ilustrasi menabung via pixabay
ilustrasi menabung via pixabay

 

Masih ada dalam ingatan saya, ketika waktu kecil, kedua orang tua saya mengajarkan untuk menabung. Mereka selalu mengatakan kalau menabung itu adalah cara lain untuk berhemat.

Saya pun mulai menabung memakai celengan berbentuk hewan yang sering dijual di pasaran.

Menabung tinggal menabung. Celengan yang terbuat dari plastik itu mudah saya bongkar, saat saya membutuhkan uang untuk membeli mainan. Kontan hal ini buat orang tua marah.

Menabung di Pintu

Setelah itu, kedua orang tua saya mengusulkan agar saya menabung di pintu.

Yah, saudara-saudara di pintu. Ayah saya membuat lubang di bagian belakang pintu untuk memasukan uang. Uang receh tinggal masuk tetapi untuk uang kertas, sebelum dimasukan dibungkus dulu menggunakan plastik.

Cara menabung ini sungguh sukses karena saya bisa menabung cukup lama. Sayangnya, untuk membuka tabungan di saat benar-benar darurat, kita harus membongkar pintu. Suatu hal yang tidak efektif sebenarnya.

Sejak itu, saya jarang sekali menabung. Saat sekolah saya tidak punya rekening. Saat kuliah pun, rekening yang saya pakai cuman digunakan untuk membayar uang semesteran.

Baru setelah lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja, saya benar-benar punya rekening untuk menabung. Rekening saya ada di salah satu bank swasta terkemuka, BCA.

Tadinya, saya punya rekening ini tujuannya agar saya bisa menabung untuk masa depan. Sayangnya, pengeluaran saya ternyata cukup banyak dan saya tidak berhemat. Belum lagi kalau ada pengeluaran mendadak. Yah sudahlah yah….

Saya mulai agak sinis sama bank. Potongan per bulannya kadang bikin saya baper. Tapi, gak salah Bank sepenuhnya. Mungkin sayanya aja yang belum bisa mengatur keuangan dengan baik.

Pandangan saya tentang menabung mulai berubah saat kebetulan saya datang ke acara rutinan Minggu pagi Car Free Day Dago, Bandung, 24 Juli 2016. Saat saya sedang jalan-jalan, saya melihat stand BCA yang ada di depan Hotel Geulis. Disebelahnya ada kegiatan ibu-ibu sedang senam.



Banner BCA di CFD Dago
Banner BCA di CFD Dago

Yah, yang senamnya saya gak terlalu merhatiin. Saya juga gak terlalu minat dengan olahraga senam sih.

Tapi, stand BCA, bikin kepo. Apalagi ada tiga bidadari cantik di depannya. Yang bikin penasaran ada gambar mobil dan TV LED pada banner-banner yang ada di stand tersebut.

suasana di CFD Dago
suasana di CFD Dago

Kemudian saya coba nanya-nanya ke orang yang jaga stand. Inti pertanyaan saya, BCA sedang ada kegiatan apa? Dan kenapa ada banner-banner disini?

Trio Cantik yang bikin penasaran, eh maksudnya tentang program di BCA
Trio Cantik yang bikin penasaran, eh maksudnya tentang program di BCA

 

 

Menabung Bertabuh Hadiah

 

Pihak dari BCA, saya lupa namanya, yang jelas cantik sih. Hehehe Dia bilang kalau BCA sedang mengadakan program khusus yang dinamakan “Buka Rekening Bertaburan Hadiah”. Program ini adalah program dari BCA untuk para nasabah baru yang mendaftar pada April sampai Juli 2016. Mereka yang menjadi nasabah ini berkesempatan mendapatkan hadiah mobil Avanza Veloz dan TV LED Samsung 48inci.

Wow….. Ini menarik. Tapi saya tahu ini undian jadi mungkin kesempatannya kecil. Begitu celoteh saya.

Ternyata saya salah. Program in merupakan program tabungan investasi khusus untuk kota Bandung. Mereka yang membuka tabungan selama periode April sampai Juli 2016 di BCA seluruh kota Bandung punya kesempatan besar untuk mendapatkan mobil Avanza Veloz dan TV LED Samsung.

Sebagai nasabah BCA, tentu saya mau mengikuti program undian ini.

Saya pun bertanya dan penasaran. Berlagak seperti seorang seorang reporter, saya bertanya pada Andy Kristianto, Kepala Layanan BCA KCU  Dago. Kebetulan waktu itu saya bersama dua temen juga jalan-jalan kesana. Nah, temen saya suruh foto saya.

Menurut Bapak Andy, program “Buka Rekening Bertaburan Hadiah” ini khusus ditujukan untuk mereka yang baru membuka tabungan BCA (Tahapan, Tahapan Gold, Tabungan Prestasi). Program ini tidak berlaku untuk nasabah lama dan nasabah yang membuka Tabungan Xpresi.

Mewawancarai Pak Dedi Kristianto dengan gaya ala wartawan
Mewawancarai Pak Andy Kristianto dengan gaya ala wartawan

Masih menurut Bapak Andy, setiap calon nasabah yang punya tabungan BCA, akan mendapatkan 5 poin undian. Mereka juga bisa menambah poin undian sebanyak 2 poin jika nasabah melakukan transaski menggunakan tabungan BCA mereka. Transaksi yang dimaksud seperti pembayaran PLN, Telkom dan Pulsa pasca bayar, Telkomsel, XL, Indosat, dan sebagainya.

Kalau mau nambah poin undian lagi yang lebih besar, tinggal buka Tahapan Berjangka. Poinnya cukup besar, yakni 10 poin.

Apa yang disampaikan oleh pihak BCA ini membuat saya kecewa dan senang. Kecewa karena saya sudah punya rekening BCA, alias nasabah lama. Senang, karena ada sebuah tabungan yang tidak sekadar nyimpan uang. Tapi juga dapat untung besar.

Kesempatan untuk membuka tabungan baru dan kesempatan dapat hadiah cukup besar lho. Meski waktu tinggal mepet, yakni sampai 31 Juli 2016.

Jadi, buat teman-teman pembaca yang kebetulan tinggal di Bandung dan pingin buka tabungan, maka segera buka salah satu tabungan tahapan di BCA mana saja yang ada di Bandung. Kalau mau poin yang lebih besar, buka juga Tahapan Berjangka dari BCA. Lebih untung lho dan gakan ribet seperti saat saya menabung di pintu

Tambahan :
Oh yah, setelah wawancara, saya dengan kedua teman saya, Kang Ade dan Teh Ida yang juga datang ke CFD dan penasaran dengan program BCA ini pingin eksis dan foto bareng… ini fotonya 

eksis bersama para petinggi BCA di Kota Bandung
eksis bersama para petinggi BCA di Kota Bandung

Advertisements