kamar kecil
INFORMASI

Inilah 7 Tips Memaksimalkan Kamar Sempit, Dijamin Terlihat Luas

Kamar adalah tempat istirahat dan tidur. Fungsinya sebagai tempat melepas lelah tentu perlu didukung dengan ruang yang nyaman dan efektif. Namun seringkali ditemui pemilik kamar merasa kamar miliknya terlalu sempit. 

Hal ini cukup mengganggu, apalagi bagi mereka yang banyak menyimpan peralatan dan barang berharga di kamar. Lantas bagaimana solusinya? Berikut dijelaskan 7 tips memaksimalkan kamar sempit yang cukup bermanfaat.

1. Atur Ulang Kamar

kamar dengan ranjang indah
Sumber: pixabay.com/photos/modern-minimalist-bedroom-bedroom-3147893/

Langkah penting dalam mengoptimalkan kamar sempit tentunya dengan menata kembali dekorasi dan posisi barang di kamar. Kosongkan dulu kamar! Buang kertas atau plastik yang tidak berguna.  

Seringkali kedua barang tersebut yang membuat kamar terlihat berantakan. Jika memang diperlukan lakukan pengecatan kembali dinding kamar  dengan warna yang yang memberi kesan nyaman. Disarankan menggunakan cat berwarna cerah. Hal ini dilakukan agar kamar tampak segar.

 2. Memindahkan Barang Tertentu

kamar luas
Sumber: piqsels.com/en/public-domain-photo-jtkbv

Jika di kamar terdapat barang-barang yang fungsinya tidak signifikan sebaiknya dipindahkan ke tempat lain. Barang-barang dekorasi yang tidak berguna pun bisa disimpan di gudang atau di tempat tertentu di rumah. Benda-benda yang termasuk kategori ini misalnya boneka, lukisan, buku-buku pelajaran lama, dan lainnya. 

3. Membuat Ruangan Khusus

kamar sederhana
Sumber: pickpik.com/gray-storage-lift-up-bed-green-46646

Buatlah ruang khusus untuk barang-barang pribadi atau berharga. Jika memang kondisi rumah tergolong kecil dan tidak ada lagi ruangan, maka bisa dilakukan dengan menyimpan koleksi pakaian atau barang tertentu pada sebuah rak atau lemari.  

Rak tersebut tidak perlu disimpan di kamar, melainkan di ruangan lain. Tentu rak tersebut perlu dikunci karena disana banyak barang pribadi. Jika memang ingin masih menggunakan rak kamar, carilah rak yang bentuknya horizontal atau berdiri. Hal ini dilakukan agar lahan kamar tidak begitu sesak hanya karena lemari yang panjang menyamping.

4. Memanfaatkan Ruang di Bawah Ranjang

kamar kecil
Sumber: pikrepo.com/fsuyb/green-and-white-bed-beside-white-wooden-table

Manfaatkanlah ruang di bawah ranjang untuk menyimpan beberapa barang-barang berguna. Sangat tidak disarankan menyimpan pakaian di bawah ranjang. Hal ini untuk menghindari debu dan kotoran yang rentan berada di bawah ranjang.

5. Memakai Furnitur Multifungsi

ranjang dengan meja
Sumber: wallpaperflare.com/white-and-black-desk-beside-bed-and-window-apartment-bedroom-wallpaper-azeih

Tips lainnya adalah menggunakan furnitur multifungsi. Furnitur tipe ini sangat bermanfaat, fungsional, dan menghemat ruangan. Contoh tipe furniture ini adalah ranjang atau tempat tidur yang menyatu dengan meja. 

Atau bisa juga membeli lemari pakaian yang menyatu dengan meja. Alternatif lain adalah membeli ranjang yang bisa dilipat dan memungkinkan ranjang tersebut digunakan sebagai meja. Hal ini tentu lebih bagus dan membuat ruangan kamar terasa luas dan tetap fungsional.

6. Memberi Efek Luas dengan Memakai Cermin

kamar dengan cermin
Sumber: pixabay.com/photos/bedroom-apartment-bed-800193/

Salah satu cara lainnya agar kamar terasa luas adalah dengan menambahkan cermin yang besar. Penggunaan cermin memberikan efek kamar seakan-akan terasa lebih luas. Agar kamar tetap terasa luas, tidak perlu membeli cermin yang terpisah. Belilah cermin yang menyatu dengan lemari atau bisa juga membeli cermin yang digeser.

7. Pencahayaan yang Baik

kamar dengan banyak cahaya
Sumber: needpix.com/photo/330958/bedroom-bed-hardwood-floor-curtains-drapes-sliding-glass-door-privacy-retreat-bedspread

Kamar yang sempit akan terasa semakin sempit ketika cahaya yang masuk sedikit. Karena itu, usahakan agar kamar mendapatkan cahaya yang baik. Apalagi jika rumah yang ada di perbukitan dan mendapatkan cahaya alami, akan membuat suasana kamar terasa luas. 

Kalau tidak ada cahaya alami, usahakan untuk membuat cahaya buat di sekitar kamar tidur. Cahaya buatan ini bisa memakai lampu latar atau lampu kamar tidur. Dan usahakan posisinya tepat agar cahaya bisa terdistribusi dengan baik ke seluruh sudut kamar. 

Setelah melakukan apa yang dijelaskan pada tips memaksimalkan kamar sempit di atas, coba rasakan  apakah ada perubahan suasana atau tidak? Perubahan pastinya ada namun apakah maksimal atau tidak tentu bisa dirasakan sendiri. Yang jelas suasana baru tentu akan menimbulkan rasa nyaman.  Kamar pun kini  terasa luas serta tidak membosankan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s