Jika Anda membaca blog ini,  pastikan Anda kenal dengan Emak Gaoel, sang blogger kece dan pastikan kecepatan internet Anda kencang karena Anda akan buffer video. Saya sarankan gunakan internet cepat dari Smartfren.

Oke, jadi sesuai judul,  bagaimana cara mudah melakukan screen capture di komputer? Nah, sebelum saya berikan tutorialnya,  saya yakin setidaknya Anda dihadapkan dulu pada tiga masalah berikut.

1. Pernah mengalami kesulitan ketika ingin save gambar tetapi kamu tidak bisa menyimpannya?

 

Saya sering dan itu kadang membuat saya sedikit kelimpungan lantaran saya butuh gambar tersebut.  Tenang, saya kalau ngambil gambar selalu diusahakan untuk menyertakan sumbernya.

Tapi,  sayangnya tidak semua situs mau gambarnya diambil dengan mudah. Ada beberapa situs yang tidak membolehkan gambar untuk disimpan dengan cara klik kanan atau “save as”. Saya pun dibuat kebinungan

2. Ingin menyimpan sebuah gambar dari sebuah adegan di film yang kamu tonton tapi kesusahan?

 

Yah saya saya juga merasakan hal yang sama. Seringkali saya dibuat kesusahan ingin mengambil adegan atau scene penting dari sebuah film. Sebenarnya ada sih caranya, dengan cara  menekan “Prt SC Sysrq” dan menyalinnya di aplikasi edit gambar. Tapi itu ribet. Saya butuh yang mudah.

 

3.  Pernah diminta teman untuk membagikan screenshot dari komputer kamu?

 

Kalau satu teman sih gak masalah, cukup membagikan dan upload sekali ke yang bersangkutan. Tetapi bagaimana jika beberapa teman meminta secara bersamaan. Atau kamu ada di satu tim yang harus saling mendukung jika ada kendala, dan kamu diminta kirim screenshot oleh semua anggota tim?

Kebingungan kan?

Saya sempat dibuat bingung oleh ketiga masalah tersebut. Untungnya saya bisa menjawab ketiga persoalan tersebut oleh sebuah program screen capture yang sangat mudah digunakan. Semudah kita melakukan screenshot di ponsel Android.

Program tersebut adalah Lightshot. Program yang saya yakini harus teman-teman punya. Apalagi jika teman-teman sering dihadapkan pada masalah teknis.

Lantas, seperti apa Lightshot dan bagaimana cara instalnya?

Biar Anda tidak lelah bacanya, berikut saya buatkan video tutorialnya. Video tutorial yang saya buat tengah malam dengan semangat istri yang mencium di pipi sebelum ia tidur.

Selamat menikmati dan mencobanya.

 

 

banner

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements