Ketika media online semakin ketat dan sesak, konsep media online citizen journalism mulai bermunculan beberapa tahun belakangan ini.

Ini karena arus informasi yang cepat dan datang begitu saja harus segera diumumkan ke publik. Karena itu media sosial jadi tempat jurnalisme warga

Dan ketika konsep ini beredar, maka publik butuh ruang yang lebih besar dibandingkan media sosial saja. Maka dari itu, situs jurnalisme warga menjadi solusinya.

Situs ini mulai banyak bermunculan dan menawarkan konsep yang lebih menarik dibandingkan situs media online saja. Kenapa menarik? Karena semua orang bisa berbagi dan berkomentar tentang apa yang tejadi di sekitar mereka.

Dan diantara banyaknya situs-situs jurnalisme warga yang bermunculan tersebut, ada beberapa situs yang saya anggap sebagai salah satu situs jurnalisme warga terbaik. Berikut daftarnya

1. Plimbi

Plimbi

Plimbi adalah situs jurnalisme warga yang terbialng baru. Namun, meskipun baru, situs ini mampu menghadirkan konten-konten menarik yang cukup layak dibaca.

Kontennya cukup luas meski konten teknologi tampaknya masih terbilang dominan. Ini wajar karena setelah saya telusuri, Plimbi adalah transformasi dari situs Portal.Paseban.com.

Namun, belakangann kontennya lebih beragam bahkan ada konten fiksi yang cukup banyak pembacanya. kamu bisa submit berbagai jenis artikel dengan tiga kategori utama (news, article, dan review).

Artikel yang kamu publish akan dapat penilaian berupa rating dari pembaca dan editor yang akan memengaruhi skor poin yang kamu dapatkan.

Konsep lainnya yang menarik dari Plimbi adalah konsep poin yang bisa didapatkan oleh para author (istilah penulis dari Plimbi) jika tulisannnya banyak dibaca atau dikomentari.

Dan yang menguntungkan adalah memungkinkannya para author terpilih sebagai “Best Author of The Month” yang akna mendapatkan uang.

Mirip seperti pemilihan “Pekerja Terbaik Bulan Ini” di sebuah perusahaan swasta yang selalu mendapatkan bonus tambahan.

2. Kompasiana

Kompasiana
Bisa dikatakan, Kompasiana adalah pelopor jurnaslimew warga di Indonesia. Lahir sekitar tahun 2008, Kompasiana menawarkan diri sebagai sebuah blog rembugan untuk berbagai penulis dari berbagai latar belakang.

Jumlah penulis di Kompasiana cukup banyak dengan berbagai latar belakang usia. Ini wajar karena Kompasiana memang sudah lama bermain di ranah ini dan nama besar Kompas yang ada di belakangnya membuat Kompasiana berada di garda depan.

Kompasiana memiliki berbagai kanal yang beragam. Namun, kanal utamanya adalah Terbaru, Headline, Rubrik (yang terdiri dari berbagai kategori), Evetn, Kompasiana TV, dan Shop.

Kelebihan dari Kompasiana adalah orang yang menulis di situs ini atau para penulisnya (biasa disebut Kompasianer) mudah terkenal. Apalagi jika yang menulis mampu menghasilkan tulisan populer yang banyak disuka.

3. Ruang Publik (Rubik)

Rubik

Rubik adalah situs jurnalisme warga yang lahir dari situs berita Okezone.com. Situs jurnalisme warga ini menghadirkan berbagai kanal menarik yang bisa dijadikan tempat semua orang berbagi.

Ada berbagai kanal di Rubik. Ada kanal Berita, Surat Pembaca, Ruang Sastra, Foto, dan Video. Situs ini juga menghadirkan poling serta kategori topik pilihan yang tampaknya dipilih sebagai artikel unggulan yang dimuat di Rubik.

4. Indonesiana

Indonesiana

Indonesiana adalah produk jurnalisme warga dari Tempo.co. Situsnya banyak memuat kejadian dan berita yang terjadi. Bahkan, sempat terasa bahwa Indonesiana tampak seperti media berita online dibandingkan situs jurnalisme warga.

Mungkin karena memang konsepnya lebih konsep berita yang banyak terjadi.

Indonesiana memiliki berbagai kanal yang dibagi menjadi 7 kanal. Kanal-kanal tersebut adalah News, Sains & Sports, Hiburan, Pilihan Editor, Tempo SMS, dan Foto.

Jika kamu seirng berbagi berita yang terkait polik dan sosial, maka Tempo.co adalah tempatnya.

5. Pasang Mata

Pasang MataPasang mata adalah situs jrunalsime warga yang dibuat oleh Detik.com. Situs ini tidak memiliki kanal khusus seperti keempat situs jurnalisme warga lainnya.

Hanya saja situs ini lebih kepada konsep kontribusi foto. Artinya, banyak penulis yang submit pada situs ini adalah konten foto dari berbagai kejadian seperti kondisi lalu lintas, peristitwa kecelekaan, dan sebagainya.

Pasang Mata menawarkan konsep Reward (DetikRewards) dengan mengumpulkan poin untuk orang yang sering berkontribusi.
Poin-poin itu nantinya bisa didapatkan untuk ditukar hadiah. Tapi tentunya mendapatkan poinnya tergolong susah karena hadiah yang harus didapatkan memiliki poin yang tinggi.
Nah, itulah 5 situs jurnalisme warga yang terbaik dan memiliki konsep yang jelas. Sebenarnya, masih banyak situs lain yang sejenis. Bahkan ada situs yang memiliki konsep gabungan media dan juga jurnalisme warga. Hanya saja saya memilih 5 yang terbilang populer.

Dan diantara 5 situs jurnaslime tersebut, Plimbi bisa dikatkan memiliki konsep yang menarik karena menawarkan share pendapatan iklan Plimbi.com. Sangat cocoklah buat kamu-kamu yang ingin menambah uang saku.

Advertisements