Suatu ketika, sanak saudara minta tolong pada penulis untuk mengiklankan mobil miliknya di internet. Tujuannya jelas untuk mencari pembeli mobil bekasnya dengan harga yang pas. Penulis menyanggupi hal ini karena penulis sebelumnya juga sudah terbiasa diminta tolong untuk hal seperti ini.

Ada dua situs iklan baris terkenal yang penulis biasa gunakan untuk menjual mobil. Maka, penulis langsung coba iklankan mobil di dua situs tersebut. Sayangnya, iklan tersebut kurang laku, entah kurang menarik atau apa. Yang pasti, tidak ada konta yang menghubungi penulis atau sanak saudara untuk deal harga.

Penulis pikir, kedua situs tersebut sudah tidak relevan untuk menjual barang bekas, apalagi mobil. Perlu sebuah situs marketplace yang benar-benar tepat sasaran. Kebetulan, penulis ingat sebuah situs jual beli mobil yan juga portal otomotif, Mobil123.com.

screenshot_5

Pertama mencobanya, penulis sedikit kebingungan karena situs ini berbeda dengan situs jual beli yang sudah penulis coba. Bukan soal pendaftaran atau pembuatan akun, tetapi soal cara mengiklankan mobil.

DI mobil123,com, mobil yang diiklankan haruslah memenuhi standar tertentu. Kalau tidak, iklan akan ditolak. Contoh paling gampang, adalah soal kelengkapan foto dari mobil yang akan dijual. Jka situs lain, cukup dua atau bahkan satu foto mobil agar bisa tayang, di Mobil123.com, foto mobil yang dijual tidak cukup sekadar tampang bodi saja. Foto haruslah memuat juga bagian dalam mobil.

Cukup ribet sebenarnya dan cukup bikin jengkel. Tapi setelah dipikir-pikir, sistem seperti ini lebih bagus karena calon pembeli nantinya bisa melihat kondisi mobil secara keseluruhan. Tanpa berpikir lagi, penulis pun meminta foto mobil lengkap ke sanak saudara agar bisa mudah tayang di situs Mobil123.

Diskusi Bersama Mobil123.com

Pengalaman tersebut membuat penulis jadi lebih familiar dengan situs mobil123.com. Terlebih, pada 28 Oktober 2016, penulis mendapat undangan diskusi bersama mobil123.com di Atsmohphere Bandung, yang diselenggarkan waktu petang menjelang malam.
Pada diskusi tersebut, ada tiga pembicara yang hadir. Deni Rohmat (Sales Supervisor Auto 2000 Cabang Soekarno Hatta Bandung), Indra Prabowo (Managing Editor Mobil123.com), dan Pak Irwan Nufiandy (Head of Marketing Mobil123.com). Ketiganya berada dalam satu foto berikut ini.

screenshot_3

Diskusi tersebut membawa tema terkait “tips memlih mobil untuk anak muda”. Penulis menangkap bahwa ternyata anak muda saat ini lebih membutuhkan mobil yang memiliki teknologi “kekinian”. Seperti mendukung aktivitas para generasi muda yang selalu identik dengan gadget dan internet.

Tapi selain soal teknologi, anak muda juga perlu tahu pentingnya faktor keselamatan atau safety dari sebuah mobil. Tentu saja soal harga yang terjangkau juga jadi salah satu perhitungan.

Lebih Jauh Tentang Situs Mobil123.com

Pada gelara yang sama, penulis mendapat kesempatan untuk mewawancarai Pak Irwan Nufiandy. Beliau sudah empat tahun bekerja di Mobil123.com.

wawancara dengan Pak Irwan Nufiandy
Penulis sedang mewawancarai Pak Irwan Nufiandy Sumber Foto : Nia K Haryanto

Dalam wawancara tersebut, penulis mendapatkan sejumlah fakta menarik terkait mobil123.com . Berikut faktanya

1. Mobil123.com sudah lama hadir di Indonesia dan merupakan salah satu situs besutan lokal.

2. Pada 2010, Mobil123.com kemudian bergabung dengan iCarAsia, sebuah perusahaan yang bermarkas di Malaysia.

3. Mobil123.com menjadi situs marketplace mobil terdepan dibandingkan situs lain yang sejenis. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung situs Mobil123.com dan juga rangking di Alexa.

4. Mobil123.com memberlakukan sistem akun berbeda, untuk individual, sales, maupun dealer mobil.

5. Tidak ada biaya yang dikenakan kepada pengguna yang akan menjual mobil di Mobil123.com. Semua biaya gratis dan Mobil123.com tidak memotong anggaran jika transaksi jual beli selesai dilakukan.

6. Mobil123.com menerapkan monetasi dengan sistem poin dan member premium. Jika pengguna ingin iklannya tampil paling atas dan terdepan, maka sistem poin ini bisa jadi pilihan.

7. Pengunjung Mobil123.com rata-rata berusia muda dewasa 

8. Akses mobil123.com banyak berasal dari mobile web dengan lonjakan akses terjadi pada mulai petang sampai malam hari (pukul 5 sore sampai malam)

Selain 8 hal tersebut, banyak juga informasi lain yang penulis dapatkan. Tapi karena tangan penulis pegal untuk mengetik panjang, maka izinkan penulis pamit dan menyudahi tulisan terkait situs portal otomotif yang juga membawahi situs otospirit.com

 

 

Advertisements