Pada posting sebelumnya, saya sudah membahas tentang Telkom IndiHome. Tulisan kali ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya. Tapi yang akan saya bahas kali ini adalah pengalaman menggunakan internet dari Telkom IndiHome serta sedikit bicara tentang pelayanannya.

Sebelum bercerita tentang pengalaman menggunakan internet dari layanan Indihome, saya akan cerita dulu tentang layanan internet rumah dari Telkom. Semua orang pasti mengenal brand yang dinamakan Speedy.

Brand ini banyak dikenal dan mungkin bagi sebagian orang jadi kenangan dan bagi sebagian orang masih tetap bertahan.

Brand dengan nama yang menjanjikan kecepatan tinggi tetapi kadang sering sedikit dimaki. Mereka itu kurang puas karena Speedy tak secepat namanya. Bahkan, di forum-forum ada julukan baru buat Speedy, yakni Slowdy.

Waktu itu, saya juga pelanggan Speedy. Dengan kecepatan untuk paket rumahan, masih cukup puas meskipun kadang dibuat kesal karena pada jam-jam tertentu akses internetnya sering lamban.

Tapi sebenarnya, ini semua bukan sepenuhnya salah Telkom. Toh, seorang teman yang memakai Speedy dengan paket yang lebih tinggi, cukup puas dengan kecepatan Telkom.

Mungkin yang maki-maki itu ingin paket murah tetapi dengan kecepatan stabil dan tidak membuat “naik darah” alias kesal untuk sekadar streaming Youtube maupun download video.

Intinya, ingin produk murah tapi dapat kecepatan akses internet yang tinggi. Siapa yang tidak mau coba?

Ketika  ISP lain menawarkan produk layanan paket internet seperti ini, merekapun pindah.

Saya?

Ternyata saya masih setia dengan Speedy meski sering dikecewakan. Contohnya, lambatnya respon jika ada masalah tekni.

Waktu itu, saya lupa tepatnya tetapi sekitar tahun-tahun sebelum tahun 2012, respon pihak Telkom terkait gangguan teknis cenderung lambat.

Katanya teknisi akan datang paling lambat tiga hari setelah saya menelepon tetapi teknisi tidak datang atau kadang datang setelah tiga hari. Hal Ini yang membuat banyak pihak merasa kurang puas dengan Telkom. speedy indihome

Evolusi dari Speedy

Tapi cerita Speedy ini cerita lama. Cerita basi. Telkom lebih sigap sekarang. Respon Telkom untuk gangguan teknis juga lebih cepat.

Pernah suatu ketika di minggu yang cerah, kabel telepon terputus karena ada truk yang melintas memutuskan kabel yang menggantung yang tidak terlalu tinggi.

Saya langsung menelepon Telkom dan beberapa saat kemudian muncul sang teknisi memperbaiki masalah ini.

Gangguan di lain waktu, saat saya tidak bisa mengakses internet. Begitu menelepon ke 147 dan menjelaskan permasalahannya, sang Call Center Officer dengan sigap melayani dengan baik.

Melakukan apa yang dia perintahkan dan seketika akses internet kembali lancar.

Peningkatan kualitas layanan Telkom ini merupakan satu hal yang patut diacungi jempol.

Terutama, untuk produk yang bernama Indihome.

Indihome bukanlah produk properti atau bisnis rumahan yang dihadirkan Telkom seperti yang saya kira sebelumnya.

Produk ini bisa dikatakan sebagai evolusi dari Speedy. Bahkan, saya bisa mengatakan produk ini sebagai super evolusi.

Mengapa super evolusi?

Karena Telkom Indihome tidak hanya menghadirkan layanan internet saja, tetapi juga mengintegrasikan telepon rumah, TV Kabel, seperti yang sudah pernah saya bahas di posting sebelumnya.

Kecepatan Internet yang Bagus

Bagaimana dengan kecepatan Telkom Indihome ini? Sebenarnya Telkom Indihome ini memiliki dua layanan paket internet.

Pertama adalah paket jaringan Fiber To The Home ( FTTH). Teknologi ini menggunakan kabel fiber optik yang sangat memungkinkan transfer data sangat cepat Kabelnya dibuat dengan teknologi yang mampu mentransfer data seperti kecepatan cahaya.

Bahkan, kabelnya sangat tahan terhadap frekuensi liar dan mampu mentrasnfer data hingga 2500 lebih tanpa memerlukan alat repeater lagi. Dan yang penting, kabel fiber optik sangat aman dari serangan petir.

Paket Internet dengan Kabel Fiber Optik
Paket Internet dengan Jaringan Fiber To The Home

Layanan kedua adalah layanan internet yang tidak menggunakan jaringan Fiber To The Home. Ini adalah layanan paket internet biasa dari Telkom.

Layanan ini dihadirkan untuk pelanggan yang di kawasannya masih belum mendukung kabel fiber optik. Jenis kabel yang digunakannya adalah jenis kabel tembaga, yang mirip dengan kabel dari jaringan ISP lainnya.

Paket Internet dengan Jaringan Non-Fiber To The Home
Paket Internet Standar

Nah, sayangya, daerah saya ini belum termasuk kawasan yang sudah mendukung jaringan Fiber To The Home. Artinya, saya masih menggunakan paket biasa.

Untuk paket ini ada empat pilihan paket. Keempat paket tersebut adalah 1Mbps, 2Mbps, 3Mbps, dan 5Mbps.

Saya sendiri menggunakan paket 3Mbps. Paket ini sebenarnya sudah cukup. Kecepatannya juga sangat bagus. Berikut hasil tes kecepatan internet 3Mbps di kawasan saya.

Tes Speed
Kecepatan Paket Standar 3Mbps

Saya sebenarnya sudah tidak sabar ingin menggunakan jaringan dengan kabel fiber optik. Tapi, tampaknya tidak lama lagi jaringan fiber optik akan sampai di kawasan saya.

Pasalnya, komplek yang dekat dengan kawasan saya sudah terpasang jaringan fiber optik. Mudah-mudahan disegerakan yah. Amin.

Sebenarnya saya sudah tidak sabar untuk menggunakan jaringan fiber optik dari Telkom IndiHome.

Saya ingin tahu kecepatannya. Iri juga dengan teman-teman saya yang sudah memakai IndiHome Fiber To The Home. Contohnya, teman saya Mas Gome, atau nama lengkapnya Gunadi Surya Gomewijaya, seorang ahli internet markerting.

Beliau berlangganan paket IndiHome dengan kecepatan 10Mbps. Beliau pun menunjukan hasil tes kecepatannya. Luar biasakan kecepatannya. Untuk download sangat tinggi dan untuk upload juga sudah cukup lumayan. Berikut gambaran kecepatannya

Tes Kecepatan
Kecepatan Paket IndiHome Fiber Optik 10Mbps

Simpulan

Secara keseluruhan, saya merasa puas dengan layanan internet dari Telkom, terutama paket IndiHome yang sedang digancarkan oleh Telkom ini.

Awalnya, memang waktu awal berlangganan, saya merasa sedikit dikecewakan. Tapi belakangan, berkat produk terbarunya, Telkom juga meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik.

Hal ini terbukti dengan cepat tanggapnya pihak Telkom jika ada kendala. Teman saya, Mas Gome juga sangat puas dengan pelayananan dari Telkom IndiHome ini.

Akhir kata, saya berharap, Telkom IndiHome di seluruh kawasan, terutama kawasan saya.   Aapalagi, saya yang kerja bergantung pada internet sangat membutuhkan kecepatan internet yang benar-benar cepaat dan stabil. Yang saya gunakan saat ini sebenarnya sudah cukup tapi kan ga ada salahnya, kalau saya menginginkan yang lebih cepat lagi. Hehehe.

Update:
Sekitar Oktober 2015, di rumah saya sekarang sudah terpasang Indihome bukan lagi Speedy. Dan kecepatan internetnya memang sudah stabil. Pelayanan sudah cukup baik meski kerap kari kurang respon 

Advertisements