Jika ada satu produk elektronik yang sering saya hindari, produk itu adalah power bank. Bukan tanpa alasan. Baterai hape saya pernah rusak karena keseringan penggunaan power bank. Sejak itu, saya tak percaya lagi dengan power bank. Kalau boleh milih, saya lebih baik memilih penggunaan dua baterai. Maklum, hape pintar saya masih menggunakan abteria yang bisa dicopot.

Sangat sulit rasanya jika saya harus memakai power bank kembali. Selain karena ukurannya yang kadang berat jika dibawa-bawa, power bank juga punya suhu yang tak stabil. Sampai suatu hari, ada power bank yang membuat saya kembali percaya pada benda elekronik ini, Asus Zenpower Slim 6000mAh

Asus Zenpower Slim 6.000 mAh

asus zenpower slim box

Sesuai namanya, power bank ini punya kapasitas 6.000 mAh. Kapasitas yang tidak terlalu besar memang tapi cukup untuk penggunaan hape saya dengan kapasitas baterai yang setengah dari kapasitas power bank ini.

Asus Zenpower Slim 6.000 mAh sendiri merupakan power bank yang mudah dibawa ke manapun, dan sesuai dengan smartphone Anda. Desain power bank ini yang tampak  langsing membuat Asus ZenPower Slim mudah dipegang. Hal ini berkatbobot berat power bank yang hanya 170 saja.

Selain bobotnya yang ringan, power bank ini punya teknologi yang dinamakan ASUS PowerSafe. Teknologi ini mampu memantau suhu sekaligus juga mengendalikan voltase input dan output.

Untuk diketahui, power bank yang saya gunakan sebelumnya tidak punya teknologi seperti ini. Power bank yang saya gunakan tak punya fitur istimewa sehingga membuat arusnya tidak stabil saat saya gunakan untuk isi daya hape saya. Beda dengan Asus ZenPower Slim 6000 yang ternyata punya fitur penjaga arus sirkuit pendek.

Bagaimana rasanya menggunakan Asus Zenpower Slim 6.000 mAh ini? Berikut saya jelaskan pemaparan saya pakai produk ini. Tapi sebelumnya mari simak spesifikasi Asus Zenpower Slim 6.000 mAh

Spesifikasi Asus Zenpower Slim 6.000 mAh

– Capacity : 3.85 V / 6000 mAh
– Power : Input Power:DC(micro USB): 5 V / 2 A
– Output Power: Output 1 (embedded adapter): DC5 V / 2.4 A
– Dimensions : 110.9 x 67.6 x 14.82 mm(WxDxH)
– Weight : 170 g

Desain Asus ZenPower Slim 6000 yang Mudah Dibawa Kemana-mana

Seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya, Asus ZenPower Slim 6000 ini merupakan power bank yang punya desain kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Bentuk power bank ini kotak dengan warna merah yang mencolok (versi yang saya punya). Dengan bentuk yang slim ini, power bank lebih mudah masuk saku dan lebih mudah saat saya butuhkan saat hape saya butuh pengisian daya.

Asus ZenPower Slim 6000 hadir dengan  sekitar 11 cm x 14 cm dengan ketebalan 6 mm saja. Saat memegang power bank ini, kesan halus saya rasakan di tengan saya. Tapi terkadang permukaan power bank terasa agak licin sehingga kadang membuat saya harus hati-hati ketikaa memegang power bank ini.

asus zenpower slim

Power bank ini tidak sepenuhnya berbalut warna merah.  Terdapat bodi berwarna hitam pada bagian samping bawah, bagian yang dekat dengan logo ASUS yang tersemat di bodi power bank ini, tertulis informasi yang berkaitan dengan power bank seperti kapasitas power bank yang cukup besar. Informasi lainnya tersemat di bagian pinggir dengan tulisan yang kecil.

Pada bagian yang berlawanan juga berwarna hitam. Pada bagian ini, terdapat port USB yang digunakan sebagai output untuk mengisi daya hape. Sebelahnya terdapat micro USB yang digunakan untuk input saat power bank ini harus diisi daya lewat listrik. Nah, sebelah micro USB terdapat lampu indikator yang menandakan apakah kapasitas baterai ini penuh atau tidak. Sebelahnya algi ada tombol power.

Saya jujur suka dengan desain yang ringkas dan slim dari power bank ini. Permukaan yang agak licin masih bisa saya maklumi karena hanya kekurangan minor saja.  Bagian samping juga ringkas meski hanya satu port untuk pengisian daya. Mungkin tujuannya agar pengisian lebih stabil sehingga tidak terdapat dua port USB seperti power bank lain pada umumnya.

Mendukung Quick Charging

Kesalahan besar saat saya menggunakan power bank sebelumnya adalah tidak mengenal spesfiikasi secara detail. Saya tidak begitu memerhatikan ouput dari power bank tersebut sehingga ketika digunakan, hape saya menun jukan indikator kalau hape saya diisi daya dengan pengisian yang rendah alias bukan normal. Mungkin daya yang masuk kurang kali yah.

Nah, power bank Asus ZenPower Slim 6000 ini punya fitur quick charging. Fitur ini membantu sekali untuk hape pintar yang sudah mendukung pengisian cepat seperti punya saya.

Fitur quick charging ini terdapat daya output power bank ini yakni 2,4A. Saat saya gunakan untuk isi daya hape saya yang punya kapasitas 3.000 mAh, power bank ini mampu mengisi daya kurang dari 2 jam. Serupa dengan pengisian daya normal pada charger quick charge yang saya gunakan.

Sementara ketika diisi daya, dari lampu indikator kosong sampai penuh membutuhkan waktu yang agak lama. Mungkin sekitar 6 sampai 7 jam. Tidak ingat, yang jelas saya isi daya power bank dari pukul 09.00 malam, bangun pukul 04.000 sudah penuh.

Fitur ASUS PowerSafe Technology

Asus Powersave Technology

Klaim saya untuk kembali percaya pada power bank berkat Asus ZenPower Slim 6000 bukan klaim semata. Fitur ASUS PowerSafe Technology adalah alasan kenapa saya percaya pada power bank ini. Dengan fitur keamanan ini, baterai saya tidak mengalami gangguan. Fitur seperti pengatur temperature, over charger, maupun fitur eksklusif seperti adapter protection merupakan fitur yang suka.

Fitur-fitur tersebut selain menjaga baterai hape yang diisi daya lebih awet, fitur tersebut juga membuat power bank jadi lebih aman digunakan. Bisa dibilang fitur-fitur ini membuat Asus ZenPower Slim 6000  selangkah lebih maju dibanding power bank pada umumnya.

Keunggulan Asus ZenPower Slim 6000

Selama pemakaian Asus ZenPower Slim 6000 saya menemukan beberapa keunggulan yang akahirnya membuat saya berminat menggunakan power bank ini. Berikut keunggulan tersebut.

  1. Desain slim yang mudah dibawa kemana-mana dan terasa ringan
  2. Fitur Quick Charge 2,4 A
  3. Desain balutan merah yang cantik (Versi yang saya gunakan)
  4. Fitur Asus PowerSafe Technology yang mengontrol panas power bank dan juga saat power bank diisi daya
  5. Berdasarkan klaim Asus, power bank ini tahan lama karena sudah diuji sampai 5.000 kali. Saya percaya sih kalau power bank telah diuji sebanyak itu

Kekurangan Asus ZenPower Slim 6000

Ada kekurangan yang saya temukan selama memakai power bank ini dalam tempo tiga hari. Kekurangannya memang mayor tapi bisa jadi catatan juga

  1. Desain bodi yang licin dan perlu kehati-hatian.
  2. Hanya satu port USB untuk mengisi daya sehingga hanya bisa digunakan untuk isi daya satu hape saja. Tidak bisa dua hape saat bersamaan.

Terlepas dari kekurangan yang minor tersebut, saya menyukai power bank ini. Seperti yang saya bilang di awal, Asus ZenPower Slim 6000 telah mengembalikan kepercayaan saya terhadap power bank. Terimakasih ASUS.

Oh yah, bagi Anda yang tertarik dengan ASUS ZenPower Slim 6000, Anda bisa membeli power bank ini  dengan harga Rp 229.000.

 

Sumber foto dokumentasi pribadi

Advertisements