Berat badan seolah seperti sebuah masalah besar. Begitulah pikiran saya saat mulai tahu kalau tubuh ini semakin membengkak tiap tahunnya. Padahal menjelang akhir tahun, saya selalu punya resolusi untuk menurunkan badan. Tapi resolusi itu tak kunjung selesai

Bagi saya, berat badan sebenarnya bukan masalah. Tapi orang-orang yang mungkin peduli dan tahu badan saya saat kurus mulai bicara agar saya berolaharaga.

Saya mengamini saran mereka bagus tapi kadang di satu titik, saya kadang merasa bodo, ngapain mikirin berat badan saya?

Mau dikatakan beruang pun tak masalah, toh istri saya akhirnya istri masih sayang sama saya. Cintanya tak luntur saat berat badan saya di angka 80 dan di angka 90 saat sekarang.

Tapi ini bukan soal kata orang, bagaimanapun orang bicara kita yang menjalani. Pada akhirnya saya menyadari alasan saya untuk diet. Semua untuk soal kesehatan. Karena berat badan yang berlebih memang identik dengan penyakit. Yap, berat badan berlebih akan membuat badan kita rentan sekali kena penyakit.

Kerugian Memiliki Berat Badan Berlebih

Selain soal penyakit, ada kerugian lain saat berat badan naik, yaitu

1. Mendengkur

Istri saya bilang saya tidur sangat berisik. Bukan cuman istri tapi teman saya di kantor waktu sesekali saya nginep di kantor bilang kalau saya mendengkur keras. Tentu saya gak terlalu masalah tapi kasian mereka yang keganggu dengan suara ngorok saya.

2. Badan yang terasa berat

Namanya juga badan yang tidak kurus, kemana-mana bawaanya terasa berat bahkan untuk sekadar naik tangga, tiap pundak tangganya terasa seperti diinjak gajah.

3.  Tukang Makan yang Serba Salah

Yang ini sudah jelas, ketika kita makan banyak porsi, orang-orang nganggap dasar tukang makan. Tapi lain cerita ketika kita makan sedikit, maka reaksinya adalah

“Lagi diet yah?”

Kan jadi serba salah.

4. Pakaian yang sudah sempit

Berat badan yang besar plus perut yang makin buncit malah buat pakaian yang saya punya jadi terasa kekecilan. Ukuran XL pun jadi terasa seperti ukuran S.

Cari koleksi baju baru pada akhirnya harus pintar-pintar juga. Cari yang pas, banyak koleksinya, dan banyak koleksinya.

Untuk yang satu ini, Zalora jadi andalan. Apalagi jelang Harbolnas Desember atau akhir nanti biasanya banyak diskon yang menarik.

Makanya nanti saya tak mau ketinggalan menikmati promo 1212 hanya di Zalora.

 

5. Dianggap Pemabuk

Ini yang paling menyebalkan. Saya tidak merokok dan tidak minum minuman keras tapi karena perut saya buncit, saya beberapa kali dianggap tukang minum alkohol. Padahal saya buncit yah karena sering makan,.

Usaha Menurunkan Berat Badan

Karena 5 poin diatas sangat merugikan, makanya saya selalu berusaha untuk menurunkan berat badan. Meskipn kadang usaha ini sering tidak konsisten. Tapi untuk resolusi thaun depan (2018), saya berusaha sekuat tenaga untuk setidaknya berat badan saya turun. Yang paling penting adalah berat badan yang mengecil.

Nah, karena itu, bagi teman-teman pembaca yang juga ingin menurunkan berat badan. Mari sharing yuk bagaimana usaha teman-teman dalam menurunkan berat badan. Baik yang sudah dilakukan maupun yang belum dilakukan.

Dan ini adalah usaha saya yang mungkin juga bermanfaat buat teman-teman yang sedang berusaha  menurunkan berat badan.

1. Minum Air Putih

Kunci utama dalam menurunkan berat badan adalah memperbanyak air putih dan mengurangi minuman kaleng atau minuman lain seperti kopi, susu, soda dan sejenisnya (ingat yah mengurangi bukan tidak boleh).

Dengan banyak minum air, tubuh akan terasa lebih kenyang, dan mata takan lagi tergoda melihat gorengan, ayam goreng, martabak, apalagi makanan lemak lain yang selalu mengundang selera. Banyaklah minum air putih agar perut kenyang dan tak tergoda hal tersebut.

2. Olahraga

Buat kamu yang sering duduk (baca: pekerja kantoran atau pekerja yang sering depan komputer, atau supir), jangan sering duduk. Lakukan olahraga agar terjadi penyeimbangan tubuh. Olahraga apa? Yah apa saja yang sekiranya membuat tubuh berkeringat. Untuk awal bisa dengan lari pagi atau jika punya kegiatan dengan teman, seperti futsal, basket, badiminton, maka lakukan.

Jika ingin optimal dalam menurunkan berat badan dan membentuk otot, bisa dengan pergi gym untuk angkat beban. Atau kalau mau yang lebih murah  lakukan olahraga O7w. Bagi yang belum tahu O7W itu seperti apa, cek video berikut

3. Pintar Memilih Makanan

Jika ingin mendapatkan hasil memuaskan, maka selanjutnya adalah mulai memilih makanan. Contohnya mengganti nasi putih dengan nasi merah. Lebih banyak makan sayur dan buah-buahan dan tentu menghindari konsumsi makanan lemak yang berlebih. Dan yang paling penting adalah lebih banyak asupan yang memiliki serat.

 

4.  Minum Jeruk Nipis Tiap Pagi

Jeruk nipis mengandung vitamin C. Vitamin C dalam jeruk nipis akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak. Efeknya akan membuat berat badan lebih cepat turun. Karena itu, konsumsi jeruk nipis, terutama tiap pagi. Saya pun berencana untuk mencoba meminum jeruk nipis tiap pagi.

5. Memilih Metode Diet

Ada banyak metode diet yang bisa dicoba.  Ada diet karbo, diet mayo, diet keto, dan diet OCD. Saya pernah melakukan diet OCD dan cukup berhasil dan menurunkan berat badan. Tapi kemudian setelah berhenti malah naik. Karena itu, jika ingin melakukan diet, sebaiknya diet bukan sebuah tugas tapi sebuah gaya hidup yang mesti dijalani.

Rencannya saya akan diet OCD lagi. Diet ini paling cocok buat saya karena saya masih bisa tetap makan makanan kesukaaan asal tidak berlebihan. Tujuannya jelas agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

 

Memang paling sulit adalah konsisten untuk melakukan diet. Tak jarang saya selalu gagal untuk menurunkan berat badan. Tapi dengan menuliskan ini, setidaknya saya sudah berjanji untuk mencoba menurunkan berat badan lagi. Semoga bisa konsisten.

Sumber cover gambar : Flickr

Advertisements