Matahari pukul 10 pagi terasa panas menyengat di kawasan Asia Afrika. Rasanya, sudah terlampau siang saja waktu. Padahal saya baru saja tiba di helatan Festival Asia Afrika, Rabu,  29 Apri, 2015 itu dan sewaktu berangkat waktu masih terasa pagi. Tetapi panas ini cukup terbayarkan lantaran di salah satu panggung berlangsung sebuah acara yang cukup mencuri pandang pengunjung disana.

Acara tersebut adalah peluncuran Indosat Super 4G LTE – Jaringan Terluas Tercepat yang kini hadir di Bandung.  Tentu, bukan sembarang acara biasa, salah satu operator seluler terbesar ini sukses memanfaatkan momen Festival Asia Afrika di Bandung untuk peluncuran jaringan terbaru miliknya. Meski sebenarnya, Indosat agak  terlambat dalam peluncuran teknologi 4G LTE di Bandung. Pasalnya, dua operator lain sudah meluncurkannya terlebih dulu.   Tapi, keterlambatan peluncuran jaringan 4G LTE ini bukan karena urusan teknis tetapi lebih kepada urusan birokrasi atau perizinan dari pemerintah. Begitulah kira-kira yang diungkapkan oleh pihak Indosat ketika sesi tanya jawab berlangsung.

Oh yah, saya lupa, saya tidak membahas dari awal acara.

Peluncuran Indosat Super 4G LTE – Jaringan Terluas Tercepat yang diawali dengan tarian Rampak Kendang dari salah satu grup tari. Saya lupa nama grupnya. Yang jelas, para penari tersebut cukup memukau pengunjung disana. Aku juga cukup terpukau. Meskipun ada sedikit kesalahan teknis, para penari ini mampu melakukan improvisasi gerakan sehingga mereka cukup mendapatkan sambutan yang baik.

Para penari itu kemudian kembali lagi beberapa saat kemudian. Aku yang duduk di pinggir tidak melewatkan kesempatan untuk melihat mereka lagi dalam gerak tarian yang bagus itu. Kali ini, mereka menari dengan membawa perangkat canggih  (tablet) sebagai tanda perekenalan jaringan 4G LTE dari Indosat.  Tarian yang mereka bawakan lebih membahana dibandingkan tarian pembuka tadi.

Peluncuran Indosat Super 4G-LTE
Peluncuran Indosat Super 4G-LTE di Asia Afrika Bandung

 

Setelah pembukaan, pihak Indosat kemudian membuka obrolan tentang 4G LTE. Pada sesi ini, muncul beberapa orang dari pihak Indosat yang tampaknya punya jabatan cukup mumpuni di perusahaan yang kini jadi bagian grup Ooredoo. Para petinggi tersebut bergiliran menjelaskan tentang jIndosat Super 4G LTE – Jaringan Terluas Tercepat. Beberapa poin yang disampaikan dalam diskusi ini adalah sebagia berikut

  1. Peluncuran Indosat Super 4G LTE – Jaringan Terluas Tercepat  diluncurkan secara bersamaan di  tiga kawasan: Bali, Yogyakarta, dan Bandung.
  2. Kehadiran Indosat Super 4G LTE  sesuai dengan visi pemerintah dalam menghadirkan teknologi terkini yang inovatif
  3. Jaringan terbaru Super 4G LTE diharapkan mampu memenuhi kebutuhan data masyarakat dengan lebih baik lagi.
  4. Pengguna Indosat diharapkan untuk berpindah ke jaringan 4G LTE agar bisa menikmati layanan kecepatan data yang pada tahap percobaan di Jakarta tahun lalu, mampu menembus kecepatan hingga 180 Mbps.
  5. Indosat tidak hanya fokus menghadirkan jaringan  Indosat Super 4G LTE. Perusahaan ini juga terus memperbaiki jaringan U900 dan DC-HSPA+  di seluruh Indonesia dengan  yang memiliki kecepatan data hingga 42 Mbp. Artinya, kehadiran teknologi 4G LTE tidak membuat Indosat lupa akan teknologi 3G.
  6. Indosat tetap meneruskan peningkatan jaringan di berbagai daerah. Tidak hanya jaringan data tetapi juga peningkatan panggilan dengan kualitas suara berdefiinis tinggi dan layanan SMS
  7. Indosat juga fokus dalam peningkatan layanan lainnya. Salah satunya dengan kehadiran layanan konten, mulai dari musik, sepakbola, hingga layanan pembelian aplikasi Google PlayStore melalui pulsa.

Setelah pemaparan tersebut, acara berlanjut ke sesi diskusi. Banyak yang bertanya persoalan teknis jaringan 4G LTE.  Intinya, ada beberapa kawasan yang sering mengalami gangguan jaringan bahkan ada kawasan yang tidak mendapatkan sinyal Indosat. Pihak Indosat kemudian  merespon akan memeprbaiki jaringan di daerah yang dikeluhkan dalam tempo cepat. Suatu respon yang baik dari pihak Indosat.

Saya pun tidak ketinggalan bertanya. Saya bertanya soal ketersediaan jaringan 4G LTE indosat di daerah Bandung, apakah sudah menyeluruh atau tidak? Pihak Indosat kemudian menjelaskan bahwa baru sebagian daerah yang sudah terdapat sinyal 4G LTE. Beberapa daerah lainnya di Bandung akan segera datang. Tentu hal ini juga berkaitan dengan keinginan pelanggan Indosat untuk beralih ke jaringan 4G LTE.
Pertanyaan kedua dari saya adalah soal paket yang ditawarkan untuk jaringan 4G LTE ini. Pihak Indosat menjelaskan bahwa Indosat tidak memiliki paket khusus untuk jaringan 4G LTE. Pelanggan tetap menggunakan paket yang sudah tersedia hanya saja bedanya jaringan yang didapat bukan lagi 3G HSDPA tetapi 4G LTE. Tentu ini hal yang sangat baik. Saya merupakan pelanggan Indosat dan berlangganan paket Super Internet IM3. Paket ini saja sudah membuat saya puas karena kecepatan untuk download dan upload sudah sangat bagus. Kini, saya bisa menikmati kecepatan lebih baik dengan jaringan 4G LTE dengan harga paket yang sama. Sayangnya, saya belum memiliki perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE.

Setelah acara tanya jawab selesai, acara kemudian berlanjut dengan sesi pemotretan. Pada acara ini, hadir salah satu pemain Persib, Agung Pribadi. Setelah acara pemotretan selesai, pihak Indosat kemudian mengetes kecepatan Indosat 4G LTE.   Acara ini menjadi acara penutupan peluncuran 4G LTE Indosat di Bandung.

Saya jberkesempatan melakukan tes kecepatan pada smartphone 4G LTE milik Indosat. Saat itu, karena mungkin jaringan cukup sibuk, kecepatan download yang didapatkan tidak mencapai batas tinggi 4G LTE. Di layar tes kecepatan, muncul angkat pada kisaran 50 Mbps. Angka ini sudah cukup bagus. Yang cukup menarik adalah angaka kecepatan upload. Kecepatan upload yang didapatkan adalah 18Mbps. Untuk upload, angka tersebut sudah sangat  bagus.

Matahari semakin meninggi dan kini sudah tepat berada di atas kepala. Acara peluncuran Indosat selesai dan saya mencari ruan teduh. Beberapa saat kemudian, saya pun berjalan-jalan sambil melihat-lihat tenant yang ada di Festival Asia Afrika ini. Sesekali saya juga mengunjungi kembali booth Indosat dan melihat promo penawaran smartphone 4G LTE yang sangat murah disana. Pikiran sayapun kemudian melayang bahwa suatu hari saya bisa membeli perangkat 4G LTE untuk menikmati layanan kecepatan jaringan Indosat 4G LTE yang menurut saya cukup memuaskan.

Advertisements