Kalau berbicara asuransi, jujur saya bukan ahlinya  tentang hal ini. Saya tidak tahu apa konsep asuransi dan seperti apa sih sistemnya? Asuransi bagi saya semacam permainan ekonomi. Entahlah. Saya berpikiran kalau asuransi itu hanya ingin uang saja. Kita menyetorkan tiap bulan tanpa tahu dana kita nantinya akan bagaiama dan seperti apa. Sedikit yang saya tahu, asuransi itu semacam biaya jaminan kehidupan kita. Jadi kalau kita sakit, nanti kita bisa minta dibayarkan asuransi. Seringkan di cerita fiksi yang bercerita orang karena butuh biaya tertentu, ia melakukan penipuan asuransi. Bahkan, ada juga yang nekat bunuh diri, hanya agar asuransinya cair dan diterima keluarga. Dari sini sih, saya bingung tentang konsep asuransi.

Saya juga pernah dijelaskan oleh seorang teman yang merupakan agen salah satu asuransi. Katanya asuransi itu tidak seperti yang saya pikirkan. Asuransi itu sering diabaikan orang karena orang tidak mengenal konsepnya dengan jelas. Saya sebenarnya tidak mau tahu tentang hal ini. Bagi saya, asuransi bukanlah sesuatu yang penting saat ini. Tapi pikiran saya ini sedikit berubah ketika saya mengikuti sebuah seminar.

Seminar tersebut berlangsung di Resto Maicih, Jalan Sawunggaling, Bandung. Seminar tersebut membahas tentang perencanaan keuangan masa depan. Acaranya sendiri digagas oleh Ace Life, sebuah perusahaan asuransi jiwa yang memiliki perwakilan di lebih 50 negara di dunia. Menurut mereka sih, perusahaan Ace Life memiliki kredibilitas yang cukup baik. Standard and Poor’s menilai AA– untuk perusahaan ini. Sementara A.M Best memberikan rating perusahaan dengan nilai A+.

Saya sih sebenarnya tidak terlalu peduli dengan penilaian itu. Toh, hal-hal semacam ini sih biasanya diragukan. Kadang saya berpikir penilain atau prestasi itu hanya sebagai penegasan bahwa perusahaan tersebut sudah kredibel, terlepas penilaian tersebut benar atau engga. Tapi karena ini di ranah Indonesia, saya lebih mempedulikan apakah jasa asuransi dari Ace Life ini terdaftar di OJK atau tidak? Seperti yang diketahui, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan yang….

Sepengetahuan saya, sebuah perusahaan asuransi haruslah memiliki produk yang sudah “terlegitimasi’ di OJK. Tidak tahu persis sih maksudnya, tapi intinya sistem produk asuransi yang ditawarkan telah terpantau oleh lembaga ini. Nah, kebetulan Ace Life, sebagai perusahaan asuransi besar tentu memiliki produk yang memang sudah “terdaftar” di OJK.

Seminar Pentingnya Asuransi

Balik lagi ke soal seminar. Waktu saya ikut seminar ini, tujuan saya untuk lebih tahu tentang perencanaan keuangan. Maklum hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dan finasial, saya kurang begitu paham. Maka dari itu, saya ikut seminar ini untuk menambah pengetahuan tentang masalah keuangan. Lantas, apa isi dari seminar ini? Berikut beberapa poin penting yang bisa saya petik dari seminar keuangan ini.

  • Pertama, asuransi bisa sebaiknya dilakukan selagi dini atau saat muda. Karena berasuransi di saat muda, kita bisa membayar iuran dengan nilai kecil tetapi memiliki manfaat besar.
  • Kedua, memilih asuransi saat kita sehat. Mengapa? Karena pada saat sakit, hampri semua asuransi menolak. Jadi, perencaanaan asuransi sejak sehat itu merupakan sesuatu yang penting.
  • Ketiga, memilih asuransi tidak hanya untuk jiwa tetapi juga untuk kesehatan dan pendidikan. Hal ini bergantung kepada kebutuhan tiap orang.
  • Keempat, pilihlah agen asuransi terpercaya yang produknya sudah terdaftar di OJK. Salah satunya adalah produk asuransi dari Ace Life Indonesia.

Keempat poin penting inilah yang saya dapatkan saat seminar. Ace Life menganjurkan kita agar berasuransi dengan tepat dan dilakukan sejak sehat. Karena itu, untuk pembaca yang memang ingin niat berinvestasi, lakukanlah sedini mungkin. Jangan dinanti-nati. Ingat kan ada pepatah “sehat sebelum sakit”? Nah, kira-kira pepatah itu cocok dengan investasi asuransi, terutama asuransi kesehatan.

Lantas, mengapa harus berinvestasi di Ace Life? Sebenarnya saya hanya merekomendiasikan untuk berinvestasi di Ace Life. Jika pembaca punya agen asuransi lain yang dapat dipercaya, yah silakan. Tapi, izinkan saya untuk mengungkapkan kelebihan dari Ace Life sepengetahuan saya saat seminar yang berlangsung tanggal 22 November 2014.

Ace Life Indonesia
Tentang Ace Life Indonesia

Ace Life Indonesia atau PT Ace Life Assurance merupakan perusahaan yang berada di bawah naungan ACE Group of Companies. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik di Indonesia. Dengan menghadirkan 13 kantor cabang serta telah melayani lebih dari 3.000 agen berlisensi, Ace Life Indonesia tentu  bukanlah perusahaan abal-abal. Apalagi perusahaan ini telah dinobatkan sebagai “Perusahaan Asuransi Jiwa Terunggul”  dari majalah Business Review. Selain itu, berbagai prestasi lain juga telah dimiliki oleh Ace Life Indonesia, seperti The Most  Favorite Insurance Company, The Most  Favorite Insurance Product, mendapatkan predikat “Sangat Bagus” dari majalah Infobank dan berbagai penghargaan lainnya telah didapatkan oleh perusahaan ini.

Apa yang membuat Ace Life Indonesia begitu unggul? Salah satunya adalah karena Ace Life menghadirkan produk asuransi kesehatan yang dibayar sesuai tagihan rumah sakit. Hal ini jelas menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan asuransi lainnya. Asuransi lain malah hanya membayar setengahnya atau tergantung kesepakatan tertentu. Jelas, produk asuransi kesehatan dari Ace Life Indonesia begitu unggul. Siapa yang tidak mau coba bayar biaya rumah sakit secara penuh alias berobat gratis? Nah, jika mau, berasuransi di Ace Life Indonesia adalah pilihan tepat. Apalagi perusahaana suransi memberikan tambahan manfaat menaikkan plafon pembiayaan sakit sampai tujuh kali lipatnya atau setidaknya minimal Rp 700.000.000/tahun. Nilai yang cukup besar bukan?

Ace Life Indonesia juga menghadirkann produk asuransi pendidikan. Produk ini dinamakan Eduplan dengan perincian 12 juta/tahun.  Produk asuransi ini dihadirkan oleh Ace Life Indonesia sebagai solusi untuk orang-orang yang menginginkan jaminan pendidikan yang layak untuk anak cucu mereka. Apalagi biaya sekolah sekarang sudah semakin mahal. Di tahun-tahun depan pun, biaya akan terus membengkak. Nah, karena itu, Ace Life Indonesia  menghadirkan produk ini sebagai jaga-jaga untuk biaya pendidikan anak di masa depan. Jika berasuransi di produk ini, kemungkinan nilain investasinya akan terus bertambah  sampai di angka  Rp 1,4 milyar.

Jika menilik dari latar perusahaan serta produknya, saya bisa katakan Ace Life Indonesia adalah perusahaan asuransi yang cukup unggul kredibel, dan memiliki produk yang memberi banyak manfaat. Saya jadi merasa tidak sia-sia ketika saya mengikuti seminar ini. Nah, bagi pembaca yang juga penasaran tentang perusahaan Ace Life Indonesia, yuk mari diskusi di komentar. Atau jika mau konsultasikan langsung, bisa hubungi rekan saya, yakni Hengky Kusuma  yang bisa dikontak di nomor 0817788369 atau mention akun Twitter-nya  @mashengky. Jika ingin menghubungi e-mail, bisa langsung kontak ke mashengky@gmail.com.

Advertisements