Kalau ada yang tanya soal rekomendasi gadget, saya bisa memberi saran. Tapi soal otomotif, saya angkat tangan. Perihal motor dan mesin, saya bukan ahlinya. Beberapa kali juga saya sering tanya soal permesinan ke teman yang memang teknisi motor. Soal merek motor atau soal oli. 

Kata seorang teman, pergantian oli itu merupakan pergantian paling krusial. Karena oli mtoro harus diganti setidaknya di 2.000 atau 3.000 km. Angka tersebut adalah rata-rata karena pabrikan oli biasanya mengeklaim paling tinggi itu umumnya di 2.500 atau 3.000 km. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi pergantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. 

Merek oli tersebut adalah X-Ten yang sering ditemukan di Planet Ban. 

oli x ten

Pengalaman Service di Planet Ban 

Ngomong-ngomong soal Planet Ban, dulu saya sering menganggap kalau Planet Ban itu hanyalah jualan ban. Dulu, sering nemu Planet Ban, yah saya pikir ini adalah tempat khusus untuk pergantian ban atau menjual ban saja. 

Ternyata, Planet Ban itu merupakan tempat yang juga bisa jadi alternatif yang baik untuk service motor. Terlebih di Planet Ban ada layanan service motor agar mesin terasa lebih baru atau dikenal sebagai sistem servis terpadu.

Servis ini tujuannya buat ningkatin performa dan ketahanan motor secara efisien dan ekonomis. Service ini fokus pada bagian vital yang jarang diservis dan dicek secara rutin.

Ini bukan klaim semata, karena saya mengalami langsung service motor di Planet Ban. Saya punya dua motor merek Y dan H. Yang merek Y pernah mengalami benturan mendadak dengan mobil yang membuat cover depan motor dan plat nomor depan lepas. 

Bengkel terdekat saat itu adalah Planet Ban. Saya meminta teknisi untuk mengakali cover depan motor dan plat nomor tersebut agar terpasang kembali. Ternyata ia menyanggupinya. 

Di hari yang lain, motor H saya yang umurnya sudah 8 tahun, harus segera maintenance. Saya coba melakukan service motor di salah satu bengkel Planet Ban. 

Pemeriksaan dan service motornya ternyata memang menyeluruh dan tidak memakan waktu lama. Namun, teknisi bilang ada beberapa spare part yang harus diganti. Saya maklumi ini karena motor H ini sudah lama tidak diperiksa ke bengkel. 

Untuk spare part motor, tidak usah khawatir karena Planet Ban punya spare part bernama X-Grade. Kelebihan X-Grade adalah kualitasnya yang setara dengan part OEM alias part original motor tersebut dijual lebih terjangkau. 

Contohnya kampas kopling ganda yang ada di gambar atas, yang saya beli untuk motor H ini ternyata diklaim bisa mencapai 20.000 km. Sedikit cerita, salah satu motor saya harus mengganti kampas kopling ganda sat kilometernya baru sampai 12 ribu, padahal itu kampas kopling ganda bawaan. 

Jadi penggunaan spare part X-Grade ini tergolong aman dan sekelas dengan part OEM alias part original motor. 

Setelah service motor, hasilnya memang bagus. Performa motor saya yang di 2023 usianya satu windu, terasa seperti motor baru. Performanya gesit dan kencang. Jadi jargon servis motor rasa baru, bukan isapan jempol belaka. Terus, teknis nya memberikan garansi selama seminggu jika ada kendala. 

Bagian yang Wajib Diperhatikan Saat Service Motor

Oh yah, saya sempat ngobrol juga dengan teknisi Planet Ban. Katanya,motor harus rajin di-service rutin biar performanya bagus meski jarang dipake jauh. Ada benernya sih pendapat dia, karena motor H saya jarang digunakan keluar, sebatas nganter anak sekolah. Jadi sempet mikir gak perlu sering-sering melakukan service. 

Namun, setelah cari tahu sana-sini, ternyata memang servis motor harus dilakukan rutin jika sudah menempuh jarak tertentu. Menurut berbagai sumber yang saya baca, pemeriksaan motor secara rutin itu bagus dan saat pengecekan ada beberapa hal yang harus diperiksa.Untuk lebih lengkapnya,bisa lihat poin-poin berikut ini. 

1. Oli Mesin

Oli mesin berperan sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Makanya, motor perlu ganti oli secara teratur sesuai jarak tempuh yang sudah dicapai. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pergantian oli itu dilakukan saat mencapai kilometer tertentu. Contohnya di 2.500 km.

Namun, X-Ten sebagai merek oli motor matic dari Planet Ban berani memberikan rekomendasi penrgantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa.

2. Oli Gardan 

Sebagia pengguna motor matic, pergantian oli gardan juga harus rutin dilakukan. Soalnya, fungsi oli gardan untuk melumasi gir yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya pakai rumus 2x ganti oli mesin, baru deh disertai dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi 

Busi adalah komponen di motor yang fungsinya untuk mengubah arus listrik koil jadi percikan api supaya mesin bisa nyala. Kalau busi enggak berfungsi baik, maka bisa bikin motor susah dinyalakan. Makanya diperlukan penggantian busi saat sedang tidak berfungsi baik. Contohnya seperti pengalaman motor saya, businya sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga teknisi Planet Ban menyarankan untuk ganti businya. Untungnya harga businya terjangkau. 

4. Kampas Rem 

Salah satu komponen di motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Kalau kampas rem udah tipis, rem pun jadi kurang mantap, dan bisa bikin bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu diperiksa saat servis motor.

Oh yah, soal kampas rem, sebaiknya hindari penggunaan spare part lokal atau yang murahan. Ini terjadi dengan motor saya. Penggunaan kampas rem lokal di rem depan ternyata berpengaruh pada rem cakram. Kalau dipaksakan terus, rem cakram bakal menipis dan rusak. 

Untung waktu service, sudah diganti dengan spare part dari Planet Ban. 

5. Filter Udara 

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran biar nggak ada kotoran yang masuk, lalu ngeblok sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan dulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu 

Tegangan pada aki idealnya ada di 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara kalau mesin nyala, maka tegangan aki ada di 13,7 – 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki nggak sesuai ketentuan itu, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau nggak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. 

Kondisi aki yang udah nggak layak harus segera diganti biar motornya bisa dipake dengna nyaman. Motor H saya di 2023 ini ganti aki pertama kalinya. Penyebabnya ternyata karena motornya jarang dipake atau setidaknya harus “dinyalakan” saja kalaupun tidak dipake keluar. 

Jadi kalau ada 2 motor di rumah, dan yang 1 motor jarang digunakan. Sebaiknya tetap “dipanaskan” agar tidak cepat ganti aki. 

7. Ban 

Pemeriksaan ban juga penting dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, sebelum pake, kondisi bannya harus diperiksa terlebih dahulu. Tapi saat servis motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (ban udah botak atau belum), dan lain-lain.

8. Tune up Motor Rutin

Servis motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berhubungan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan juga klakson. 

Poin ini sangat penting karena tune up biasanya disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Di bagian ini, harus siap dana saat ada hal yang perlu diganti karena tentu butuh biaya lagi. 

Namun, di bengkel yang berkualitas, contohnya di Planet Ban,  mekanik biasanya  menginformasikannya terlebih dahulu ke pemilik motor untuk melakukan pergantian. Kalau setuju, baru mekanik melakukan perbaikan dan pergantian.

meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, motor yang saya punya jadi punya performa yang oke. Karena itu, gak berlebihan menyebut kalau melakukan servis motor di Planet Ban tidak akan bikin sesal. Terlebih ada beberapa manfaat yang oke jika melakukan servis di Planet Ban. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut. 

  • Meningkatkan performa motor dan melindungi mesin dengan penggunaan oli dan cairan berteknologi tinggi.
  • Penggunaan sparepart asli membuat penggunaan motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli saat mencapai jarak tempuh 5000 km saja, sehingga tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis lebih hemat.
  • Membantu menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Saya pernah servis motor di banyak tempat. Di bengkel resmi merek motornya, di bengkel resmi pinggir jalan, diperbaiki di teman yang kebetulan seorang teknisi motor, dan di Planet Ban. 

Berdasarkan pengalaman saya sih, semuanya punya poin lebih. Cuman, mengaca ke pengalaman saat servis di Planet Ban, motor saya jadi terasa nyaman dipakai. Biasanya tarikannya masih kurang tapi ini oke banget. 

Ternyata service di Planet Ban punya perbedaan sendiri. Kalau servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang nempel di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering juga ketemu kotoran dan debu di blok CVT yang bikin motor jadi terasa berat.

Sementara kalau kamu ngelakuin service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau komponen mesin akan dibersihkan sampe kayak baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran jadi keliatan kayak mesin baru.

Ini juga dijelasin sama teknisi Planet Ban yang menangani motor H saya. 

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor  kayak punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih ringan, emisi turun lebih dari 70%, lebih irit BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget.  Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Untuk harga spare part nya juga lebih murah. Contohnya kampas ganda X-Grade harganya cuman 120 ribuan. Kalau yang dari pabrikan, harganya bisa mencapai 180 ribu. 

Buat para pembaca ini, saya saranin, coba sesekali lakuin servis di Planet Ban. Coba itu motornya jangan cuman dipake aja tapi juga rutin di cek yah. Terlebih kalau servis di Planet Ban bisa dapetin layanan terbaik untuk servis motor rasa baru seperti pengalaman yang saya ceritain.