Asus Zenfone 2 dengan RAM 4GB yang perkasa itu sempat membuat saya tergoda. Bahkan, ketika hari peluncurannya yang ramai diberitakan sampai luar negeri itu membuat saya semakin kesal pada diri sendiri lantaran tak bisa mencicipi Zenfone 2 itu.

Beruntung, rasa sakit itu terobati oleh seri Zenfone 2 lainnya. Meski tidak menggunakan Ram 4GB, Zenfone 2 ini tetap memikat saya untuk bisa terus “berduaan’ dengannya.

Dia adalah…

ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG

Saya tidak tahu mengapa Asus tidak memberikan nama baru untuk smartphone ini. Setidaknya itulah yang saya pikirkan mengingat nama Zenfone 2 sudah terlalu banyak.

Tapi, tampaknya ini adalah strategi Asus yang ingin mengukuhkan nama Zenfone sebagai produk smartphone yang identik dengan Asus.

Untungnya penamaan Laser bukan sekadar pilihan nama yang asal tetapi lebih kepada fitur yang dimiliki smartphone ini. Tentang hal ini, akan saya bahas nanti.

Sebelumnya lebih baik simak dulu ketika saya memegang smartphone ini pertamakali pada video berikut ini.

Dan mari kita bahas bahas lebih rinci terkait produk ini.

Review Zenfone 2 Laser ZE500KG

Desain

bagian belakang yang cukup menawan
bagian belakang yang cukup menawan

Bobot 145g yang ditulis pada banyak media tentang spesifikasi smartphone ini membuat saya berpikir kalau smarpthone ini akan ringan jika dipegang.

Dan perkiraan saya tepat. Smartphone ini tergolong ringan dan nyaman digenggaman tangan saya.

Model yang saya pegang adalah model kasing warna putih. Bagian belakang yang warna putih ini tampak menyatu dengan bagian depannya yang warna hitam.

Tekstur kasingnya juga cukup halus.

Tangan saya tidak merasa kasar dan sangat ergonomis ketika saya memegang Zenfone 2 Laser ini.

Layar

Saya pikir, smartphone yang paling ideal itu adalah smartphone dengan layar 5 inci.

Meski saya menyukai Zenfone 2 4GB yang memiliki layar 5,5 inci, tapi saya harus akui, layar 5 inci adalah model terbaik untuk penggunaan mobile.

Alasannya karena model 5 inci biasanya bisa digunakan dengan satu tangan.

Saya harus akui itu, ketika saya memegang gawai dengan layar 5,5 inci saja itu membuat saya harus navigasi dengan dua tangan.

Kalaupun satu tangan itu akan sangat kerepotan.

Tidak usah jauh-jauh, ketika saya melakukan video rekaman seperti yang terlihat pada video Youtube tersebut, satu tangan saya memegang Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Satu lagi, tangan saya memegang gawai lain untuk melakukan rekaman.

Praktis kan?

zenfone
Kemudahan menggengam Zenfone 2 Laser ZE500KG dengan satu tangan

Itulah kelebihan layar 5 inci dan itu yang membuat saya tampaknya lebih menyukai Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Terlebih Zenfone 2 Laser ZE500KG ini sudah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 4. Well, ini pelindung sangat amat membantu saya. Apalagi saya kadang sedikit ceroboh.

Bahkan, bebrapa hari kemudian Zenfone 2 Laser ZE500KG sempat mengalami gesekan.

Untung, layarnya masih utuh karena teknologi pelindungnya bukan sekadar Super Anti Scratch Corning Gorilla Glass 4 tetapi sudah dilengkapi dengan oleophobic Anti-Finger Coating.

Oh yah, tampilan layar Zenfone 2 Laser ZE500KG sudah cukup buat saya dengan dukungan resolusi 720 x 1280 piksel dan kerapatan layar 294 ppi.

Sebenarnya saya tidak terlalu peduli dengan nilai kerapatan layar, kadang tampilan lebih bisa membuktikan kualitas tampilan layarnya dibandingkan sekadar angka-angka.

Saya lebih percaya kepada teknologi yang Asus sebut sebagai ASUS TruVivid Technology, sebuah teknologi yang mengubah 4 lapis layar konvensional menjadi dua lapis dengan laminasi penuh.

Dan inilah beberapa tampilan layar Zenfone 2 Laser ZE500KG yang hadir dengan tampilan antarmuka Asus Zen UI dan dukungan ASUS TruVivid Technology.

Screenshot_7
Tampilan ZenUI pada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG

 

Tampilan Zen UI dari Asus selalu membuat saya tergoda semenjak Zenfone generasi pertama keluar. Saya baru bisa merasakan tampilan antarmuka ZenUI ini lewat produk Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Saya bisa jujur ini adalah tampilan antarmuka yang sempurna. Tampilan antarmuka yang memudahkan saya untuk melakukan navigasi. Terlebih sentuhan demi sentuhan pada layarnya cukup responsif.

Ketika saya memakai sarung tangan pun memang navigasinya amsih berjalan.

Sebuah pembuktian yang hebat dari Asus yang tak sekadar bicara bahwa smartphone ini mendukung fitur Asus Glove Touch, teknologi yang mendukung navigasi meski dengan sarung tangan.

Performa

Zenfone 2 Laser ZE500KG hadir dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Chipset ini terdiri dari prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dengan GPU Adreno 306.

Sebenarnya chipset ini juga digunakan di smartphone lain pada kelas yang sama. Hanya saja, kehadiran RAM 2GB membuat Zenfone 2 Laser ZE500KG lebih kencang untuk urusan multitasking dan performa.

Pernyataan tersebut bukan sekadar dugaan karena saya mencobanya sendiri. Wolf Among Us, Brave Frontier, sampai game berat semacam Asphalt 8 sudah saya jalankan pada smartphone ini dengan sangat lancar.

Bahkan sambil bermain games dan membalas chat media sosial juga bukan masalah besar. Dukungan spesifikasi yang cukup memadai ditambah Android™ 5.0 Lollipop 64-bit sebagai sistem utamanya tentu menjadi alasan tersendiri performa yang bagus dari smartphone ini.

Saya penasaran sebenarnya dengan performa keseluruhan. Dan saya pun mencoba melakukan tes bencmark dengan dua tes benchmark.

Pertama, saya tes bencmark menggunakan AnTuTu Benchmark (sebuah tes untuk mengukur skor keseluruhan).

Skor yang didapatkan smartphone ini untuk AnTuTu Benchmark adalah 21165.

Skor AnTuTu Benchmark
Skor AnTuTu Benchmark

Pada tes GFX OpenGL, sebuah tes bencmark yang mengukur kualitas performa GPU, skor yang didapatkan adalah 526.1 frames untuk T-Rex test. Dan untuk Manhattan test, skor yang didapatkan adalah 237.0 frames.

Screenshot_16
Skor GFX OpenGL Benchmark
Screenshot_1
Skor GFX OpenGL Benchmark

Skor tersebut tentunya sudah cukup mumpuni.

Fakta menarik, skor AnTuTu yang diperoleh smartphone ini lebih tinggi dibandingkan smartphone lain dengan spesifikasi yang hampir serupa dan rentang harga yang sama (skor Antutu smarpthone tersebut 20745).

Salut untuk Asus yang berhasil menghadirkan smartphone dengan kemampuan terbaik dan skor mumpuni. Skor yang bahkan bisa mengalahkan produk dari brand smartphone Android terpopuler untuk dua produknya (kelas mid—end).

Baterai

Bagaimana dengan konsumsi baterai Zenfone 2 Laser ZE500KG? Well, dengan kapasitas baterai 2070 mAh Prismatic, tadinya saya sempat berpikir kalau smartphone ini akan sangat boros baterai.

Tetapi, ternyata ketika tidak gunakan bermain games ataupun tidak membuka browser, smartphone ini bisa menyala sampai satu harian lebih.

Beda kondisi, ketika saya maksimalkan smartphone ini untuk bermain games, membuka browser, aktif chat media sosial, semuanya saya nayalakan, dan baterainya bertahan sampai 6 jam.

Sebuah pencapain waktu yang lumayan baik sebenarnya untuk sebuah kapasitas baterai 2070mAh.

 Screenshot_6

Memori

Zenfone 2 Laser ZE500KG yang saya gunakan memiliki memori internal 16GB. Kapasitas memori ini tentunya lebih besar jika dibandingkan produk pesaing. Itulah alasan yang membuat saya lebih memilih smartphone ini dibandingkan produk lainnya.

Zenfone 2 Laser ZE500KG juga mendukung ruang penyimpanan tambahan. Tapi, saat artikel ini dibuat, saya belum terlalu membutuhkan ruang tambahan microSD yang bisa diekspansi sampai 128GB.

Ruang penyimpanan awan atau cloud storage 5GB yang diberikan ASUS pun belum saya gunakan. Mungkin nanti saja ketika saya ingin melakukan backup.

Kamera dengan Fitur Laser yang Luar Biasa

Awal tulisan saya bilang kalau, penamaan “Laser” pada produk ini lebih ditujukan kepada fitur yang dimilikinya. Fitur yang saya maksud adalah fitur autofokus laser yang hadir pada kameranya.

Untuk menjelaskan hal ini, coba lihat dulu spesifikasi kamera belakang dan depan dari Zenfone 2 Laser ZE500KG yang saya ambil gambarnya dari situs resmi Asus.

Screenshot_2

Screenshot_3

Dari gambar tersebut, jelas bahwa kamera belakang Zenfone 2 Laser ZE500KG adalah 8MP. Sementara kamera depannya hanya 5MP.

Bagaimana menurut teman-teman tentang spesifikasi kamera smartphone ini? Terlalu rendah angka MP-nya jika dibandingkan produk sebelah?

Yah secara angka memang rendah tetapi harus diketahui, kualitas sebuah kamera smartphone tidak hanya bergantung pada tingginya angka megapiksel. Ada faktor-faktor lain yang membuat sebuah kamera meski dengan angka yang lebih rendah bisa menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Pernyataan itu bisa saya buktikan lewat produk Zenfone 2 Laser ZE500KG ini. Teman-teman lihat lagi gambar, bahwa selain kamera 8MP, kamera belakangnya telah dilengkapi dengann 5P Lensa Largan dan nilai aperture f/2.0.

Belum lagi, kameranya dilengkapi dengan Dual LED Real Tone Flash, Blue Glas Filter, Sensor Toshiba dan Laser Autofocus yang menjadi andalan dari kameranya.

Kamera depannya juga tidak kalah. Kamera depannya memiliki nilai aperture yang sama, yakni f/2.0 dengan sudut lebar 85◦

Bagi Anda, mungkin malas mendengar fitur lengkap tanpa dibuktikan dengan hasil fotonya. Saya akan memberikan hasil foto.

Berikut hasil foto indoor dan outdoor menggunakan kamera belakangnya.

Hail Foto Indoor
Hasil Foto Indoor
Hasil Foto Outdoor
Hasil Foto Outdoor

Belum puas, oke saya akan berikan lebih.

Untuk diketahui telebih dulu, Zenfone 2 Laser ZE500KG ini dilengkapi dengan fitur berbagai mode kamera yang membuat Anda lebih mudah menangkap gambar.

Mode-mode tersebut diantaranya adalah mode manual, Auto, Beautification, Depth of Field, Panorama, Super Remove dan sebagainya.

Anda bisa melihat lengkapnya pada gambar berikut.

Screenshot_8
Mode-mode kamera Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG (Saya bagi dua tampilan karena tidak cukup ditampilkan dalam satu tampilan layar)

Beberapa smartphone dari produk lain memiliki juga mode kamera sendiri. Hanya saja, Zenfone 2 Laser ZE500KG memiliki pilihan mode yang lebih banyak.

Terlebih ada mode Super Remove yang membuat saya bisa berkreasi dengan menghilangkan bagian tertentu pada foto. Tanpa menggunakan software. Untuk melakukan ini, saya harus melakukan potret dua kali.

Lihat contohnya!

Tangkapan kamera

edit object 2
Mode super remove yang cukup menarik

 

 

Dan ini beberapa hasil foto dari pilihan mode kamera yang pernah saya gunakan.

Mode Auto (outdoor)
Mode Auto

 

Mode Depth of Field
Mode Depth of Field

 

Mode Super Resolution
Mode Super Resolution

 

Mode Panorama
Mode Panorama

Oh yah, saya juga mau membandingkan kamera selfienya. Ada dua mode, pertama mode selfie standar.

Kedua mode beautification. Mode selfie biasa hasil gambarnya tampak jelas dengan aslinya, tetapi ketika menggunakan mode beautifcation, hasilnya lebih sempurna. Wajah saya jadi terlihat lebih bersih.

 

Mode selfie standar
Mode selfie standar
Mode selfie beauty
Mode selfie beauty

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan kamera Zenfone 2 Laser ZE500KG, saya bisa simpulkan bahwa Zenfone 2 Laser ZE500KG adalah pilihan tepat untuk pengguna yang menang suka dengan selfie.

Bukan hanya itu, pengguna yang sering memotret dan ingin mendapatkan kualitas gambar yang bagus, Zenfone 2 Laser ZE500KG juga adalah pilihan tepat. Fitur Autofocus Laser beserta fitur lainnya membuat hasil foto lebih mengagumkan.

Hasil foto juga didukung dengan pengembangan software khusus untuk kameranya. Fitur semacam ini jarang ditemukan di smartphone kelas terjangkau.

Ada memang produk lain yang menggunakan software khusus kamera sendiri tetapi harganya bahkan dua kali lipat dari Zenfone 2 Laser ZE500KG.

Kalau dipikir lagi, saya yakin diantara rivalnya pada rentang harga dan spesifikasi yang hampir mirip, kualtias kamera Zenfone 2 Laser ZE500KG adalah nomor satu.

Smartphone performa hebat dengan harga bersahabat
Smartphone performa hebat dengan harga bersahabat

Bukan soal kamera juga menurut saya yang patut diacungi jempol, performa smartphone ini juga sangat memukau. Saya tidak sekadar bicara karena saya telah mengujinya lewat tes benchmark yang saya lakukan sendiri. Saya juga mengetesnya dengan bermain games berat macam Asphalt 8, dan hasilnya lancar.

Satu hal yang mungkin perlu jadi catatan penting buat Anda yang akan memilih Zenfone 2 Laser ZE500KG. Smartphone ini tidak mendukung 4G LTE.

Smartphone ini hanya berjalan dengan DUALSIM yang dua-duanya mendukung jaringan 3G HSPA. Menurut saya ini bukan masalah besar, mengingat jaringan 4G LTE belum merata dan pengguna 3G HSPA juga masih banyak.

Harga
Seperti yan saya katakan di video Youtube, harga Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 1,9 jutaan untuk versi 16GB. Anda bisa pesan produk ini di beberapa toko online ternama di Indonesia.

Advertisements