Inilah Beberapa Tempat Wisata Unik Di Pulau Tidung

pulau tidung

Pulau Tidung ini merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Kepulauan Seribu, sehingga tidak aneh kalau banyak wisatawan yang mengunjunginya, baik wisatawan lokal maupun asing. Karena memang di wisata pulau tidung ini banyak sekali dan sangat menarik.

Bukan hanya itu, fasilitas yang ditawarkan pun cukup memadai dan komplit, seperti moda transfortasi, tempat penginapan, rumah makan, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa tempat wisata yang unik di Pulau Tidung yang bisa anda kunjungi sebagai berikut :

  1. Pulau Tidung Kecil

Perlu diketahui bahwa Pulau Tidung ini tidak berpenghuni. Disini anda akan melihat vegetasi hutan mangrove yang dikelola oleh pemerintah setempat. Sehingga tempat ini sangat ideal bagi anda yang ingin belajar mengenai segala hal tentang jenis tanaman bakau yang berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem di Pulau Tidung.

  1. Jembatan Cinta

Tempat wisata unik berikutnya di Pulau Tidung adalah Jembatan Cinta. Dimana jembatan ini memiliki mitos bahwa jika ada sepasang kekasih yang melintasi jembatan ini, maka hubungan asmaranya akan langgeng. Terlepas dari cerita mitos tersebut, fungsi Jembatan Cinta ini digunakan sebagai penghubung antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Selain itu,  kawasan laut yang berada di sekitar jembatan yang memiliki panjang 800 meter ini merupakan salah satu spot terbaik untuk melakukan snorkeling.

  1. Pulau Tidung Besar

Pulau Tidung Besar ini memiliki panorama alam berupa pantai dengan pasir putihnya yang sangat menakjubkan. Selain itu, di tempat ini juga anda bisa menikmati keindahan alam lainnya berupa matahari terbenam yang sangt eksotis.

  1. Pantai Saung Cemara Kasih

Di tempat ini anda bisa melakukan foto-foto selfie sambil bermain ayunana. Karena di tempat ini disediakan 5 ayunan yang bisa menjadi spot foto yang populer di Pantai Saung Cemara Kasih. Selain itu, ada juga spot pavorit yang berupa ayunan berjajar tiga dan anda harus rela untuk mengantri jika ingin menggunakannya.

  1. Makam Raja

Di Pulau Tidung ini, bukan hanya wisata alamnya saja yang sangat menarik, namun anda juga bisa berziarah dengan berkunjung ke sebuah makam bersejarah. Menurut masyarakat setempat, konon makam tersebut merupakan tempat disemayamkannya jenazah Raja Pandhota dan Panglima Hitam. Dimana, Raja Pandhita ini dianggap sebagai seorang raja yang baik hati sekaligus orang yang pertamakali menemukan Pulau Tidung ini.

  1. Watersport

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Pulau Tidung ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mumpuni, termasuk aneka pilian watersport. Di tempat ini anda akan menemukan banyak operator watersport. Selain itu, anda juga bisa menemukan banyak watersport di dekat Jembatan Cinta. Dan harga sewanya pun bervariasi, mulai dari Rp 3- ribu hingga 100 ribu, tergantung dari jenis permainan serta kepandaian anda dalam menawar. Adapun beberapa pilihan watersport yang bisa anda pilih antara lain banana boat, jetski, donut ride, flying fish, dan lain sebagainya.

  1. Taman Laut

Di tempat ini selain bisa snorkeling anda juga melakukan menyelam atau diving. Di Taman Laut ini anda akan melihat keindahan terumbu karang yang masih terjaga. Selain itu, pada saat menyelam anda akan ditemani oleh beraneka macam ikan yang cantik.

Itulah beberapa tempat wisata yang unik di Pulau Tidung yang bisa anda kunjungi. Jadi, bagi anda yang hobi snorkeling dan diving gak usah jauh-jauh pergi ke Lombok atau ke Papua, anda cukup berkunjung ke Pulau Tidung yang ada di Kepulauan Seribu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s