Lama tidak posting blog. Hari ini baru kesampaian lagi.
Image
Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang tips dan trik Facebook agar tidak dibajak oleh orang lain. Namun sebelum membahas hal tersebut, mari mengenal secar singkat terlebih dahulu apa itu Facebook? Facebook adalah situs jejaring sosial yang masih populer, terutama di Indonesia. Situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini merupakan situs jejaring sosial yang membawa perubahan pada gaya hidup maysrakat dunia. Situs yang didirikan tahun 2004 ini memudhakna penggunanya untuk saling terhubung baik dengan kenalan baru ataupun  bertemu dengan kenalan lama. 
Popularitas Facebook yang kini sudah mencapi lebih dari satu 1 milyar pengguna  berjalan beriringan dengan berbagai masalah yang dibawanya. Karena situs jejaring sosial ini  memuat hal-hal pribadi, tak jarang ada orang yang ingin tahu privasi pengguna baik sekadar iseng maupun untuk keperluan tertentu. Tidak sedikit akun Facebook pengguna yang telah dibajak atau telah di-hack. Tentu hal ini cukup mengkhawatirkan apalagi jika nyatanya  akun yang telah di-hack tersebut digunakan untuk hal yang tidak-tidak. Lalu bagaimana cara terhindar dari hal ini? Berikut diberikan tips dan trik Facebook agar aman dan tidak kena hacking.
Image
  • Memilah Teman 
Jika Anda adalah pengguna Facebook dan takut Facebook Anda diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau orang yang tidak dikenal maka sebaiknya perhatikan tips dan trik Facebook yang satu ini. Tips pertama Anda harus bisa memilih dan memilah mana yang akan jadi teman Anda. Jika ada akun yang ingin berteman dengan Anda jangan langsung aprove (terima). Perhatikan apakah dia mempunyai teman bersama (mutual friends) yang Anda kenal? Jika akun tersebut hanya memiliki tiga teman dan Anda tidak mengenalnya, mak sebaiknya abaikan permintaan pertamanan dia.
  •  Rahasiakan e-mail Facebook 
Saat Anda pertama kali membuat akun Facebook, e-mail Anda akan diminta sebagai bentuk konfirmasi dan kepentingan log-in. E-mail yang Anda daftarkan ini biasanya akna muncul di profil Anda. Salah satu hal inilah yang perlu diperhatikan dalam tips dan trik Facebook ini.  Diusahakan untuk tidak menunjukan e-mail Anda apalagi membertitahukannya kepada orang yang tidak dikenal. Jika ada orang yang tidak bertanggung jawab, bukan tidak mungkin Facebook dan e-mail Anda akan di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab ini.
  •  Kata Sandi yang Rumit 
Tips dan trik Facebook tentang kata sandi atau password sebenarnya sudah sering dijelaskan di banyak situs. Sayangnya tetap saja ada yang mengabaikan hal ini.  Banyak sekali akun Facebook yang menggunakan   kata sandi yang mudah ditbeak. Misalnya tanggal kelahiran, nama kecil, nama hewan, dan nama-nama umum lainnya. Sebaiknya buatlah kata sandi yang tidak umum dan usahakan merupakan kombinasi dari angka dan huruf.  Hal ini untuk memperkecil kemungkinan di-hack oleh para hacker. Diusahakan pula untuk rutin mengganti kata sandi tiga bulan sekali atau paling tidak enam bulan sekali.
  • Jangan Terlalu Mengumbar Pesona 
Sebaiknya jangan ceritakan atau tuliskan hal-hal yang terlalu banyak memperlihatkan diri Anda. Facebook mungkin membolehkan penggunanya untuk menulis apa saja baik di staus maupun di biografi atau profil.  Namun sebaiknya jangan terlalu memamerkan diri atau tebar pesona dengan menuliskan tentang Anda yang sebenarnya tidak perlu orang tahu. Hal-hal kecil ini kadang dimanfaatkan hacker sebagai database yang mungkin bisa saja dibutuhkan saat membajak akun.
  • Waspada Dengan Link yang Mencurigakan 
Tips dan trik Facebook agar tidak di-hack selanjutnya adalah mewaspadai link atau tautan.  Link atau tautan yang muncul baik di beranda maupun dalam pesan yang dikirimkan oleh teman sebaiknya perlu diwaspdai. Siapa tahu link yang diberikan itu ternyata bukan dari teman Anda melainkan seseorang yang tidak bertanggung jawab yang telah membajak akun Facebook Anda. Sebaiknya abaikan saja semua link yang Anda curigai meskipun diiming-imingi dengan hadiah kejutan. Percayalah tidak ada yang mendapatkan hadiah hanya dengan mengklik alamat tautan semata. Untuk itu waspadalah terhadap tautan-tautan itu karena bisa jadi tautan atau link tersebut akan membuat data akun Anda terkirim ke orang yang tidak dikenal.
Itulah beberapa tips dan trik Facebook agar tetap aman dan tidak dibajak. Sebaiknya perhatikan hal-hal tersebut apalagi jika Anda menggunakan Facebook sebagai sarana yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Yang paling penting adalah selalu juga ingat alamat e-mail yang  Anda daftarkan ke Facebook dan juga kata sandinya.  Hal ini sangat penting karena jika ternyata akun Anda telah dibajak, Anda dapat masuk e-mail dan mengatur ulang kata sandinya. Jadi tetap berhati-hatilah.
Advertisements