Pertumbuhan digital dan teknologi informasi membuat beberapa pekerjaan baru bermunculan. Salah satunya adalah penulis yang dilakoni oleh saya sendiri. Penulis dalam hal ini tentu saja makannya adalah mereka yang suka menulis, apapun mediana, tidak terpaku pada buku saja.

Saya sendiri adalah penulis yang sering menulis di blog, bahasa kerennya saat ini adalah blogger, bahasa Indonesia bakunya, narablog.  Tapi narablog bukan pekerjaan utama saya. Pekerjaan utama saya adalah mengatur konten, bahasa kerennya, content marketing di salah satu perusahaan jasa.

Tidak sedikit narablog yang menjadikan blog hanya sampingan karena memiliki pekerjaan utama. Meski ada juga yang memang menjadi narablog adalah ladang utamabdia mencari nafkah.

Oh yah selain narablog, ada juga para penulis yang bekerja di perusahaan lain. Sebutan kerennya, Content Writer. Ada yang bekerja tetap (full time), ada juga para penulis yang bekerja di perusahaan secara paruh waktu (freelance).

Tidak ada yang salah memilih bekerja penuh atau paruh waktu, apapun pilihannya itu tergantung individunya masing-masing. Saya sendiri pernah merasakan berada di kedua posisi tersebut. Tidak ada masalah besar asal bisa mengelola keuangan dan waktu, terutama untuk mereka para penulis yang bekerja paruh waktu.

Jujur saja, saya pernah bekerja paruh waktu dengan pendapatan defisit. Penyebabnya sih saya sendiri. Seperti yang  umum diketahui, bekerja paruh waktu itu dibayar ketika kita kerja. Kalau kita tidak bisa menyelesaikan tulisan atau proyek tulisan, yah kita tidak dibayar.

Dan ada masa saat saya malas menulis karena kebosanan pekerjaan. Ujung-ujungnya, saya berutang.

Tak mau mengalami kesalahan yang sama, saya mulai berpkir bahwa penulis lepas (apapun jenisnya) harus memilki pekerjaan tambahan. Tujuannya agar pekerjaan lebih variatif, tidak membosankan, dan juga tentu saja menambah pundi-pundi uang agar dapur tetap mengepul

Dan inilah 5 pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan para penulis lepas.

1. Jual Beli Online

via https://pixabay.com/p-1929002/

Ini adalah bisnis yang menurut saya semua orang bisa melakukannya. Asal mengerti tentang internet dan pola jual belinya. Banyak yang sukses berkat jual beli online ini.

Gak punya modal buat memulai? Jangan jadi alasan karena kita bisa melakukannya dengan modal 0 yakni dengan cara dropshipe, yakni menjual produk  orang lain terlebih dulu.

Setelah itu, baru naik tingkat menjadi reseller. Kalau in kamu bisa memulai dengan cara belanja di toko-toko online kemudian menjual di media social atau memiliki website sendiri. Atau kamu juga bisa menjual secara offline.

Ketika sudah ada modal, barulah kamu bisa memulai dengan menjual produk sendiri

2. Afiliate Produk

via http://www.creative-commons-images.com/handwriting/images/affiliate-marketing.jpg

Kalau yang satu ini sebenarnya tidak beda jauh dengan nomor 1. Hanya saja dalam hal ini, kamu bekerja sebagai “makelar” alias sebelum orang membeli produk, kamu bisa mengarahkan orang tersebut menggunakan link afiliasi kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah memiliki website atau share media sosial yang didalamnya ada link afiliasi kamu ke salah satu toko online.

Kamu bebas untuk afiliasi apa saja, bisa produk digital, produk kecantikan, gadget, bahkan afiiliasi untuk jual beli mobil baru pun jelas bisa.

3. Jasa Pembuatan Website atau Desain

via http://www.publicdomainpictures.net/pictures/190000/velka/responsive-web-design-concept.jpg

Kalau yang satu ini kamu perlu kemampuan dan perlu belajar lebih lanjut. Tapi saya yakin, tidak sedikit para penulis lepas yang memiliki blog yang dalam hal ini jelas mereka juga sambil belajar membuatt website. Nah, kemampuan membuat website sederhana tersebut bisa kamu jajakan ke teman atau orang yang membutuhkan website sederhana.

Kalau kamu punya kemampuan menggambar atau mendesain, jelas kamu juga bisa menjajakan kemampuan desain kamu. Apalagi kalau kamu mahir web desain, sudah paket lengkap. Bisa menulis, bisa membangun website dan bisa web desain.

4. Jasa SMO dan Jasa SEO

via https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/dc/Click4networks.png

SMO adalah Social Media Optimazation yang artinya optimalisasi media sosial. Kamu bisa belajar tentang hal ini karena di Google banyak sekali caranya. Yang paling penting kamu menguasai media sosial. Nah, jika ada teman kamu ada yang jualan online, kamu bisa menawarkan ke mereka untuk mengoptimalkan media sosial mereka.

Sementara SEO adalah Search Engine Optimazation atau optimalisasi mesin pencari. Sebenarnya, mempelajari SEO agak susah-susah gampang. Namun yang jelas pemahaman kamu yang suka membuat blog akan DA, PA, SEO On-page, SEO off-page bisa jadi bekal buat membuka jasa ini.

5. Pelatihan atau Kursus

via https://pixabay.com/p-589859

Yang kelima adalah membuka pelatihan atau kursus. Mengapa? Karena kamu tidak harus menyimpan ilmu kamu sendiri. Kamu bisa membuka kursus pelatihan menulis atau pelatihan membuat website sederhana. Siapa tahu, nanti kamu bisa jadi trainer handal dan malah jadi narasumber. Amin

Nah itu tadi, 5 pekerjaan tambahan yang bisa dilakukan para penulis lepas terutama untuk para narablog alias blogger. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman penulis untuk mencari peluang lain dalam mendapatkan uang.

 

Sumber Cover image https://pixabay.com/p-1989333/

Advertisements