Bukan Sekadar Pemberian, Ada Efek Kebaikan dari Wakaf Quran untuk Negeri

Sekitar beberapa minggu sebelum saya menikah, ada teman kerja yang memberikan hadiah berupa Quran sebagai hadiah pernikahan. Quran yang ia berikan punya sampul yang bagus begitu juga dengan kertasnya.

Saya tidak terlalu ingat sih kualitasnya. Tidak begitu memerhatikan juga. Kan yang penting tulisan suci yang tertulis di kertanya untuk dibaca.

Saya baru tahu belakangan kalau ternyata kertas untuk cetak Quran itu berbeda. Hal ini baru saya ketahui ketika saya tahu ada program yang disebut Wakaf Quran untuk Negeri

Apa itu Wakaf Quran untuk Negeri

Program Wakaf Quran untuk Negeri  ini sudah berlangsung sejak tahun 2008. Kegiatannya masih berlangsung sampai sekarang. Itu artinya, kegiatan ini sudah berlangsung selama 10 tahun dan tentu bisa lebih.

Inisiasi dan dukungan program ini adalah perusahaan Asia Pulp & Paper yang merupakan perusahaan di bawah grup Sinar Mas. Untuk mempermudah, saya sebut perusahaan ini sebagai APP Sinar Mas.

Dari 10 tahun lalu tersebut, APP Sinar Mas telah menyalurkan lebih dari 800 ribu mushaf Alquran, 50.000 buku panduan membaca Alquran dan Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah.

APP Sinar Mas tidak sekadar mewakafkan Quran. Quran yang diawakafkan ternyata punya kualitas kertas yang baik. Pada titik inilah saya baru tahu tentang kualitas kertas Quran. Saya pikir kualitas Quran sama saja, ternyata beda.

Quran yang diwakafkan ternyata dicetak menggunakan tipe kertas Sinar Tech atau lebih populer sebagai Quran Paper (QPP).  Kertas QPP ini merupakan kertas yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang. Tipe kertas ini umum digunakan untuk pencetakan kitab suci dan buku agama.

Yang menarik dari QPP ini adalah tiga fakta ini., Pertama, QPP ini sudah  memenuhi sertifikat halal dari MUI alias Majelis Ulama Indonesia. Kedua, QPP telah memenuhi standar internasional ISO 9706. Dan ketiga, karena sudah memenuhi standar internasional, kertas QPP telah diekspor ke berbagai negara di Afrika dan Asia.

Kertas QPP sendiri merupakan tipe kertas yang dikembangkan pada kisaran awal 2000 an, sekitar 2002-2003. Ketika itu IKPP Tangerang tengah berinovasi mengembangkan dan memasarkan kertas bewarna, yang diantaranya bewarna pastel atau creamish paper. 

Seiring berkembanganya waktu, tipe kertas QPP mengalami peningkatan kualitas. QPP juga akhirnya masuk ke pasar Timur Tengah. Saat itu tak ada nama atau sebutan khusus untuk tipe kertas Quran ini.

Suatu hari, klien dari Pakistan mengeluarkan ide untuk menamai tipe ketas tersebut. Dari sinilah lahir nama Quran Paper. Untuk memenuhi ketentuan ekspor, Quran Paper harus memakai 3 huruf, maka dipilihlah nama QPP.

QPP Sinar Tech ini diproduksi oleh PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill. Tipe kertas QPP ini adalah tipe kertas berwarna dengan tekstur yang punya tingkat kehalusan sangat tinggi dan tidak berbayang ketika dicetak bolak-balik.

Kebaikan dari Program Wakaf Quran untuk Negeri

Dari pemaparan soal kualitas Quran tersebut, saya perlu mengapresiasi Sinar Mas yang  memberikan Quran dalam kualitas yang baik.  Jadi, bukan sekadar memberi Quran dengan kualitas kertas ecek-ecek. Dari hal ini saya dapat pelajaran penting tentang pemberian.

Istilahnya kalau mau buat berbuat baik dengan memberikan sesuatu, sekalian memberi yang terbaik. Jangan yang asal! Mentang-mentang untuk orang lain.

Dengan niat pemberian yang baik, ternyata akan memberikan dampak kebaikan juga. Hal inilah yang saya lihat dari program Wakaf Alquran untuk Negeri ini. Dengan dilatarbelakangi bahwa di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia ternyata masih membutuhkan 2 juta Quran tiap tahunnya. Dan Sinar Mas tergerak untuk memberikan kontribusi nyata pada negeri dengan program wakaf Quran ini.

Salah satu yang merasa terbantu dari program wakaf Quran ini adalah Bambang. Bambang adalah seorang pemuda 17 tahun. Ia tak seperti pemuda 17 tahun lainnya yang sering galau karena soal percintaan dan eksis di Medsos.

Bambang adalah representasi generasi remaja yang bisa jadi contoh baik. Ia adalah tipikal remaja yang peduli dengan pendidikan Al-Quran.

Bambang ini mengajar di salah satu pesantren dengan jumlah Quran yang terbatas tapi berkat wakaf Al-Quran dari Asia Pulp & Paper Sinar Mas membuat para santri di pesantren tersebut kini lebih mudah belajar Agama. Kisah Bambang ini dapat dilihat dari video Youtube berikut ini.

Bambang adalah contoh yang mendapat kebaikan dari Wakaf Al-Quran. Ia menerima kebaikan dan memberikan manfaat kebaikan itu juga pada orang lain lewat belajar mengaji di pesantren.

Bambang hanyalah salah satu contoh kecil. APP Sinar Mas juga mendonasikan Al Quran Braile yang ditujukan kepada umat muslim yang berkebutuhan khusus di Tanggerang pada Medi 2018. Tentu saja teman-teman berkubutuhan khusus ini juga akan sangat terbantu dengan program ini.

kegiatan wakaf Quran kepada umat muslim yang berkebutuhan khusus di Tanggerang

Program Wakaf Al Quran juga dilaksanakan di berbagai daerah contohnya saat Sinar Mas melaksanakan Wakaf Alquran pada 25 Mei 2018 di Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur misalnya.

Dan masih banyak orang atau pihak-pihak lain yang mendapatkan Qakaf Quran dari Sinar Mas ini. Misalnya Mesjid Istiqlal, ulama-ulama yang ada di Jawa Tengah, dan lainnya. Tentu ini merupakan bagian dari program kebaikan dari Sinar Mas yang tentunya takan berhenti disini saja.

Saya pikir program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Mengingat program wakaf Quran ini sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Saya acungi dan apresiasi untuk Sinar Mas.

 

ryr4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s