Saya pernah mencoba memakai ASUS Zenfone 9 selama dua mingguan. Menurut saya, HP tersebut sangat bagus untuk kebutuhan sehari-hari. Desain yang kompak dan ringan membuat Zenfone 9 terasa punya identitas tersendiri. 

Identitas itu juga yang tampaknya dipertahankan ASUS saat rilis ASUS Zenfone 10. HP ini sudah rilis di global pada Juli 2023. ASUS Indonesia pun hadirkan resmi ASUS Zenfone 10 pada 29 September 2023.

Apa yang ditawarkan ASUS Zenfone 10 sebenarnya cukup mirip dengan Zenfone 9. Namun, Zenfone 10 bisa dibilang jadi penyempurna apa yang kurang dari Zenfone 9. Malah, Zenfone 10 terasa seperti punya peningkatan yang baik dari segala sisi. 

Keunggulan ASUS Zenfone 10 

Menurut saya, ada beberapa poin keunggulan yang ditawarkan Zenfone 10. Berikut poin-poin tersebut. 

1. Desain Ringkas dan Ramah Lingkungan

ASUS ZENFONE 10

ASUS Zenfone 10 mengadopsi dan memperhalus desain yang telah ada pada Zenfone 9. Seperti yang sudah saya bilang, HP ini masih tetap mempertahankan identitas desain ringkasnya. 

HP ini juga menjaga ciri khas frame rata dan penempatan lensa kamera belakang. 

Yang berbeda, Zenfone 10 hadirkan Mengadopsi posisi baru untuk teks dan logo di bagian belakang.  Desainnya kini lebih minimalis, namun tetap keren. Malah warna yang ditawarkan cenderung unik dan beda dengan HP lain.

Zenfone 10 hadirkan lima pilihan warna yang elegan dan modern, dengan tiga di antaranya terinspirasi dari kosmos. 

Adapun, pilihan warna tersebut yakni Midnight Black, Starry Blue, Aurora Green, Comet White, dan Eclipse Red.

ASUS ZENFONE 10

ASUS juga mempertimbangkan aspek keberlanjutan dengan menggunakan bahan polikarbonat berbasis bio dan kemasan yang ramah lingkungan.

Dengan dimensi yang relatif sama dengan pendahulunya, Zenfone 10 mengemas ketebalan 9,4 mm dan berbobot 172 gram, menjadikannya pilihan yang kompak dan ringan.

PIlihan warna yang menarik, desain yang ramah lingkungan atau Eco Friendly, berpadu pada sebuat perangkat ringkas bernama Zenfone 10. 

2. Sertifikasi IP68, Tahan Air

ASUS ZENFONE 10

Zenfone 10 punya sertifikasi IP68. Sertifikasi tersebut menjamin HP ini tahan terhadap debu. Ini berarti, seluruh sisi serta tahan terhadap air tawar hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit.

Fitur ini sangat penting demi menjaga perangkat tetap berjalan meski ASUS Zenfone 10 terkena hujan cukup deras atau tidak sengaja jatuh ke air tawar. Jika hal ini terjadi, pengguna tidak perlu khawatir, karena sertifikasi IP68 menawarkan perlindungan yang oke. 

3. Tampilan Visual Menakjubkan, Super AMOLED 144 Hz

ASUS ZENFONE 10

Karena desainnya yang ringkas, otomatis membuat layar yang ditawarkan tidak sebesar HP Android zaman sekarang yang rata-rata punya layar 6,5 inci ke atas. 

Dengan bentang layar 5,92 inci, Zenfone 10 tawarkan pengalaman vsiual yang tetap oke meski bisa dibilang layarnya mungil. Tapi ini bisa jadi kelebihan sendiri karena layar yang lebih kecil bisa memuat detail yang lebih tajam. 

Apalagi Zenfone 10 memakai panel layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+. Layarnya juga mendukung refresh rate hingga 144Hz dalam kondisi tertentu. Tersedia juga fitur HDR10+ yang membuat  pengalaman visual yang memuaskan untuk kebutuhan hiburan dan produktivitas.

Layar Zenfone 10 tawarkan visual yang ditingkatkan dibanding generasi sebelumnya. Layarnya ini hadirkan warna-warna yang hidup dan akurat dan hasilnya terasa lebih realistis. Ini semua bisa tercapai karena ASUS bekerjasama dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka, Pixelworks®. 

Tidak ketinggalan, bagian layarnya dilengkapi proteksi Gorilla Glass Victus. 

4. Performa yang Optimal dengan Snapdragon® 8 Gen 2 

ASUS ZENFONE 10

Peningkatan yang besar dibanding generasi sebelumnya, jelas ada di performa. ASUS Zenfone 10 diotaki Qualcomm® Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform, RAM LPDDR5X, dan storage tipe UFS 4.0.

Kombinasi ini hadirkan pengalaman HP yang lebih gegas. Bermain gim dengan grafis berat pun tidak jadi soal. Genshin Impact, Honkai Star Rail, PUBG Mobile, dan gim berat lainnya bisa dijalankan dengan lancar dan tanpa kendala. 

Terlebih, ASUS Zenfone 10 juga tawarkan pengalaman multitasking yang nyaman berkat RAM 16 GB degan storage 512 GB. 

Ada juga varian RAM 8 GB degan storage 128 GB yang bisa jadi opsi menarik jika dana yang dimiliki hanya di Rp8 jutaan. Varian ini juga sudah tergolong cukup untuk mendukung aktivitas para penggunanya. 

Berkat performa yang kencang, ASUS Zenfone 10 jadi HP yang ideal  bagi mereka menginginkan ponsel dengan performa tinggi dalam form factor yang kecil.

5. Kamera yang Canggih dan Stabil 

ASUS ZENFONE 10

ASUS Zenfone 10 hadirkan kamera yang oke di segala sisi. Kamera depannya hadir dengan 32 MP yang oke untuk selfie. Kamera depan ini hadir dengan sensor RGBW juga menjamin hasil foto selfie yang berkualitas tinggi, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Di bagian belakang, tersemat kamera ultrawide 13 MP dan kamera utama 50 MP. Kamera utamanya ini memakai sensor IMX766 50MP, yang dikenaln sebagai sensor yang baik untuk menangkap kamera. 

Kamera belakangnya ini juga dilengkapi  fitur 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 with Adaptive EIS yang akan membuat hasil video lebih halus ketika posisi pengambilan sambil bergerak.

Fitur penstabilan ini melengkapi dua mode penstabilan yang sebenarnya sudah hadir di generasi sebelumnya, yakni penstabilan secara hardware dengan OIS saja, serta Hyper-steady, yang cropping-nya paling banyak. 

Kameranya juga sudah dilengkapi fitur perekaman video sampai 8K untuk kamera utama 50 MP Sementara kamera depan, punya kemampuan merekam video 1080p 30 fps. Yang menarik, kamera ultrawide Zenfone 10 bisa merekam video 4K 30 fps.

6. Kualitas Suara Stereo Imersif

ASUS ZENFONE 10

ASUS Zenfone 10 menawarkan pengalaman audio imersif dengan speaker stereo yang didukung oleh teknologi Dirac Virtuo, menghasilkan suara dengan kualitas tinggi dan elemen bass yang mendalam. 

7. Daya Tahan Baterai yang Impresif

ASUS ZENFONE 10

Meski ringkas, Zenfone 10 memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, dengan peningkatan hingga 12,9% dari model sebelumnya. Ditambah lagi dengan fitur pengisian cepat 30W HyperCharge dan dukungan pengisian nirkabel 15W Qi, memastikan pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya saat di luar rumah.

8. Kecerdasan Buatan

ASUS ZENFONE 10

Fitur-fitur AI yang canggih memungkinkan penyesuaian UI dan fitur kamera pintar, membuat Zenfone 10 dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, menciptakan pengalaman yang intuitif dan personal.

Harga dan Varian ASUS Zenfone 10 di Indonesia

ASUS ZENFONE 10

ASUS Zenfone 10 tersedia dalam dua varian dengan harga Rp 8.999.000 untuk model 8GB/128GB, dan Rp 11.999.000 untuk model 16GB/512GB. Terdapat juga promo khusus selama periode Launch Sales Promo dari 29 September hingga 15 Oktober 2023, yang memberikan diskon dan bundling spesial.

Untuk promonya sendiri hanya ada berlaku di tempat berikut ini.

Offline: ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUSAuthorized Dealer
Online: Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store

Simpulan ASUS Zenfone 10

ASUS Zenfone 10 menurut saya adalah sebuah HP yang punya identitas khas yang tidak dimiliki zaman sekarang. Identitas itu adalah HP ringkas dengan performa yagn ganas.

Bisa dibilang HP ini hadirkan performa, fitur, dan estetika yang sering kali hanya ditemukan pada perangkat yang lebih besar dan lebih mahal.

Dengan desain yang stylish, performa kuat, dan teknologi kamera terdepan, Zenfone 10 siap memenuhi kebutuhan pengguna modern di Indonesia, dari gaming hingga produktivitas, dalam sebuah perangkat yang ringkas dan elegan.

Artikel ini merupakan artikel yang diikutsertakan untuk kegiatan “ASUS Zenfone 10 Blog Writing Competition“.