Saat ini dunia finansial sudah memasuki era fintech 3.0, sebuah era ketika produk finansial umumnya hadir dengan konsep digital dan dihadirkan bukan oleh perbankan atau lembaga jasa keuangan.  Produk fintech 3.0 ini pun lebih bisa berterima di masyarakat (terutama generasi milenial dan generasi Z yang dekat dengan teknologi dan internet).

Tengok saja produk-produk  fintech di Indonesia yang populer beberapa tahun belakangan ini. Produk-produk seperti uang elektronik, pinjaman secara online, produk finansial digital, dan layanan SaaS justru dikembangkan oleh sebuah perusahaan rintisan.

Fenomena ini membuat lembaga keuangan atau perbankan untuk ngebut mengikuti trend yang ada. Tentu perbankan perlu beradaptasi dengan industri finansial terkini. JIka tidak, mereka akan ketinggalan dan kalah bersaing dengan pemain baru.

Ancaman terhadap dunia perbankan itu memang sudah mulai terlihat, terutama dari maraknya perusahaan rintisan yang menghadirkan layanan simpan pinjam secara digital.  Tentu bank juga perlu mengejar ketertinggalan ini dengan menghadirkan produk atau layanan yang mudah diakses oleh masyarakat.

Produk yang bisa diluncurkan oleh bank atau pelaku industry keuangan lain adalah tabungan online atau simpanan online yang mudah dibuat dan diakses masyarakat. Contohnya, Sobatku.

Dan Bank Sampoerna melihat peluang tersebut. bergerak cepat. Bank yang didirikan tanggal 27 September 1990 ini bekerja sama dengan unit KSP Sahabat Mitra Sejati menghadirkan sebuah  layanan digital yang bernama Sobatku

Apa itu Sobatku?

Sobatku adalah rekening online yang mudah dibuat. Produk ini dikelola oleh KSP Sahabat Mitra Sejati yang didukung penuh oleh Bank Sahabat Sampoerna dan Sampoerna Strategic Group. Peranan Bank Sahabat Sampoerna tentu perlu diapresiasi dalam menghadirkan Sobatku ini.

Kembali ke tabungan Sobatku. Secara sederhana, Sobatku adalah produk tabungan online yang bisa digunakan oleh siapapun. Yah, siapapun yang tinggal di Indonesia yang memiliki smartphone.  Tinggal unduh di Playstore, daftar menggunakan email dan nomor telepon serta identitas diri, langsung memiliki tabungan online.

Bedanya apa Sobatku dengan tabungan biasa?

Tabungan biasa umumnya dibuat terlebih dulu dengan cara mendatangi kantor cabang, membawa formulir identitas, dan lain-lainnya. Perlu antri tentu saja. Sementara Sobatku tidak memerlukan itu semua. Orang yang ingin memiliki tabungan dengan mudah, yah langsung membuka aplikasi Sobatku dan daftar. TIdak ribet, secepat daftar media sosial

Begitulah kira-kira yang saya rasakan ketika menjajal dan daftar aplikasi Sobatku ini. Identitas yang diperlukan untuk membuka tabungan online sobatku pun hanya berupa foto KTP. Tak lebih dari 5 menit, saya pun memiliki tabungan Sobatku.

Mudahnya daftar dan verifikasi tabungan online Sobatku

Bagaimana mengisi saldo atau menabung di Sobatku?

Di aplikasi Sobatku, ada pilihan menu “Nabung”. Jika dibuka, akan ditemukan pilihan mengisi saldo atau menyimpan uang dengan cara mudah, yakni:

  • Melalau transfer bank (seperti transver via ATM, mobile banking, maupun internet banking)
  • Setor tunai di Alfamart atau Alfamidi dengan menyebutkan nomor rekening Sobatku
  • Melalui Sahabat UKM yang memiliki banyak cabang di berbagai kota
  • Via Pengguna Sobatku dengan memberikan uang ke pengguna tersebut, kemudian dia akan mengirimkan uang dengan pilihan menu “Transfer Sesama Sobatku”

 

Apa Sobatku hanya menjadi tempat menyimpan uang saja?

Tidak. Ini kelebihan lain yang dimiliki Sobatku dibanding tabungan konvensional. Lewat aplikasi Sobatku, kita tidak hanya bisa menyimpan uang saja tapi kita bisa menarik uang. Caranya hampir sama dengan opsi menyimpan uang di Sobatku, minus transfer bank. Bisa via Alfamart atau Alfamidi, via Sahabat UKM, dan tarik tunai sesama pengguna Sobatku yang memiliki uang tunai.

Ada keunggulan lain?

Ada, Sobatku memungkinkan kita sebagai pengguna untuk transfer ke rekening bank. Jadi kita bisa transfer ke bank menggunakan aplikasi ini. Transfer ke bank ini cukup mudah. Nanti ada kode OTP yang dikirim via SMS. Karena itu, untuk transfer ini ada jam operasionalnya. Tapi jam operasionalnya bukan 8 jam seperti layanan umum yah. Jam operasionalnya 21 jam lho. Jam operasional hanya tutup pada jam 21.00 sampe jam 24.00.

Selain itu, Sobatku juga memiliki fitur pembayaran. Bisa dibilang fitur ini membuat Sobatku bisa menjadi layanan pengganti PPOB (payment point online bank). Jadi dengan Sobatku, kita bisa membeli pulsa, bayar listrik, PDAM, bayar telepon (Telkom), bayar internet, dan lain sebagainya.

Cek gambar berikut:

Sobatku juga memungkinkan kita sebagai penggunanya mentrasnfer uang ke nomor handphone teman. Hal ini sekaligus mengundang mereka yang belum menggunakan Sobatku untuk menggunakan Sobatku.

Keunggulan lainnya terletak di laporan transaksi dan dan memungkinkan kita untuk menjadwalkan transaksi. Bahkan, kita juga bisa mendapat laporan transaksi via email.

 

Ulasan Aplikasi dan Layanan Sobatku

Sobatku adalah layanan tabungan online plus-plus menurut saya. Kelebihannya sudah saya sebutkan. Kelebihan tersebut sangat membantu dan dibutuhkan masyarakat.  Yang menjadikan Sobatku daya tarik adalah saldo maksimum yang terendap yang mencapai Rp. 20.000.000. Selain itu, transaksi di Sobatku umumnya bebas dari biaya administrasi. termasuk transfer dan tarik tunai di Gerai Alfamart. Tentu pengecualian untuk transfer bank yang terkena biaya administrasi karena ada regulasi yang harus diikuti sesuai jaringan bank tersebut

Saya sendiri sebenarnya pernah memakai layanan yang agak mirip dengan Sobatku. Hanya saja layanan tersebut lebih banyak dipakai sebagai alat pembayaran (wallet) meskipun memiliki opsi seperti PPOB. Selain itu, saldo yang mengendap hanya sampai Rp. 5.000.000 saja.

Untuk urusan tampilan dan penggunaan aplikasi, satu hal lagi yang saya suka dari Sobatku adalah pilihan menu yang bersahabat dan mudah digunakan. Saya cukup salut dengan pengembang UX aplikasi Sobatku ini. Hanya saja kanal “HOME” di bagian atas seperti tidak ada gunanya karena aplikasi langsung menampilkan seluruh menu penting. Akan berbeda jika sebelah “home” adalah pilihan menu lain, maka kanal tersebut akan berguna.

Saran untuk pengembang aplikasi Sobatku, bisa ditambahkan kanal lain sebelah “HOME” semisal seperti daftar  cabang Sahabat UKM, atau kanal “BELANJA” yang langsung menghadirkan kategori produk yang dijual. Sahabat UKM bisa lho memanfaatkan produk koperasi para anggotanya untuk dimasukan ke daftar belanja.

Home di bagian atas kurang bermanfaat keberadaannya

Jadi nanti, pengguna Sobatku turut membantu anggota koperasi KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM dalam berwiraswasta. Semisal ada anggota KSP Sahabat Mitra Sejati yang punya usaha baju muslim yang pernah dimodali oleh KSP Sahabat Mitra Sejati atau Sahabat UKM. Nanti produk tersebut muncul di aplikasi Sobatku dan bisa dibeli oleh penggunanya.

Catatan tambahan lain dari saya, kalau memungkinkan kedepan, pengguna tabungan Sobatku tidak hanya bisa menabung tetapi juga bisa meminjam. Mengingat Sobatku dikelola koperasi, kemungkinan hadirnya fitur peminjaman tentu sangat besar.

KSP Sahabat Mitra Sejati bisa memberikan opsi misalnya, jika bergabung dengan koperasi mereka atau lewat Sahabat UKM, akan bisa meminjam dengan nilai lebih besar. Tapi jika hanya pengguna Sobatku, nilai pinjamannya lebih kecil yang bisa dipinjam. Untuk proses verifikasi peminjaman, bisa menggunakan Sahabat UKM yang sudah tersebar cabangnya. Jadi, jika ada permohonan peminjaman, tim Sahabat UKM di cabang kota terdekat pengguna bisa melakukan verifikasi, baik lewat telepon ataupun survey.

Terlepas dari ide soal pinjaman tersebut, saya sendiri sudah acungi jempol pada aplikasi Sobatku. Produk ini bisa dianggap sebagai produk finansial di era 3.0 yang bagus dan bisa bersaing dengan produk sejenis. Saya juga melihat bahwa tabungan online Sobatku bisa membantu menaikan kepemilikan rekening. Maklum saja, ternyata di Indonesia, baru 36% masyarakat yang sudah memiliki rekening di bank.

Nah, dengan Sobatku yang tanpa ribet dan memungkinkan semua orang punya rekening tabungan dengan mudah, siapa tahu kedepan, kepemilikan rekening bisa meningkat. Setidaknya lebih dari 70% orang Indonesia akhirnya memiliki rekening.

Bukan tidak mungkin lho, target tersebut tercapai. Apalagi Sobatku punya program Undian Milyaran Rupiah. Undian ini diundi bulanan dengan Grand Prize 100 juta setiap 3 bulan. Menggoda nih, hitung-hitung nabung uang nganggor lho dapat hadiah keren total milyaran rupiah.

 

Makannya, yuk buka tabungan online Sobatku. Mudah kok daftar dan pakainya.

Download Aplikasi Sobatku di Android

Download Aplikasi Sobatku di iOS

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

Sumber artikel:

http://www.sobatku.co.id

http://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/25/183423826/fintech-20-dan-30-apa-bedanya

https://economy.okezone.com/read/2017/03/13/320/1641702/hanya-36-penduduk-indonesia-punya-rekening-perbankan-masih-gelap-untuk-masyarakat

Advertisements