Advan I5A
Advan I5A

Kalau mau jujur, saya sebenarnya kurang akrab dengan produk-produk dari Advan. Saya sempat punya tablet Advan beberapa tahun lalu tapi jujur tidak berkesan. Bentuk dan varian produk dari Advan terkesan sama. Monoton.

Ini barangkali yang membuat saya tidak terlalu mengenal dekat dengan produk Advan.

Belakangan saya tahu, seri Vandroid dari Advan mengalami banyak perubahan desain dan tampilan. Saya sadar hal ini ketika Advan jadi official partnert klub besar di Spanyol, Barcelona.

Iklan Advan dan adanya logo Barcelona ini yang kemudian menarik perhatian saya. Saya pun mulai penasaran dengan Advan. Terutama dengan produk, Advan I5A 4G LTE.

Akhirnya saya memberanikan diri mencari tahu produk Advan I5A 4G LTE dan tertarik mengulasnya lebih dalam.

 

Desain Elegan yang Nyaman Digenggam

Rasa penasaran saya menjadi-jadi ketika secara tidak sengaja saya sering melihat iklan Advan I5A 4G LTE ini. Agak kaget karena Advan menghadirkan produk yang memiliki desain menarik. Terlihat dari munculnya promo gambar Advan I5A 4G LTE di berbagai media.

Saya coba telaah lebih lanjut soal desainnya. Dari tampilannya jelas kalau ponsel pintar dari Advan ini m,engusung desain cantikl menawan yang berkelas. Sangat terlihat beda dibandingkan ponsel pintar Advan versi sebelumnya.

Saya bukan sekadar bicara bahasa promosi. Saya bicara yang sebenarnya kok. Tengok saja tiga warna elegan yang diusung oleh produk ini: Black Rose Gold, White Rose Gold, dan Diamon Pink. Advan menyebutnya sebagai Glassy Gold.

Yang senang dengan konsep elegan, saya sarankan memilih Black Rose Gold. Yang suka gaya klasik bisa memilih tipe White Rose Gold. Dan, buat yang ingin tampil cantik, Diamon Pink adalah pilihan terbaik.

Semua konsep warna itu bukan tampilan semata. Advan I5A 4G LTE menjadi sangat berbeda lantaran mengusung konsep Dual Side Curved Glass Design. Konsep yang berarti bahwa bagian depan dan belakang smartphone ini menggunakan lapisan kaca melengkung. Atau sering disebut juga 2.5D Curved Glass.

Jarang saya menemukan produk ponsel pintar buatan lokal yang menggunakan penggunaan 2.5 Curved Glass depan dan belakang. Sesuatu yang menjadi kelebihan dari produk ini.

Karena saking penasarannya dengan konsep desain Advan I5A 4G LTE yang mewah, saya sempat berkunjung ke outlet Advan untuk mencoba produk ini secara langsung. Sayangnya, saat itu, saya tidak mendapatkan Advan I5A 4G LTE seperti yang ada di promo.

Saya hanya mendapatkan produk Advan I5A 4G LTE dengan desain warna putih pada bagian depan dan belakang. Saya melihat jelas logo Barcelona pada bagian belakang ponsel ini. Tidak terganggu dengan logo ini sebenarnya. Hanya saja saya mengharapkan tipe ponsel Advan I5A 4G LTE yang memiliki permukaan belakang CD TESTURE SKY EFFECT seperti pada gambar promosi.

Advan I5A Tampak dari belakang
Advan I5A tampak dari belakang

Oh yah, waktu digenggam, tampak kalau ponsel dengan dimensi 146 mm x 70 mm x 8 mm ini nyaman. Lekukan pada bagian ternyata memudahkan saya mencengram smartphone. Oh yah, saya juga merasakan permukaan kaca yang menutupi bagian depan dan belakang.

Meskipun saya tidak mencoba menggenggam Advan I5A 4G LTE berdesain Glassy Gold, tapi ini cukup mewakili. Setidaknya saya jadi tahu kalau Advan tak hanya sekadar prmosoi soal desain Curved Glass pada bagian belakang.

Layar dan Tampilan Antarmuka

Sudah disebutkan, bagian permukaan layar Advan i5A menyuguhkan kaca tipe 2,5D Curved Glass yang membalut layar 5 incinya. Jujur saja, saya menyukai konsep ponsel pintar dengan layar 5 inci karena memang cukup pas dan tidak terlalu besar. Satu hal lain yang membuat saya jatuh cinta pada produk in selain tentunya konsep desain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kombinasi layar 5 inci dengan resolusi 1280×720 piksel adalah kombinasi yang pas. Saya percaya, dengan spesifikasi layar yang dimiliki oleh Advan I5A 4G LTE ini, tampilan layarnya masih bening. Tidak kalah kok, dengan produk tetangga banyak yang mengusung resolusi 1080p tapi ternyata tidak mennghasilan tampilan dan kecerahan yang pas.

Sementara Advan I5A 4G LTE mampu menghadirkan hal itu. Terlihat ketika saya mencoba menelisik lebih dalam. Saya coba navigasi tiap menunya tampilannya tampak jernih dan bening. Navigasi di layarnya juga mudah dan saya bisa melihat dengan jelas tampilan layar meski dari sudut yang berbeda. Tentu itu semua berkat panel IPS (In Plane Switching) yang tersemat pada bagian layarnya.
Oh yah, untuk diketahui Advan I5A 4G LTE sudah menyuguhkan sistem operasi Android Lolipop. Sesuatu yang sangat baik mengingat banyak produk pesaing Advan I5A 4G LTE dengan harga serupa masih mengusung OS Android KitKat.

Oh yah, waktu saya melihat tampilan antarmuka atau UI (user interface) Advan I5A 4G LTE, saya tidak sadar kalau ponsel ini mengusung OS Android Lolipop dengan tampilan UI bawaan.

Saya berpikir kalau Advan I5A 4G LTE memakai UI sendiri. Ternyata perkiraan saya salah.

Advan I5A 4G LTE menggunakan OS Android Lolipop dengan tampilan UI bawaan.

Screenshot_1
Tampilan Antarmuka Advan I5A

Mungkin karena saya sedikit melihat perbedaan tampilan antarmuka OS Android Lolipop dengan ponsel saya yang juga mengusung OS Android Lolipop.

Pertama, pada home screen utama. Kedua, tampilan layar yang memperlihatkan aplikasi ketika saya menekan tombol lingkaran warna putih pada gambar berikut ini. Nanti akan muncul tampilan aplikasi baru lagi.

Konsep seperti ini sebenarnya tidak terlalu masalah meskipun saya lebih suka konsep satu tampilan layar. Jadi cukup geser ketika mencari aplikasi tertentu. Tapi hal ini bukan sesuatu yang perlu diresahkan mengingat saya bisa kostumisasi dengan launcher tertentu.

Tampilan Home Screen
Tampilan Home Screen

 

Menelisik Performa Advan I5A 4G LTE

Pilihan Advan untuk menggunakan chipset MediaTek MT6735P pada perangkat ini adalah pilihan tepat. Ini langkah taktis yang baik untuk menyaingi smartphone lain di kisaran harga yang sama dengan chipset Snapdragon 410.

Meskipun banyak orang yang menganggap chipset Snapdragon itu lebih baik, nyatanya tidak sedikit chipset MediaTek yang memiliki performa lebih baik. Termasuk chipset MediaTek MT6735P yang bisa bersaing bahkan di mengalahkan chipset Snapdragon 410, seperti yang ditulis pada Tabloid Pulsa.

 

Jadi, kalau ada yang menyayangkan karena Advan I5A 4G LTE memakai MediaTek MT6735P sebaiknya baca-baca lagi. Chipset yang terdiri dari prosesor 64-bit quad-core 1.0GHz dan GPU Mali-T720 GPU ini sangat bisa diandalkan dan tidak kalah dengan smartphone yang memakai chipset Snapdragon 410.

Ini terbukti ketika Advan I5A 4G LTE ini mendapatkan skor Antutu sebesar 24272 seperti yang diungkapkan pada situs Selular.id.

Sebuah skor yang bagus untuk smartphone sekelas Advan I5A 4G LTE yang ada di kelas 1-jutaan.

Game sekelas Asphalt 8 atau game dengan grafis setara game tersebut mampu dijalankan dengan mudah.

Pun ketika saya mencoba melakukan multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi, smartphone dengan memori internal 16GB tampak smooth dan tidak mengalami lag. Kita harus berterimakasih kepada Advan karena menyematkan RAM 2GB pada smartphone unggulannya ini.

Sayang, karena waktu coba smartphone ini yang terbatas, saya tidak sempat mencoba games dan mengetes langsung nilai AnTuTu-nya.

 

Kamera 13MP dengan Berbagai Efek

Faktor lain yang membuat saya tertarik dengan Advan I5A 4G LTE adalah penggunaan kamera utama 13MP Advan menyebut kamera pada Advan I5A 4G LTE sebagai Dynamic Camera. Dynamic Camera dalam hal ini adalah lensa kameranya yang bisa menyesuaikan objek yang bergerak. Bisa jadi hal ini berarti ketika ada objek bergerak, tidak akan ada bayangan pada hasil foto.

Saya tidak sempat mencobanya. Yang saya lakukan hanya memotret empat kali. Perhatikan hasil tangkapan kamera Advan I5A 4G LTE berikut ini.

Hasil tangkapan kamera 13MP Advan I5A
Hasil tangkapan kamera 13MP Advan I5A






Saya lupa waktu itu menggunakan mode apa. Yang pasti, saya ingat ada banyak pengaturan dan efek untuk kamera utamanya. Ini membuat kamera pada ponsel ini tidak kalah dengan kamera ponsel smartphone di kelas harga sama.

Malah, saya berani jamin, dengan mengusung kamera 13MP yang dimiliki Advan I5A 4G LTE bisa mengalahkan hasil foto smarpthone lain di kelas yang sama. Apalagi di kameranya terdapat pengaturan seperti pada gambar berikut ini.

Pengaturan Kamera Belakang
Pengaturan Kamera Belakang

Sementara kamera depan sebenarnya tidak terlalu spesial. Advan hanya menyematkan kamera 5MP. Tapi, kamera 5MP ini memiliki pengaturan kamera seperti gambar berikut ini.

Pengaturan Kamera Depan
Pengaturan Kamera Depan

Saya pun mencoba selfie dengan dua mode. Yang pertama mode umum dengan hasil foto yang agak gelap. Yang kedua semacam mode beauty yang membuat hasil foto lebih putih

Selfie dengan dua mode berbeda
Selfie dengan dua mode berbeda

 

Baterai dan Lain-lain

Itu pengalaman saya ketika mencoba Advan I5A 4G LTE. Saya tidak sempat mengetes kemampuan baterai 2200 mAh yang dimiliki smartphone ini. Karena untuk mengetesnya saya harus mencoba seharian. Tapi, daya tahan baterai 2200 mAh ini sudah cukup mengingat laayar 5 inci dan prosesornya tidak membutuhkan daya yang terlalu besar.

Saya juga tidak sempat menguji kecepatan 4G LTE yang diusung oleh smartphone ini. Yah, seperti namanya, Advan I5A tidak ketinggalan zaman dan mendukung jaringan 4G LTE. Jadi, siapapun yang membeli smartphone dari Advan ini tidak perlu takut karena sudah mendukung penuh 4G LTE.

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dengan kisaran harga Rp 1,8 jutaan, Advan I5A 4G LTE adalah ponsel yang sangat menarik untuk dimiliki. Apalagi jika membeli versi Glassy Gold, dijamin tidak akan malu. Desain mewah, performa yang tidak terlalu mengecewakan serta kamera yang cukup yahud membuat smartphone jadi pilihan menarik dan tak kalah dengan produk lain di kisaran harga yang sama.

Informasi spesifikasi Advan I5A 4G LTE

Screenshot_7

Advertisements