Inilah Cara Membuat Lampion Imlek dari Angpao dengan Mudah!

lampion

Di Indonesia, perayaan tahun baru Imlek banyak disemarakkan di berbagai tempat sebagai salah satu tradisi masyarakat etnis peranakan Tionghoa. Salah satu aksesoris pendukung yang paling vital dalam perayaan tahunan adalah lampu lampion Imlek. Lentera merah  yang berpendar menjadi simbol kebahagiaan dan harapan baru di tahun yang akan datang.

Imlek yang akan datang pada tanggal 5 Februari 2019 tentu bakal dirayakan secara meriah. Sudahkah Anda mempersiapkan dekorasi yang tepat untuk menyambut tahun babi tanah ini?

Ya, Anda bisa membuat dekorasi Imlek sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan yang mudah didapatkan. Imlek identik dengan keberadaan angpao yang banyak diberikan oleh orang yang lebih tua pada anak-anak atau orang yang lebih muda.

Anda bisa memanfaatkan bahan angpao ini menjadi lampu lampion Imlek yang menarik. Ajak si kecil atau orang-orang tersayang memanfaatkan waktu jelang perayaan Imlek dengan kegiatan kreatif berikut ini!

Bahan lampu lampion Imlek

lampion dari angpao
via https://s4.bukalapak.com/img/9470558812/w-1000/Lampion_Handmade_Angpao_edisi_imlek.jpeg.webp
  • 12 lembar kertas angpao yang berukuran sama
  • Stapler
  • Benang merah sebagai pengikat hiasan atau lentera
  • Pernak pernik hiasan Imlek sesuai kebutuhan

Cara membuat lampu lampion Imlek dari bahan angpao sederhana

  1. Siapkan satu amplop kertas angpao bagian depan dan lipat setiap sudut membentuk segitiga pada bagian atas dan bawah.
  2. Ambil tiga amplop angpao yang lain dan lakukan tindakan yang sama. Jika sudah terbentuk dengan lipatan sempurna, gunakan stapler untuk menghubungkan setiap empat sudut angpao tersebut.
  3. Ulangi kembali langkah awal pembuatan lampu lampion Imlek tersebut pada empat angpao baru. Pastikan Anda berhati-hati saat melakukan staples pada setiap sudut angpao agar bagian tengah benar-benar tertutup. Usahakan hanya satu kali melakukan staples agar tidak terlalu sering melubangi bahan kertas angpao. Anda pasti tidak ingin desain lampion Imlek angpao ini kurang menarik dan mudah sekali robek saat digantung di ruang keluarga, bukan?
  4. Jika semua angpao sudah selesai dilakukan staples, Anda bisa memulai langkah penggabungan dua rangkaian. Lakukan teknik menggabung kertas angpao secara hati-hati agar tidak merusak permukaan kertas. Gabungkan setiap persamaan kertas dan lakukan staples pada masing-masing sudut secara presisi agar membentuk lentera.
  5. Jika kedua rangkaian sudah tergabung sempurna, ambil sehelai benang merah yang bisa digunakan sebagai pengikat lentera Imlek.
  6. Anda bisa menambahkan ide kreasi dengan menempelkan pernak-pernik Imlek sesuai keinginan. Pernak-pernik yang bisa digunakan antara lain tassel, rumbai, tempelan stiker, origami dan lain-lain.
  7. Pasang lampu lampion Imlek gantung dari bahan angpao ini di dalam ruangan seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Cara pembuatan lampu lampion di atas bisa Anda coba praktikkan di rumah. Model lampu lampion gantung begitu sederhana sehingga mudah diaplikasikan sendiri. Anda juga bisa mengkreasikan ide kreatif dengan bentuk lampion dari bahan angpao yang lebih bervariasi seperti kubah, buah durian, oval dan masih banyak bentuk kreatif lain. Pilihan warna yang digunakan juga beragam tergantung selera seperti merah, emas atau menggunakan warna lain.

Lampu lampion dari kertas angpao ini jauh lebih murah sebab bahan yang dibutuhkan mudah sekali didapatkan. Namun, Anda yang menginginkan kepraktisan dan desain produk lampu lampion yang lebih menarik, bisa membeli langsung di toko online terpercaya. Pilih desain lampu lampion Imlek pilihan Anda di loka market yang memiliki kredibilitas tinggi. Yuk, beli semua kebutuhan lampion Imlek Anda yang murah, berkualitas dan menjamin transaksi aman hanya di Bukalapak.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s