mobil bekas

Cara Membeli Mobil Murah Baru Atau Second Agar Tetap Mendapatkan yang Berkualitas

Kebutuhan akan sarana transportasi pribadi yang nyaman dan aman menjadi semakin tinggi seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat. Mobil dinilai merupakan sarana transportasi yang bisa diandalkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan anggota keluarga.

Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan pasar, para produsen mobil pun menjawabnya dengan menciptakan berbagai varian mobil. Dari yang berharga mahal hingga yang paling terjangkau kini bisa dimiliki masyarakat sesuai dengan daya beli masing-masing.

Mobil murah yang paling banyak diminati karena lebih terjangkau namun tetap modern dan bermanfaat. Jenis mobil ini kebanyakan adalah city car atau mini car dengan kapasitas penumpang terbatas. Akan tetapi jika Anda ingin memiliki sebuah mobil berkapasitas lebih besar dengan harga yang tak terlalu mahal, berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkannya.

City car memang saat in menjadi trend dengan semakin banyaknya orang yang memiliki mobil mini tersebut. City car merupakan mobil dengan harga paling terjangkau dibanding kelas mobil lainnya.

Sayangnya jenis ini memiliki kapasitas penumpang yang sangat terbatas demikian juga dengan kapasitas bagasinya. Oleh karena itu bagi mereka yang memiliki keluarga besar dengan jumlah anggota lebih dari 4 orang, penggunaan city car ini akan kurang nyaman meski harganya terbilang murah.

Mobil jenis MPV bisa menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki keluarga besar karena bisa mengangkut hingga 8 penumpang. Tetapi memang harga untuk seri MPV jauh lebih mahal dibandingkan city car karena juga menggunakan mesin yang berbeda.

mobil second
via https://pixabay.com/p-2368204/

Bagi Anda yang ingin membeli mobil murah seri MPV, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Membeli di akhir tahun.

Di akhir tahun dealer mobil baik baru maupun second sering melakukan promosi akhir tahun dimana harga mobil diberikan diskon yang cukup lumayan. Bukan hanya para dealer saja namun juga perusahaan leasing juga bisa memberikan keringanan angsuran atau uang muka untuk meningkatkan penjualan dan menutup target sales yang ditetapkan perusahaan. Karenanya akhir tahun menjadi saat yang tepat jika Anda ingin membeli sebuah mobil, kendaraan, alat elektronik dan berbagai kebutuhan lainnya dengan harga lebih terjangkau.

2. Membeli merk non favorit.

Cara kedua adalah dengan membeli mobil dari merk non favorit. Perbedaan harga untuk mobil dengan tipe sama dari merk favorit dengan non favorit sangatlah besar. Padahal dari pengalaman pengguna lainnya, tak banyak perbedaan yang terjadi berdasarkan penggunaan, kehandalan dan kualitasnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah tempat layanan service merk non favorit tersebut haruslah sudah tersebar di kota Anda begitu juga dengan sparepartnya untuk memudahkan ketika mobil membutuhkan perawatan.

3. Membeli second dari pengguna pertama secara langsung.

Jika Anda tak memiliki masalah dengan membeli mobil bekas, maka Anda bisa membeli mobil second langsung dari pemilik lamanya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan mobil baru. Akan tetapi sebelum membeli Anda harus melakukan survey harga terlebih dahulu untuk memastikan harga jual sesuai dengan pasaran dan kondisi mobil.

Cara-cara di atas bisa Anda terapkan jika ingin memiliki mobil murah dengan kualitas yang baik untuk keluarga besar. Tak harus membeli mobil baru dari merk terkenal asalkan penggunaan mobil tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan. Yang paling penting agar mobil awet dan selalu handal adalah perawatan berkala yang harus selalu dilakukan baik dari cara mengemudi hingga oleh teknisi berpengalaman.

 

Advertisements

21 thoughts on “Cara Membeli Mobil Murah Baru Atau Second Agar Tetap Mendapatkan yang Berkualitas

  1. Nah embeli di akhir tahun itu jg banyak disarankan, solanya tahun barunya keluar seri baru.
    Hmm bisa jg beli mobil second didealer2 terpercaya yg akhir2 ini marak jg kali ya mas 😀
    TFS tipsnya

  2. Aku tambahin ya, membeli di PRJ. Soalnya kmaren suamiku beli pas PRJ dapat diskon tambahan. Lumayan jadinya.
    Tapi harus rajin ngebandingin harga ya.

  3. Enaknya kalo beli bekas tapi masih berkualitas ya rasanya bahagia banget 😀 tapi ya gitu, kudu tetep hati2 soalnya banyak yang matok harga tinggi tp udah rusak sana sini huhu

  4. saya juga pengen beli mobil sih mas.. tapi ya itu sesuai tips mas, mending di akhir tahun aja karena biasanya ada diskon besar-besaran.. Kan masih mending beli baru daripada second karena kita gak perlu mikir biaya perawatan setidaknya selama 2-5 tahun setelah pembelian

  5. Suami aku niih….hobi banget nge-poin mobil second yang “gak pasaran”.
    Akhirnya kami memutuskan ((hahha…bismillah, kalau ada rejeki…)) suami Audi SX-8, mamak mini-cooper)).

    Bahagianya aja bisa berkhayal bersama…
    ^^

  6. Saya sedang mencari mobil juga,,, namun banyak yang menyarankan cari yang langsung pemakainnya jangan dealer atau calo lainnya.. katanya sih biar sama sama enak dari kualitas sama tawar menawar nya hihi

  7. iya bener nih poin tentang beli dari tangan pertama
    pengalaman sy begitu
    lebih merasa percaya karena tahu siapa pemakainya
    sy beli mobil second dr tangan pertama
    yg punya anak gadis…kilometernya masih seribuan
    jarang dipake..sepertinya hanya digunakan tuk belajar aja
    dia jual krn ganti mobil
    alhamdulillah dpt mobil bagus

  8. wah. kalo beli merk non favorit agak susah ya. b iasanya justru yg cari yg favorit. ehtapi udah punya 2 mobil city car keluaran terbaru semua sih. jadi yaudah, beli akhir tahun juga enggak membantu banget kok. malah kadang beli di awal atau tengah tahun sama aja.

  9. Nah, yang paling penting justru penggunaan dan perawatan tuh. Mengemudi dengan memperhatikan prinsip eco driving juga membantu biar mobil tetep awet. Tapi tips nya membantu, Mas. Thanks 🙂

  10. Betul tuh yang pertama, beli di akhir tahun. Jadi ingat akhir tahun kemarin banyak yang promo alias diskon jauh lagi harganya dari harga biasa. Kalu mau beli baiknya di akhir tahun aja tuh

  11. membeli mobil non favorite bisa juga tuh mas. biasanya klo mobil jarang diminati pasti harga dari mobilnya itu sendiri bakalan dimurahin biar tetap terjual daripada pasang harga mahal ga bakal laku laku deh

  12. Bener banget, beli mobil dari tangan pertama, bisa ngerasain kondisinya yang masih bagus. Apalagi dulu, ada pengalaman, beli mobil yang sangat jarang digunakan oleh penggunanya, kilometernya masih kecil, jadi serasa pakai mobil baru hehehe

  13. Mungkin itu juga kali ya alasannya kenapa waktu keluargaku beli mobil baru pas tahun baruan, harganya agak murah. Oalah, karena menutupi target ternyata. Kalo beli mobil second gitu, kadang suka takut juga sih, bagaimana mesin dan sebagainya, perlu juga sih diuji ulang mesinnya apakah masih optimal fungsinya apa gimana.

  14. haha betul tuh membeli diakhir tahun! jadi harga murah namun kualitas bagus. Hanya gara2 ada varian baru yang akan muncul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s