Moto G5S Plus adalah gawai dari Moto yang menarik perhatian. Pasalnya, harga jual produk ini cukup sebanding dengan spesifikasinya. Terlebih ponsel dari Moto ini juga sudah  dibekali dengan kemampuan terhubung dengan aksesori Mods

Yang menjadi nilai jual lain Moto G5S Plus adalah kehadiran kamera belakang ganda yang memang sedang jadi tren di dunia gawai saat ini. Itulah kenapa si ponsel ini mencuri perhatian dan cukup banyak orang yang meminangnya.

Bagaimana sebenarnya Moto G5S Plus ini? Yuk Simak review-nya berikut ini.

Desain

Moto G5S Plus bukanlah ponsel flagship Moto. Namun, desain ponsel ini terasa seperti ponsel flagship berkat tampilan yang elegan dan beda dikelasnya. Terlebih smartphone yang satu ini telah memakai bahan metal sehingga membuat nilai desainnya unggul dibanding ponsel lain yang sejenis.

Tidak ketinggalan ada pemindai sidik jari di bagian bezel bawah layer. Dan hal ini membuat tampilan smartphone ini tampak cantik yang kemudian membuat saya yakin membawa ponsel ini membuat kita pede bawanya.

Software & Antarmuka

Motorola Moto G5S Plus sudah hadir dengan OS Android 7.1 Nougat. Tidak ada perubahan banyak pada tampilan antarmuka ponsel ini, Cukup wajar karena memang Moto sering membawa OS Android murni tanpa perbuahan besar. Kalaupun ada fitur tambahan, hal itu tidak mengubah antarmuka OS-nya secara keseluruhan.

Fitur tambahan yang dimaksud adalah adnaya aplikasi Moto. Berkat aplikasi ini,Moto G5s Plus memungkinkan penggunanya untuk mengakses fungsi tertentu dengan beberapa gesture.

Untuk navigasi, terdapat laci aplikasi yang dapat diakses dengan menarik tanda panah di atas lima aplikasi utama, yaitu Camera, Photos, Chrome, Teks dan Phone.
Tentu saja ponsel hadir dengan Google PlayStore. Tapi selain toko aplikasi bawaan dari Google, terdapat pula toko aplikasi khusus yang dinamakan IN Store. Toko aplikasi ini memuat banyak aplikasi yang dibuat oleh pengembang lokal, alias pengembang Indonesia.

 

Performa dan Baterai

Motorola Moto G5S Plus hadir dengan dapur pacu Snapdragon 625. Dapur pacu ini terdiri dari  CPU octa-core Cortex-A53  yang dikombinasikan dengan Adreno 506. Sesuai namanya, prosesornya terdapat 8 inti yang tentunya akan memberikan suguhan performa yang cepat. Terlebih ponsel ini sudah didukung dengan RAM 4GB yang membuat ponsel ini mendukung multitasking dan game berat.

Beberapa pengujian menunjukan performa Moto G5S Plus ini yakni 13643 untuk  benchmark 3DMark Unlimited.

Tapi sebenarnya tidak perlu lihat benchmark sih. Yang penting lihat kinerja ponsel ini dalam memainkan berbagai game berat.

Oh yah tidak perlu khawatir menyimpan banyak game karena  Moto G5S Plus ini hadir dengan memori internal 32GB yang bisa ditambah kapasitasnya via microSD.

Oh yah soal baterai, Moto G5S Plus hadir dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Baterainya sih standar untuk sebuah smartphone dengan layar 5.5 inci 1080 x 1920 pixels.  Wajar jika Moto G5S Plus ini memiliki kemampuan menyala hingga 11 jam dalam penggunaan umum.

Tapi tenang, ponsel ini mendukung teknologi  Turbo-charge. Dengan teknologi ini, Moto G5S Plus dapat diisi penuh dengan waktu pengisian baterai hanya sampai satu jam. Sangat cocok bukan buat para traveller atau mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

 

Kamera & Video

Saatnya membahas kamera yang memang menjadi keunggulan Moto G5S Plus. Kamera pada Moto G5S Plus hadir dengan kamera belakang ganda. Kamera gandanya memiliki sensor  13MP.

Kehadiran dua kamera ini adalah untuk keperluan potret objek dengan latar belakang blur. Populernya bokeh. Cara untuk mendapatkan foto bokeh memakai kamera ini adalah dengan memilih mode Depth Enabled yang terdapat pada  aplikasi kamera. Kemudian, tinggal memilih level atau tingkat seberapa blur latar belakangnya.

Sedikit tips, untuk memakai mode ini, pengguna harus memiliki sedikit kesabaran karena tangan pengguna perlu stabil mengingat tangan harus berpindah dalam menentukan level blur.

Oh yah titik fokus kameraini tergolong baik. Jika kamera sedikit bergeser, titik fokus tidak akan berubah.

Sayangnya, hasil kamera mode standar Moto G5S Plus  ini sedikit mengabur.

Sementara untuk kamera depan, terdapat kamera 8 MP, f/2.0, LED flash untuk kebutuhan selfie yang yah tergolong biasa tapi untuk kelasnya, cukup bagus.

 

Kesimpulan

Motorola Moto G5S Plus secara keseluruhan hadir dengan kinerja yang baik dan dalam kamera cukup unggul. Terlebih ponsel ini hadir dengan harga tidak sampai 3 juta pada saat pre-order alias hanya Rp. 2.999.000. Dengan harga tersebut, serta menawarkan kelebihan seperti dual kamera, desain memesona dan kinerja yang baik.

Untuk pembaca yang memang membutuhkan ponsel di harga 3 juta kurang dikit, MOto G5S Plus adalah pilihan yang masuk akal dan sangat worth it sekali.

Sumber gambar cover: Digit.in

Advertisements