV Kabel ini.

(Baca Juga :  Menikmati USeeTV, TV Kabel dengan Ragam Channel Favorit)

TV Cable
Menikmati Channel Favorit di UseeTV Cable

 

Itu adalah tiga layanan utama yang kemudian Telkom sebut sebagai Tripe Play. Seiring berjalannya waktu, Telkom menambahkan layanan utamanya menjadi empat atau QuadraplePlay. Layanan utama yang keempat adalah WiFi. Telkom menyebutnya sebagai Wifi.id Seamless

wifi id
Akses Internet dengan Wifi.id, Bisa Internetan Di Hotspot Wifi.id dan Bebas Kuota

 

  1. Wifi.id Seamless

Wifi.id Seamless ini menggunakan modem yang sama dengan modem yang digunakan untuk layanan internet kabel. Hanya tentu jaringan yang digunakan berbeda. Saya sempat kebingungan awalnya, karena ketika saya menyalakan wireless, ada sinyal Wifi.id. Ternyata, modem yang diberikan Telkom memungkinnkan saya untuk membuka hotspot dengan Wifi.id. Hanya saja Wifi.id ini memerlukan id yang dibuat atau dibeli dan bisa digunakan dimana saja selama ada hotspot Wifi.id. Khusus yang berlangganan Indihome, Telkom memberikan benerfit gratis satu bulan pertama. Setelah itu, pengguna bisa mendaftar Rp.10.000 perbulannya untuk satu gadget. Dengan hanya model sepuluh ribu, pengguna bisa mengakses internet bebas tanpa kuota alias unlimited.

OctuplePlay

Nah,kehadiran empat layanan ini tentunya ditujukan agar pelanggan Telkom Indihome mendapatkan lebih. Tidak hanya menghadirkan paket internet cepat, tetapi juga menghadirkan layanan hiburan lainnya yang sangat bagus. Saya juga merasakan manfaat dari keempat layanan ini meskipun untuk telepon rumah tidak saya maksimalkan penggunaannya.

Layanan Tambahan Lainnya
Layanan Tambahan Lainnya

Menariknya, Telkom menghadirkan empat layanan tambahan atau semacam add-on.   Layanan tambahan tersebut adalah Perlindungan antivirus Trend Micro, paket layanan panggilan internasional senilai Rp 50.000/sebulan untuk 100 menit, streaming gratis selama setahun di Melon.co.id, dan layanan Home Automation. Penambahan layanan ini mmembuat paket yang ditawarkan oleh Indihome bukan lagi QuadraplePlay tetapi OctuplePlay (8 layanan).

Antivirus untuk Perlindungan Data
Antivirus untuk Perlindungan Data

Catatan tentang OctuplePlay ini tidak semua bisa dinikmati dalam satu paket. Kalau tidak salah, khusus Home Automation, perlu biaya tambahan. Untuk diketahui, Home Automation adalah layanan surveillance camera. Layanan ini memungkinkan pengguna memantau keadaan rumah lewat kamera yang terpasang. Nantinya pengguna cukup memantau keadaan rumah lewat dimanapun menggunakan aplikasi yang terpasang di perangkat mobile. Telkom juga menyebut layanan ini sebagai Indihome View.

Memantau Rumah dengan Aplikasi Mobile
Memantau Rumah dengan Aplikasi Mobile

Dari layanan tambahan ini, saya baru menikmati fasilitas layanan streaming di Melon.co.id. Nah, untuk pertamakalinya saya tidak merasa bersalah untuk streaming lagu. Pasalnya,  Melon.co.id adalah layanan yang menyediakan lagu untuk download dan streaming secara legal.  Saya menikmati layanan ini dengan gratis, sementara jika  yang bukan pelanggan Telkom IndiHome,  harus mengeluarkan dana untuk download dan streaming. Untuk diketahui, lagu-lagu di Melon.co.id jumlahnya sudah mencapai 10 juta lebih dan saya  bisa menikmatinya secara gratis selama 12 bulan. Menyenangkan bukan?

Streaming Lagu (Legal) di Melon dengan Gratis Selama 1 Tahun
Sedang Menikmati Streaming Lagu (Legal) di Melon dengan Gratis Selama 1 Tahun

Telkom Indihome juga memiliki promosi lain yang pastinya akan disukai. Pertama, Indihome Movie Card. Kartu ini berfungsi sebagai tiket untuk menonton bioskop dengan saldo Rp 150.000. Kedua, Voucher belanja senilai Rp 50.000 dari Blanja.com. Kedua benefit ini bisa didapatkan setelah berlangganan Indihome.

Kalau Mau Nonton Gratis Berlangganan IndiHome Nanti Dapat Kartu Ini
Kalau Mau Nonton Gratis, Berlanggananlah IndiHome Nanti Dapat Kartu Ini

 

Layanan yang Sangat Direkomendasikan

Apa yang ditawarkan oleh Telkom ini, saya acungi jempol. Pasalnya, Telkom menghadirkan hiburan dan kebutuhan manusia modern dalam satu paket layanan. ISP mana lagi coba yang menghadirkan layanan serupa seperti yang dimiliki oleh Telkom? Saya pernah membandingkan dengan salah satu ISP lainnya. Perusahaan tersebut juga menawarkan internet dan TV Kabel. Tapi jika dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh Indihome, saya bisa bilang Indihome lebih unggul. Dengan harga promo yang terjangkau, calon pelanggan tidak hanya mendapatkan TV Kabel dan internet saja tetapi juga Wifi.id, voucher belanja, panggilan internasional murah, streaming gratis secara legal, antivirus terbaik untuk melindungi data, dan kesempatan untuk mendapatkan jalan-jalan ke luar negeri.   Belum lagi, paket internet yang ditawarkan adalah paket internet super cepat yang akan membuat pelanggannya puas untuk download maupun upload file atau data berukuran besar. Berikut gambar paket internet yang ditawarkan Indihome.

 

Pilihan  Kecepatan Fibert Optik dari Indihome
Pilihan Kecepatan Fibert Optik dari Indihome

Berapa harga paket layanan Indihome ini? Untuk informasi harga ini belum tercantum di situs Indihome.co.id. Untuk daerah Jakarta dan Bandung saja, harganya berbeda. Jika memang tertarik dengan paket Indihome ini, bisa langsung ke situsnya. Dan setelah konfirmasi, bisa tanyakan harganya. Catatan, saat ini Telkom masih membangun jaringan kabel fiber optik. Artinya, semua daerah belum bisa menikmati layanan ini. Jika ada daerah yang belum mendukung kabel fiber optik, maka pilihannya adalah menggunakan paket Indihome dengan layanan internet non fiber optik. Bila nanti kabel fiber optik sudah hadir, maka layanan internet  tersebut akan digantikan dengan kecepatan internet fiber optik. Saya sendiri sangat puas dengan paket Indihome ini. Tidak hanya kecepatan internetnya, tetapi jgua hiburan serta benefit yang didapatkan sangat bagus.

Segera gabung dan berlangganan Indihome! Kalau ada yang mau ditanyakan, yuk tanyakan di komentar

Kalau bisa internetan dengan teknologi kabel fiber optik, kenapa harus pake ISP sebelah?

Sumber Gambar : Indihome.co.id
Klik Gambar untuk Melihat Gambar Lebih Jelas

 

Advertisements