Mudik ke kampung halaman adalah kegiatan saya  tiap tahun. Semenjak pindah ke Bandung, 17 tahun lalu, saya pasti tidak akan melewatkan mudik. Hanya pada 2014 saja, saya tidak pulang ke kampung halaman. Dan itu rasanya sepi karena lebaran tanpa keluarga kurang terasa.

Karena itu, saya selalu mengusahakan untuk bisa pulang kampung ke Ciamis, tempat kelahiran saya. Tahun 2017 ini pun, Insya Allah, saya bisa mudik ke Ciamis.

Tentu saja saya mudik ke Ciamis ini menggunakan jalur darat. Pinginya sih memakai jalur udara. Sayangnya, gak ada pesawat terbang yang ke Ciamis sih.

Kenapa saya menyarankan menggunakan pesawat terbang untuk mudik? Alasannya selain karena aman dan nyaman, saya pun sekarang adalah bagian dari #SobatAviasi.

Apa itu #SobatAviasi?

Sobat Aviasi merupakan sebuah wadah atau komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Komunitas salah satunya memiliki tujuan untuk kampanye positif tentang amannya naik pesawat terbang, apalagi naik pesawat terbang saat mudik.

Sebagai #SobatAviasi yang baik, saya akan memberikan tips kepada kamu pembaca yang akan mudik menggunakan pesawat terbang. Tips-tips ini perlu diperhatikan demi kenyamanan saat kamu mepersiapkan diri untuk terbang atau ketika keadaan di udara (saat terbang).  Jelas tips ini sangat berguna buat kamu yang baru pertama kali naik pesawat terbang.

Apa saja tipsnya, check it out.

1. Cek jam pemberangkatan
Perhatikan jam keberangkatan dan datanglah 2 jam sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti terlambat karena macet jika waktunya terlalu mendesak atau hal-hal lain seperti antri terlampau lama saat pengecekan barang.

 

2.  Tidak membawa banyak barang

Mudik identik deengan bawa banyak barang. Jangan banyak bawa barang yang tidak penting. Apalagi kamu repot membawa sepeda. Barang-barang yang sekiranya tidak perlu dibawa seperti kecap no 1 kesayanganmu atau tas belanja, sebaiknya tinggalkan saja di rumah. Repot kan bawa barang terlalu banyak?

 

3. Tidak memakan banyak waktu saat pemeriksaan

Agar tak memakan waktu saat pemeriksaan jangan memakai barang seperti sepatu yang sulit dilepas, ikat pinggang, jaket, perhiasan, benda logam dan barang tajam lainnya. Hal ini karena perhiasan, logam dan sejenisnya akan terdeteksi metal detector sehingga petugas akan menyuruh Anda untuk membukanya. Repot banget kan yah?

 

4. Tidak ketinggalan dokumen penting

Pastikan kamu membawa dokumen-dokumen penting seperti yang ada di gambar ini. Paspor jelas jika kamu mudik ke luar negeri (wuih keren). Berabe lho jika dokumen-dokumen ini ternyata ketinggalan.

 

5. Tips membawa anak

Jika kamu bawa anak, bawalah makanan pendamping ASI dan mainan favoritnya agar anak tidak bosan saat nanti di perjalanan udara.

 

6. Jangan sampai lupa orang tersayang

Oh iyah, repot mengurus barang dan dokumen tidak membuat kamu lupa orang disayag yah. Masa iyah, kamu mudik , istrimu ketinggalan di rumah.  Nanti keluarga nyari lagi *eh

 

Selain keenam tips diatas, kamu juga harus perhatikan saat kamu duduk di pesawat terbang.

  • Ingatlah, duduk dimanapun, kamu harus tahu pintu darurat biar tidak panik kalau terjadi sesuatu.
  • Duduklah dengan nyaman dan tenang. Bisa juga kamu rileks dengan cara mengobrol dengan orang lain yang duduk di sebelah kamu. Jika yang duduk istri kamu, yah ngobrol dengan istri kamu yah
  • Selalu gunakan sabuk pengaman
  • Coba turunkan sandaran kursi agar kamu lebih rileks, ingat keluargamu menunggu di kampung halaman.

Ketika sampai tujuan, tentunya kamu akan merasa lega jika kamu menjalankan tips-tips yang sudah dipaparkan tersebut dengan baik.

Kamu pun bisa selamat sampai kampung halaman dengan ceria dan aman. Terlebih kamu tidak takut untuk terbang kembali karena kamu akan berpikir bahwa naik pesawat itu aman selamanya.

Oh yah jangan lupa juga untuk melihat versi video dari tulisan ini yang bisa kamu tonton berikut ini.

 

 

Advertisements