GPS PONSEL
Info Teknologi

Panduan: 5 Tips Membeli Ponsel Sesuai Kebutuhan

Saya seringkali menerima saran soal ponsel yang ingin dibeli.. Gak sedikit  beberapa kawan (lama dan baru) menanyakan soal ponsel yang cocok untuk mereka. Biasanya saya selalu mengawali jawaban dengan pertanyaan dana yang dimiliki.

Kenapa soal dana terlebih dahulu? Karena lebih mudah menyarankan membeli ponsel berdasarkan dana yang dimiliki. Misalnya, jika seorang teman memiliki dana Rp2 jutaan, tentu saya akan menyarankan beberapa tipe ponsel atau hp 2 jutaan yang bagus. Hal yang sama juga, jika dia memiliki dana Rp3 juta atau menyebut maksimal Rp4 juta.

Jika ada teman yang butuh ponsel dan tidak mempermasalahkan dana, tentu saya akan memberikan ponsel atau hp kelas atas. Hanya saja, jelas tidak semua orang sanggup membeli ponsel kelas atas. Saya biasanya akan menyesuaikan dengan dana yang ia miliki dan kebutuhannya.

Kebutuhan penggunaan ponsel sendiri bermacam-macam. Saya membaginya ke dalam 5 poin atau 5 kebutuhan. Poin-poin ini bisa jadi acuan juga bagi pembaca yang memang mencari ponsel atau HP yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Berikut penjelasannya. 

1. Penggunaan Umum

android
sumber: pixabay.com

Jika Anda mencari ponsel untuk komunikasi, internetan, penggunaan media sosial yang ringan, maka Anda bisa memilih tipe ponsel apapun tetapi dengan batasan tertentu. Batasan dalam hal ini bukanlah dana yang Anda miliki tetapi lebih ke spesifikasi yang ditawarkan. 

Untuk kebutuhan tahun 2020 (saat artikel ini dibuat), Anda minimal mencari HP dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB. Ini adalah batasan minimum spesifikasi karena kebutuhan aplikasi kian hari kian berat dan memiliki ukuran yang besar. Contoh ponsel dengan RAM 3 GB yang murah adalah ASUS Zenfone Max M2 yang pernah saya ulas 

Tahun 2015, ponsel dengan RAM 1 GB masih cukup aman tetapi sangat disarankan memiliki ponsel dengan RAM 2 GB. Tahun 2017, ponsel yang nyaman digunakan adalah ponsel dengan RAM 2 GB dengan storage atau minimal 16 GB. 

Anda bisa menemukan ponsel dengan RAM 3 GB di harga Rp1 jutaan saja. Bahkan, bisa lebih murah untuk tipe ponsel lama. Namun, tentu sebaiknya membeli tipe baru untuk menyesuaikan teknologi yang digunakan.

2. Penunjang Aktivitas Kerja

Samsung Galaxy Note10 Lite

Jika Anda membutuhkan sebuah ponsel untuk kebutuhan kerja, Anda sebaiknya mencari ponsel dengan prosesor yang sudah mumpuni dan kapasitas penyimpanan serta RAM yang lebih besar.

Untuk Anda yang eksekutif muda, sering presentasi, dan mencatat menggunakan ponsel, ponsel kelas atas tentu jawabannya. Bagi Anda, tentu dana bukan sesuatu yang jadi masalah. Anda bisa membeli tipe ponsel yang menggunakan stylus seperti Galaxy Note 10 atau malah Galaxy Note 10 Lite, yang lebih murah harganya. 

Untuk Anda para pekerja kantoran dan terbatas dana, sebaiknya membeli ponsel dengan RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB. Saat ini, sudah banyak ponsel di harga Rp1 jutaan dan Rp2 jutaan yang menawarkan RAM 4 GB. Malah, Ada yang menawarkan RAM 6 GB. 

Kenapa harus memilih tipe ponsel dengan RAM 4 GB? Karena biasanya pekerja di sektor ini memiliki banyak kolega, rekan kerja, dan hal lainnya. Semakin banyak kontak, tentunya juga akan semakin menambah daftar grup WhatsApp. 

Penggunaan WhatsApp yang intensif, tentunya membuat Anda perlu memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. RAM yang besar juga berpengaruh pada peralihan aplikasi WhatsApp dan aplikasi lainnya yang Anda gunakan. 

Apalagi jika Anda berjualan online dan sering bertransaksi dan chat dengan pembeli di WhatsApp, ponsel dengan RAM besar akan sangat bermanfaat. 

3. Penggunaan dengan Mobilitas Tinggi

GPS PONSEL
sumber: pxhere.com

Jika Anda sering berpergian, berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain, maka sebaiknya Anda memilih ponsel yang mendukung Anda untuk melakukan mobilitas tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan ini, jawabannya adalah memilih ponsel dengan daya tahan baterai yang awet. 

Daya tahan baterai yang awet identik dengan kapasitas baterai yang besar. Hanya saja tidak selalu kapasitas baterai yang besar menawarkan daya tahan baterai yang awet. Karena itu, sebaiknya Anda mencari tahu tentang daya tahan baterai sebuah ponsel yang ingin Anda beli. 

Jadi nilai plus jika Anda mencari ponsel yang mendukung pengisian super cepat. Namun, tipe ponsel seperti ini biasanya harganya mahal. 

Saran saya, jika Anda sering keluar kota, sering berpindah tempat, Anda harus mencari tipe ponsel ini. Terutama untuk segmen seperti driver ojeg online, sangat disarankan untuk mencari ponsel dengan daya tahan baterai yang awet.

4. Bermain Gim

ASUS ROG Phone II

Jika Anda sering bermain gim, tentu Anda harus mencari ponsel yang memenuhi kebutuhan pengalaman bermain gim. Memang, semua ponsel di mulai Rp1 jutaan sudah bisa menjalankan gim populer tetapi masalahnya tidak semuanya bisa menjalankan gim dengan pengaturan grafis tinggi. 

Saat ini, banyak produsen yang menghadirkan tipe ponsel untuk bermain gim. Harganya juga terjangkau mulai dari Rp5 jutaan. Ponsel seperti BlackShark 2, BlackShark 2 Pro, ASUS ROG Phone II, atau malah ponsel lainnya dengan chipset mumpuni, sangat bisa Anda pilih untuk kebutuhan bermain gim yang menyenangkan.

5. Fotografi dan Video

fotografi ponsel
sumber: pixabay.com

Jika Anda mencari ponsel untuk kebutuhan fotografi dan video, tentu Anda bisa mencari ponsel atau hp kamera terbaik. Untuk menentukan sebuah hp memiliki kamera terbaik, Anda bisa mengecek situs DxOMark. Situs ini memberikan penilaian terhadap kualitas kamera. Meskipun tentu tidak terlalu bisa jadi patokan utama. 

Biasanya ponsel dengan kualitas kamera terbaik, harganya juga mahal. Namun, di tahun 2020, sebenarnya sudah banyak ponsel yang memiliki kualitas kamera yang baik di harga 2 sampai 5 jutaan. Apalagi tidak sedikit juga yang membuat konten video di Youtube memakai ponsel di kelas harga ini. 

Nah, itulah tadi 5 tips yang bisa jadi panduan bagaimana Anda memilih sebuah ponsel. Jika Anda sedang mencari ponsel tertentu, tidak ada salahnya Anda menentukan ponsel yang ingin dibeli sesuai kebutuhan dan tentu saja tetap dana yang dimiliki. 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s